fbpx
Pasang iklan

Ternyata Ini 5 Hal yang Menyebabkan Anda Sering Mengantuk di Siang Hari

Gema – Di siang hari, biasanya mata akan mulai merasa lelah dan butuh istirahat. Rasa kantuk yang muncul di siang hari ini bisa menghambat pekerjaan, terlebih jika dikejar deadline. Dengan begitu, tingkat produktivitas akan berkurang karena pada siang hari digunakan untuk tidur. Adapun yang memicu muncuknya rasa kantuk di siang hari ini yaitu karena tidur yang tidak cukup. Namun tak hanya itu, banyak faktor lain yang juga menjadi penyebabnya. Apa sajakah faktor tersebut? Berikut ulasannya.

1. Kelainan Tidur

Waktu tidur yang cukup tidak dapat menjamin anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Adapun faktor yang bisa membuat kualitas tidur menurun yaitu karena adanya kelainan tidur. Dalam dunia medis, kelainan itu ini ada yang namanya restless legs syndromesleep apnea, dan narcolepsy. Ketika anda mengalami salah satu kelainan tidur tersebut, kualitas tidur anda berkurang karena mudah terbangun pada malam hari. Karena itu, anda akan mudah lelah dan ingin tidur di siang hari.

2. Tubuh Dehidrasi

Air putih ini memiliki banyak pengaruh untuk tubuh. Asupan cairan yang cukup tidak akan membuat tubuh mengalami dehidrasi. Namun jika asupan cairan tidak terpenuhi maka tubuh akan dehidrasi. Hal tersebut bisa menyebabkan anda mudah lelah dan mengantuk karena hidrasi tubuh tidak terjaga. Disarankan, sehabis makan siang sebaiknya konsumsi air putih. Jangan langsung mengonsumsi kopi atau minuman yang berasa lainnya. Tubuh akan segar jika asupan cairan terpenuhi.

3. PMS

Memasuki masa PMS bagi wanita biasanya akan membuat mereka mengalami berbagai masalah kesehatan. Selain munculnya rasa nyeri di perut, PMS juga bisa membuat anda insomnia. Mengapa? Karena pada masa PMS ini akan terjadi perubahan hormon. Produksi hormon estrogen akan meningkat dan memberi pengaruh pada hormon progesterone. Nah, jika hormon progesterone sedikit maka hormon menjadi tidak seimbang. Kondisi tersebut akan mempengaruhi produksi serotonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut yang berfungsi untuk memberi rasa kantuk dan membuat tidur nyenyak. Jika produksi hormon tersebut berkurang maka anda akan sulit tidur di malam hari dan kualitas tidur berkurang.

4. Anemia

Anemia merupakan penyakit dimana jumlah sel darah merah rendah atau berada di bawah garis normal. Kondisi tersebut dapat mengurangi asupan oksigen dan tubuh akan mudah lelah. Tubuh yang mudah lelah akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi hal tersebut, disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan yang kaya zat besi atau mengonsumsi suplemen.

5. Depresi

Depresi tidak selamanya berhubungan dengan gangguan mental. Namun, depresi ini juga dapat berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Orang yang menderita depresi akan membuat produksi hormon serotonin berkurang. Kondisi tersebut mengakibatkan tubuh akan mudah merasa lelah. Karena itu, anda akan mudah mengantuk di siang hari. Jika anda sering mengalami kondisi seperti ini maka sebaiknya segera ke terapis agar diberi penanganan yang tepat.

6. Hypersomnia

Hypersomnia ini merupakan kelainan yang membuat seseorang mudah mengantuk di siang hari dan jam tidur yang banyak. Penderita kelainan ini bisa tertidur kapan saja dan dimana saja. Meskipun sedang beraktivitas yang butuh konsentrasi seperti ketika bekerja dan mengemudi. Kondisi tersebut tentunya perlu dihindari karena akan memberi banyak masalah.

Adapun dampak yang utama dari kelainan ini yaitu akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan gungsi kognitif akan menurun secara signifikan. Hypersomnia ini memiliki kaitan dengan gangguan sistem saraf pusat sepeti tumor otak atau gangguan pada batang otak.

Itulah beberapa penyebab dari munculnya rasa kantuk di siang hari.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)