fbpx
Pasang iklan

Seringkali Dihantui Rasa Malas Menyelesaikan Tugas Kuliah, Ingat 6 Hal Ini untuk Memotivasi Anda

Gema – Memasuki masa perkuliahan membuat jadwal anda menjadi semakin padat. Jadwal dipenuhi dengan kegiatan-kegiatan di kehidupan kuliah seperti praktikum, penelitian dan mengerjakan setumpuk tugas. Terlebih jika sudah aktif di organisasi ataupun lembaga yang lainnya. Namun, anda tidak perlu khawatir. Bukan anda sendiri yang mengalami hal ini. Kebanyakan mahasiswa juga mengalami kondisi seperti itu. 

Seringkali jika ingin menyelesaikan tugas rasa malas menghantui. Apalagi kini sudah banyak hal yang bisa menggoda anda, seperti media sosial yang selalu berusaha menyita waktu anda. Karena itu, anda membutuhkan motivasi agar bisa melewati semua tingkatan dalam dunia perkuliahan. Berikut beberapa hal yang bisa anda terapkan agar lebih termotivasi menyelesaikan tugas.

1. Selalu ingat tujuan ketika sulit memulai pekerjaan

Hal yang paling susah dilakukan ketika ingin mengerjakan sesuatu yaitu memulainya. Seringkali muncul pikiran untuk menunda pekerjaan tersebut. Namun, jika anda sudah memulai pekerjaan anda bisa saja lupa waktu karena keasyikan mengerjakan. Kesulitan memulai pekerjaan ini disebabkan karena hadirnya rasa malas. Jika kondisi seperti itu menyerang, maka sebaiknya ingatlah kembali tujuan anda. Ingat tujuan anda berkuliah. Cara tersebut akan membuat menjadi lebih semangat.

2. Buat reward sendiri ketika berhasil menyelesaikannya

Jika ingin lebih semangat dalam menyelesaikan tugas, sebaiknya buat penghargaan untuk diri sendiri jika berhasil menyelesaikannya. Penghargaan ini bisa berupa hal yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Jika cara ini anda terapkan, bisa jadi nantinya akan lebih semangat lagi dalam menyelesaikan tugas.

3. Bersyukur

Kondisi yang anda alami saat ini belum tentu bisa dirasakan oleh orang lain seusiamu. Bisa saja ada anak seusiamu yang tidak dapat merasakan dunia perkuliahan. Anda harus bersyukur karena bisa menyenyam pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Karena itu, anda harus memanfaatkan kesempatan ini untuk meraih cita-cita. Jika anda sedang dihantui rasa malas, maka ingatlah untuk bersyukur agar bisa mendorong hati untuk lebih giat lagi.

4. Ingat harapan orangtua di rumah

Saat anda merasa lelah dan capek dengan segala aktivitas di dunia perkuliahan, ingatlah kembali harapan orangtua anda di rumah. Orangtua di rumah berharap anda belajar dengan baik agar kelak bisa membahagiakannya. Dengan begitu, rasa malas anda hilang dan digantikan dengan semangat. Orangtua anda telah memberi kepercayaan untuk menyelesaikan pendidikan. Karena itu, anda harus berkorban demi membuat mereka bangga.

5. Buat diri nyaman sebelum belajar

Gaya belajar setiap orang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang suka belajar dalam kondisi yang nyaman dan tenang. Jika anda termasuk tipe orang seperti itu, sebaiknya buatlah suasana yang nyaman terlebih dahulu sebelum mengerjakan tugas. Suasana yang nyaman akan mempengaruhi kondisi hati anda. Dengan begitu, anda akan lebih semangat dalam menyelesaikan tugas karena suasana hati yang baik. Cari tahu bagaimana suasana yang membuat anda nyaman.

6. Jangan menunda pekerjaan

Kebiasaan yang perlu anda singkirkan yaitu kebiasaan menunda pekerjaan. Kebiasaan tersebut malah membuat pekerjaan semakin menumpuk. Posisi anda memang sebagai mahasiswa jadi anda harus siap mengerjakan berbagai tugas. Sebagai mahasiswa, anda perlu mengatur waktu sebaik mungkin. Jangan lakukan hal yang hanya membuang-buang waktumu. Namun, sesekali anda juga perlu mencari hiburan agar tidak merasa suntuk dan stres.

Itulah beberapa hal yang bisa anda terapkan untuk menyingkirkan rasa malas. Jangan selalu berada pada zona nyaman. Teruslah bekerja keras dan berkorban karena nanti anda akan mendapatkan hasilnya.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)