fbpx
Pasang iklan

Tetap Waspada Gempa, Aktifkan Fitur Safety Check di Facebook sebagai Notifikasi

Gema – Bencana gempa yang melanda Palu dan Donggala, Facebook punya fitur yang dapat membantu penggunanya yang berada di sekitar lokasi bencana. Fitur tersebut adalah safety check. 

Fitur Safety Check ini hadir sebagai sistem penghubung informasi ketika terjadi bencana. Fitur ini dapat digunakan sebagai pemeriksa keselamatan yang dapat memberikan informasi mengenai keadaan pengguna yang berada di lokasi bencana. Cara kerja dari sistem ini yaitu dengan cara mengirim pemberitahuan ke pengguna facebook yang berada di area bencana. 

Hanya saja, ada beberapa aspek yang diperhatikan yaitu melihat kota atau lokasi terakhir. Selain lokasi terakhir, fitur ini juga akan berpatokan di daerah tempa pengguna menggunakan internet. 

Adapun pengguna yang menerima notifikasi ini akan diberi dua pilihan, jika dalam kondisi aman pengguna bisa memilih ‘I’m Safe’. Sedangkan jika menjadi korban cukup pilih ‘Doesn’t apply to me’.

Safety Check ini berguna ketika terjadi bencana alam seperti gempa dan banjir. Namun selain bencana alam, Safety check juga bisa aktif pada saat kondisi darurat seperti terjadi pengeboman.  

Gempa terjadi di Donggala dan Palu pada hari Jumat, 28 Oktober 2018. Gempa ini juga disertai dengan gelombang tsunami.  

Hingga sore tadi, dilaporkan korban yang meninggal sudah 384 orang dan luka-luka mencapai 540 orang termasuk luka ringan dan luka berat. 

Fitur Safety Check yang disediaka Facebook ini membantu penggunanya untuk memberi informasi mengenai kondisi pemilik akun. Pengguna yang berada di lokasi bencana bisa memberikan kabar kepada teman-temannya di facebook.  

Para pengguna facebook yang ada di area bencana secara otomatis akan menerima notifikasi dari fitur safety check ini.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)