fbpx
Pasang iklan

Tanggapan JK Soal Penampilan Kedua Paslon di Debat Pilpres

Gema, Jakarta – Wapres, Jusuf Kalla mengomentari penampilan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto. Menurut JK, penampilan Prabowo ketika menjawab pertanyaan di debat cenderung cepat emosi.

“Ya, itu memang karakter Pak Prabowo cepat tanggap cepat, gitu kan. Jadi emang karakter begitu, kalau dipancing dia bisa sedikit naik tensinya. Tapi itu juga kecepatan menjawab itu juga,” kata JK dalam keterangan tertulis, Jumat, 18 Januari 2019.

JK menilai emosi Prabowo saat debat capres, begitu cepat tepancing. JK menyebut hal itu terjadi akibat kurang siapnya tim dalam mematangkan persiapan sebelum tampil.

“Tapi karena mungkin tidak disiapkan timnya dengan penuh. Maka, banyak hal yang justru agak bertentangan. Tentu semuanya mempunyai hal positif, yang baik, tapi dari sisi itu, nomor satu lebih siap. Lebih siap menjawab dan bertanya. Karena lebih siap, makanya dia lebih baik. Dalam hal itu,” imbuh JK.

JK juga menyinggung pernyataan Prabowo yang ingin menaikkan pajak. Juga ingin membantu para pengusaha kecil. Menurut JK kedua hal tersebut sangat kontradiktif.

“Beliau di lain pihak ingin membantu pengusaha kecil, tapi menaikkan pajak contohnya. Itu kan agak kontradiktif. Terutama juga ada beberapa hal tadi pertanyaan,” paparnya.

JK menilai penampilan penampilan capres nomor urut 01, Joko Widodo lebih baik dibandingkan Prabowo. Menurut JK, penampilan kedua paslon saat debat capres akan berpengaruh pada elektabilitasnya.

“Tentu ada perubahan-perubahan (elektabilitas). Tapi ini kan masih lima ya. Orang akan melihat nanti trennya pada setelah tiga empat debat orang melihat trennya. Ini baru pertama,” ucap JK.

Namun ketika JK ditanya soal penampilan Ma’ruf Amin yang dinilai sedikit berbicara ketika debat capres berlangsung. JK mengatakan memang keharusan cawapres harus begitu.

“Kan (Ma’ruf) berbicara juga tadi, walaupun ya memang wakil selalu begitu. Harus, nomor satu harus lebih banyak daripada nomor dua,” tutur JK.

Menurut JK penampilan kedua paslon akan terlihat baik ketika dipersiapkan secara matang sebelum tampil. Hal itu akan berdampak pada penampilan kandidat dihadapan publik.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)