fbpx
Pasang iklan

Tips untuk Mendapatkan Tidur yang Berkualitas dan Waktu Tidur yang Cukup

Gema – Kesusahan tidur menjadi hal yang sering terjadi. Kesulitan tidur dapat membuat seseorang menjadi stres dan kondisi kesehatan terganggu. Karena itu, banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi obat-obatan. Namun, obat ini tidak baik jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Karena itu, berikut beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk memudahkan anda mendapatkan tidur yang berkualitas dan jam tidur yang cukup.

1. Menciptakan pola tidur yang konsisten
Menciptakan pola tidur konsisten dapat membantu seseorang untuk tertidur. Namun, tidur pada waktu yang berbeda setiap malam adalah kebiasaan umum bagi banyak orang. Pola tidur yang tidak teratur bisa mengganggu tidur karena itu menyela ritme sirkadian tubuh.

Ritme sirkadian mengacu pada sejumlah perubahan perilaku, fisik dan mental yang mengikuti siklus 24 jam. Fungsi utama dari ritme sirkadian adalah untuk menentukan apakah tubuh siap untuk tidur atau tidak. Ini sangat dipengaruhi oleh jam biologis yang melepaskan hormon untuk menjaga tidur.

Tidur pada waktu yang sama setiap malam membantu jam tubuh yang memprediksi kapan waktu untuk tidur.

2. Mematikan lampu kamar
Ritme sirkadian juga dipengaruhi oleh isyarat, seperti cahaya. Membuat kamar menjadi gelap dapat membantu Anda tertidur.

3. Menghindari tidur siang
Tidur saat siang hari juga dapat mengganggu ritme sirkadian, terutama mereka yang tidur lebih dari 2 jam. Cobalah untuk menghindari hal tersebut.

4. Melakukan latihan fisik
Latihan fisik dikenal memiliki dampak positif pada kualitas tidur. Satu studi yang diteliti pada 305 orang yang berumur lebih dari 40 tahun dengan masalah tidur ditemukan bahwa program latihan fisik menyebabkan peningkatan kualitas tidur.

5. Hindari menggunakan ponsel
Saat ini, ada banyak perdebatan tentang apakah penggunaan ponsel pada waktu tidur mempengaruhi kualitas tidur. Satu studi pada mahasiswa menemukan bahwa mereka yang menggunakan ponsel dalam waktu yang lama memiliki kualitas tidur yang lebih rendah. 

6. Menghindari kafein
Kafein merupakan stimulan. Kafein ini merangsang  tubuh untuk tetap semangat dan dapat mengganggu pola tidur. Sebaiknya untuk menghindari kafein  minimal 4 jam sebelum tidur. Pada beberapa orang, mengkonsumsi kafein setiap saat hari bisa memiliki dampak negatif pada kualitas tidur. Orang-orang ini, yang sebaiknya menghindari kafein sama sekali.

7. Membuat suhu kamar tepat
Suhu kamar yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat berdampak  pada kualitas tidur.

8. mencari posisi yang nyaman
Posisi tidur yang nyaman sangat penting. Sering mengubah posisi tidur dapat mengganggu tidur, tapi menemukan tempat yang tepat dapat membuat perbedaan besar pada kualitas tidur. 

9. Mendengarkan musik
Sementara ini mungkin tidak bekerja untuk semua orang, beberapa orang mendapatkan manfaat dari mendengarkan musik sebelum tidur. Seseorang menanggapi musik akan tergantung pada preferensi pribadi mereka. Kadang-kadang, musik dapat juga merangsang dan mendorong kecemasan dan sulit tidur.

10. Menggunakan tempat tidur yang nyaman
Dalam sebuah survei terbaru,, 9 dari 10 responden melaporkan bahwa kasur adalah hal penting yang mempengaruhi kualitas tidur. Tidur di kasur nyaman bisa memiliki dampak positif pada kualitas tidur.

11. Menghindari lingkungan yang bising
Kebisingan dapat mengganggu dan mencegah munculnya rasa kantuk serta dan menurunkan kualitas tidur.

Studi menemukan bahwa tidur di rumah sakit daripada di rumah. Studi menemukan bahwa tingkat kebisingan di rumah sakit lebih tinggi, dibandingkan dengan rumah pribadi.

12. Menghindari konsumsi alkohol berlebihan
Minum alkohol dalam jumlah besar sebelum tidur dapat memiliki dampak negatif pada tidur. Alkohol dapat menginduksi perasaan gelisah dan mual yang dapat menunda tidur.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)