fbpx
Pasang iklan

Tips Merias Mata untuk Anda yang Memiliki Jenis Mata Berair agar Aman dan Riasan Tahan Lama

Gema – Air mata berfungsi untuk membuat kondisi mata tetap lembab dan bersih serta terhindar dari partikel asing seperti debu atau kotoran. Namun, beberapa orang memiliki kelenjar mata yang menghasilkan air mata terus menerus sehingga mata menjadi berair. Nah, bagi yang memiliki jenis mata yang berair membuat ia kesulitan dalam merias mata jika berdandan.

Mata yag berair merupakan tantangan yang dihadapi ketika berdandan. Apalagi ketika hendak ke acara yang penting yang memang membutuhkan penampilan yang menarik. Tentunya anda tidak ingin terlihat lusuh dan berantakan akibat makeup yang luntur.

Pertama yang perlu anda ketahui yaitu penyebab mata menjadi berair. Secara umum, mata yang berair terjadi karena alergi, kelopak mata yang tidak tertutup dengan baik dan juga karena mata yang terlalu tegang. Namun, jika mata berair ketika dirias bisa saja itu menandakan munculnya air mata refleks.

Terdapat dua jenis air mata, jenis yang pertama yaitu berfungsi untuk melindungi kornea mata dari partikel asing dan jenis yang kedua yaitu air mata refleks. Air mata refleks ini muncul karena terkena partikel asing. Dalam berdandan, ketika mengenakan bulu mata dan eyeliner air mata refleks bisa muncul. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa tips yang dapat anda terapkan ketika berdandan agar riasan wajah bertahan lama dan menghindari terjadinya iritasi.

1. Gunakan obat tetes mata sebelum menggunakan riasan

Sebaiknya jika jenis mata anda mata berair, carilah obat tetes mata yang dapat mengurangi produksi air mata. Gunakan obat tetes tersebut sebelum anda berdandan. Hindari menggunakan obat tetes mata yang digunakan untuk mengobati mata merah karena hanya akan merangsang mata memproduksi lebih banyak air mata.

2. Pastikan alat rias bersih

Perhatikanlah kebersihan dari alat makeup anda seperti penjepit bulu mata ataupun kuas makeup. Pastikan alat tersebut anda gunakan dalam keadaan bersih dan terhindar dari debu atau kotoran. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya iritasi pada mata.

Selain itu, pastikan juga tanggal kedaluwarsa dari produk makeup yang anda gunakan seperti maskara. Sebaiknya maskara hanya digunakan selama 3 bulan lamanya. Produk riasan dan bentuk yang cair lebih mudah rusah dibanding produk yang padat.

3. Gunakan riasan dasar pada bagian bawah mata

Ketika hendak berdandan, sebaiknya gunakan riasan dasar pada mata anda. Anda bisa mengaplikasikan eyecream di area bawah mata. Mengapa di area bawah mata? karena area tersebut mudah kering ketika terkena air mata. Kandungan garam dari mata yang membuat bawah mata menjadi kering. Krim yang diaplikasikan akan membuat kulit bawah mata menjadi lembab.

4. Hindari riasan pada area mata bagian bawah

Jika jenis mata anda berair, hindari menggunakan eyeliner di area tepat di bawah bulu mata. Penggunaan eyeliner di area tersebut hanya memicu munculnya air mata refleks. Jika tetap ingin menggunakan eyeliner ketika berdandan agar mata lebih tajam, anda bisa mengaplikasikannya di bagian garis mata bagian atas.

Disarankan menggunakan eyeliner yang berbentuk pensil.

5. Selalu sediakan tisu dan bersihkan riasan di malam hari

Meskipun menggunakan obat tetes mata sebelum berdandan, bisa saja air mata tetap keluar. Untuk itu, selalu siapkan tissue agar ketika air mata keluar anda bisa segera menyekanya.

Selain itu, anda bisa mensiasatinya dengan mengangkat dagu ke atas untuk mencegah air mata keluar. Makeup juga perlu dibersihkan setiap malamnya agar menghindari terjadinya iritasi.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)