fbpx
Pasang iklan

Syarat dan Ketentuan Umum CPNS 2019 yang Harus Diketahui

Gema.id – Pendaftaran CPNS resmi dibuka pada bulan November 2019. Ada sebanyak 68 kementrian/lembaga dan 462 instansi pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang akan membuka pendaftaran CPNS, nantinya masing-masing menyesuaikan kementrian/lembaga dan instansi terkait.

Ada beberapa ketentuan dan persayaratan umum CPNS 2019 yang harus dipenuhi pelamar yakni sebagai berikut:

  1. Ketentuan Umum
  • Calon pelamar hanya dapat mendaftar pada 1 (satu) Instansi dan 1 (satu) formasi jabatan.
  • Calon pelamar dari Perguruan Tinggi, Program Studinya terakreditasi minimal B pada BAN-PT dan/atau Pusdiknakes/LAM-PTKes pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah.
  • Pelamar pada formasi jabatan Guru yang memiliki sertifikasi pendidik sesuai dengan jabatan guru yang dilamar (linier), yang dikeluarkan oleh KemDIKBUD, KemRISTEKDIKTI dan Kementerian Agama, akan diberikan nilai maksimal SKB.
  • Pelamar yang mendaftar pada formasi jenis jabatan tenaga kesehatan yang mensyaratkan Surat Tanda Registrasi (STR), wajib melampirkan STR (bukan internship) sesuai jabatan yang dilamar (linier) yang masih berlaku pada saat pendaftaran, dibuktikan dengan tanggal masa berlaku yang tertulis pada STR.

2. Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun, ketentuan lebih lanjut akan diumumkan kemudian dan diatur pada Portal SSCASN (https://sscasn.bkn.go.id).
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana atau kasus narkoba.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai Swasta
  • Tidak berkedudukan sebagai PNS/CPNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri/Siswa Sekolah Ikatan Dinas Pemerintah.
  • Tidak menjadi Anggota atau Pengurus Partai Politik atau terlibat politik praktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan Persyaratan Jabatan yang dilamar.
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK): lulusan perguruan tinggi negeri minimal 2,75 dan lulusan perguruan tinggi swasta minimal 3,00.
  • Bersedia mengabdi dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun, minimal 10 tahun sejak TMT CPNS.

Baca Juga: Badan Kepagawaian Negara Rilis Jadwal Pendaftaran CPNS 2019 di SSCASN

Selain Ketentuan Umum dan Syarat Khusus di atas, ada pula beberapa dokumen yang harus dipenuhi bagi pendaftar CPNS 2019.

  1.  Scan KTP asli.
  2.  Pas foto.
  3.  Swafoto.
  4.  Ijazah.
  5.  Transkrip nilai asli
  6. . Beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi.

Untuk sementara situs https://sscasn.bkn.go.id sebagai induk belum bisa diakses sepenuhnya karena pendaftaran baru akan resmi dibuka pada 11 November mendatang.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)