fbpx
Pasang iklan

Wisata Kawah Tangkuban Perahu – Keindahan Gunung lewat Erupsi

Gema.id Bandung – Diluar Bali, daerah destinasi wisata populer Indonesia lainnya adalah Bandung. Diantaranya Bandung punya Tangkuban Perahu sebagai daerah tujuan wisata alam pada klasifikasi pegunungan.

Meski bukan gunung tertinggi di Indonesia, Tangkuban Perahu masih termasuk dalam daftar Gunung dengan popularitas yang tinggi dikalangan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Gunung Tangkuban Perahu secara umum lebih dikenal lewat latar sejarah dan cerita yang melekat padanya. Legenda Sangkuriang adalah yang paling berjasa mendorong popularitas objek wisata gunung paling dikenal di Jawa Barat ini. Sebagaimana yang terjadi dengan prambanan dan borobudur, legenda seperti punya kekuatannya sendiri untuk mendorong popularitas sebuah destinasi wisata.

Sekilas mengenai kemiripannya dengan Candi Prambanan di Jawa Tengah, legenda asal mula Gunung Tangkuban Perahu juga adalah bukti cinta yang dibangun dalam semalam.

Latar Legenda Pada Gunung Tangkuban Perahu

Entah mana yang lebih dulu terjadi, merebaknya kisah Sangkuriang atau kesadaran warga sekitar mengenai bentuk gunung tangkuban perahu yang seperti perahu telungkup. Atau malah jangan-jangan kisah sangkuriang memang dibuat berdasarkan bentuk gunung tangkuban perahu ?.

Tak terhitung berapa banyak garapan seni yang mengambil cerita dari kisah Sangkuriang. Sedikit banyaknya, penayangan karya-karya seni terkait sangkuriang tersebut membantu nama objek-objek wisata di jawa barat semakin dikenal, tidak terkecuali Tangkuban Perahu.

Status Gunung Tangkuban Perahu

Sebagaimana umumnya destinasi pegunungan, status gunung objek wisata yang akan didatangi adalah barang wajib untuk diketahui sebelum memutuskan berkunjung.

Tangkuban Perahu adalah gunung yang masih berstatus aktif. Saat tulisan ini dibuat (Juli 2019), Tangkuban Perahu meletus untuk pertama kalinya sejak terakhir pada tahun 2013. Berita gunung tangkuban perahu mulai mengudara sejak 21 Juli 2019, dimana pada hari itu aktifitas gunung ini mengalami peningkatan.

Kendati demikian, Gunung ini tidak memiliki riiwayat erupsi dalam skala besar, sejak 1829 tercatat hanya terjadi freatik kecil, sebagaimana keterangan yang Gema.id kutip dari Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api, Gede Suantika.

Lokasi Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu adalah destinasi wisata gunung paling populer di kecamatan Lembang, Bandung, Jawa Barat. Sulit rasanya menemukan penikmat wisata, khususnya yang meminati gunung, tidak mengenal atau paling tidak mengetahui keberadaan gunung ini.

Objek wisata ini beralamat lengkap: Gunung Tangkuban Perahu, Sukajaya, Lembang, Bandung Barat, 40391, Jawa Barat, Indonesia.

Rute Menuju Tangkuban Perahu

Jika datang dari luar bandung dan menggunakan kendaraan pribadi, tersedia 2 rute:

  • Mengarah Cimahi, sekeluar pintu tol Padalarang – ambil kiri, untuk mengarah Jl. Kolonel Masturi – belok kiri saat tiba di pertigaan Jalan Raya Lembang – sampai
  • Sekeluar pintu tol Pasteur, pada jalur Jl. Dr. Djunjunan ikuti jalan berdasarkan rute dengan urutan: Pasirkaliki – Sukajadi – Setiabudi – Lembang, dan sampai di Gunung Tangkuban Perahu.

Untuk penggunaan kendaraan umum, rute yang tersedia adalah:

  • Bandung, Terminal Leuwi Panjang, mulai dengan naik bus jurusan Bandung – Indramayu, turun di pertigaan gerbang wisata gunung tangkuban perahu, atau
  • Bandung, Stasiun Hall, mulai dengan mengambil angkot jurusan Stasiun Hall – Lembang, turun saat tiba di perempatan (Maribaya – Lembang – Tangkuban Perahu), lanjutkan dengan naik angkot jurusan Lembang – Cikole, rute pada jalur angkot ini memungkinkan wisatawan turun di pinggir kawah Gunung Tangkuban Perahu.

Gunung ini berjarak sekitar 20km dari kota Bandung, saat berkunjung sepanjang perjalanan wisatawan disuguhi pemandangan alam yang indah pohon pinus dan hamparan kebun teh.

Informasi Tiket & Operasional Destinasi Gunung Tangkuban Perahu

Jam operaional wisata Gunung Tangkuban Perahu dimulai dari pukul 07.00 sampai 17.00. Disarankan untuk memilihi waktu diluar hari libur agar dapat maksimal menikmati perjalanan wisata di destinasi ini. Saat hari libur, wisatawan kerap berdesak-desakan.

Tiket & Parkir Wisatawan Domestik

Tiket Masuk (normal)Rp 20.000
Tiket Masuk (hari libur)Rp 30.000
Parkir MotorRp 5.000
Parkir MobilRp 10.000
Parkir BusRp 20.000

Tiket & Parkir Wisatawan Asing

Tiket Masuk (normal)Rp 50.000
Tiket Masuk (hari libur)up to Rp. 100.000
Parkir MotorRp 7.500
Parkir MobilRp 15.000
Parkir BusRp 25.000
Penting: Harga sewaktu-waktu dapat berubah

Wisata Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Ratu

Ratu adalah Kawah terbesar dan terluas di lingkungan taman wisata alam Gunung Tangkuban Perahu. Bentuknya seperti mangkuk besar berkedalaman sekitar 500m dari permukaan kawah.

Kawah Ratu, Gunung Tangkuban Perahu

Kawah ratu diketahui sebagai kawah utama di kawasan Taman WIsatan Alaman Gunung Tangkuban Perahu. Akses menuju kawah ratu terbilang mudah untuk dikunjungi. Kawah ini bahkan sudah dapat dilihat dari area parkir kendaraan wisatawan.

Kawah Domas

Kawah Domas berjarak sekitar 1.2 Km dari Kawah Ratu, dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama lebih kurang 35 menit. Dalam perjalanan wisatawan disuguhkan pemandangan ragam pohon endemik kawasan TWA Tangkuban Parahu. 

Kawah Domas, Gunung Tangkuban Perahu

Terdapat mata air panas bertemperature 980C s/d 1500C di kawah ini. Dari mata air tersebut ada kolam-kolam kecil untuk berendam yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kawah Upas

Kawah Upas, Gunung Tangkuban Perahu

Diperantarai jarak sekitar + 1.5 Km dari area Kawah Ratu, untuk menikmati keindahan Kawah Upas wisatawan dapat berjalan kaki menyusuri bibir Kawah Ratu selama kurang lebih 45 menit.

Kawah baru

Terlihat dari Kawah Ratu, Kawah yang masih dilarang untuk didekati ini berada di atas Kawah Upas. Kawah Baru sesekali mengeluarkan asap belerang dari lubang sulfataranya.

Kawah Baru, Gunung Tangkuban Perahu

Wisatawan tidak di perkenankan untuk mendakati Kawah Baru, alasannya terdapat gas beracun yang dapat membahayakan kesehatan.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)