fbpx
Pasang iklan

Maruf Amin Sosok Cawapres Inisial M, Jokowi: ini Alasannya

(Gema – Jakarta) Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin menjadi calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya dalam pemilihan presiden atau pilpres 2019. Hal tersebut diumumkan Jokowi di Restoran Plataran Menteng, Jakarta, Kamis, 9 Agustus 2018.

Jokowi mengatakan keputusan itu diambil melalui perenungan disertai dengan mempertimbangkan masukan dan saran berbagai elemen masyarakat, seperti para ulama, ketua umum partai, pengurus partai, dan relawannya.

“Dengan perenungan yang mendalam dan masukan saran dari seluruh elemen masyarakat, saya memutuskan dan telah mendapatkan keputusan dari koalisi Indonesia kerja yang akan mendampingi saya sebagai calon wakil presiden adalah Prof Dr KH Maruf Amin” ujar Jokowi di Restoran Plataran Menteng, Jakarta, Kamis.

Jokowi juga menilai sosok Maruf ialah sosok yang agamawan serta berpengalaman dan juga mampu saling melengkapi antara watak nasionalis dan religius.

“Beliau kan merupakan sosok agamawan, jadi kami bisa saling melengkapi antara religius dan nasionalis” ujar Jokowi di depan awak media.

Selain itu rekam jejak Maruf Amin dalam perpolitikan nasional di ketahui pernah menjabat sebagai anggota DPRD, DPR-RI, MPR-RI, Wantimpres, Rais Aam PBNU, Ketua MUI, serta Dewan Pengarah BPIP.

“Beliau pernah duduk di legislatif sebagai anggota DPRD, DPR-RI, MPR-RI, Wantimpres, Rais Aam PBNU, dan juga Ketua MUI. Dalam kaitan dengan kebhinekaan, Profesor Doktor Kiai Haji Maruf Amin juga menjabat sebagai dewan pengarah BPIP” ujarnya.

Sebelumnya diketahui, KH Maruf Amin telah menyatakan sikap bahwa ia siap menjadi calon wakil presiden mendampingi calon presiden inkumben Joko Widodo. Hal tersebut ia ungkapkan dalam menanggapi isu yang menguat bahwa namanya masuk dalam opsi kandidat cawapres Jokowi dalam pilpres 2019.

“Yah kalau untuk negara saya siap, kalau untuk pribadi sejujurnya saya ini kiai saja sudah cukup. Tapi kalau negara dan bangsa memerlukan saya siap” ujarnya melalui keterangan pada Jumat, 20 Juli 2018.

Diketahui bahwa Jokowi dan Maruf Amin akan mendaftarkan diri sebagai calon presiden dan calon wakil presiden pada hari Jumat, 10 Agustus 2018 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

 

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)