fbpx
Pasang iklan

Seleksi PPPK Untuk Guru Honorer Dibuka Usai CPNS 2018

(Gema – Jakarta) – PPPK merupakan singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Proses seleksi dari PPPK diperuntukkan untuk guru honorer yang usianya lebih dari 35 tahun.

Hal tersebut bertujuan untuk mengangkat pegawai yang telah lama mengabdi untuk Negara. Proses seleksi akan dibuka setelah seleksi CPNS 2018 telah selesai.

“Untuk para guru honorer yang tidak memenuhi syarat karena usia, pintu alternatifnya melalui seleksi PPPK, dengan kualitas tetap diutamakan,” ungkap Muhadjir Effendy selaku Menteri Pendidikan melalui siaran pers di Jakarta, pada hari Sabtu (22/9/2018) lalu.

Seleksi dilakukan lantaran Mendikbud berharap tak ada lagi pemerintah dan kepala sekolah yang mengangkat guru honorer. Kendati demikian, seperti yang kita ketahui bahwa pengangkatan Pegawai Negeri Sipil akan selalu dilaksanakan.

“Kemendikbud sudah mengirimkan surat kepada pemerintah daerah untuk tidak lagi ada pengangkatan guru honorer. Sesuai arahan presiden tidak boleh lagi pemerintah daerah dan kepala sekolah mengangkat guru honorer,” tambahnya kemudian.

Adapun harapan dari Mendikbud, yaitu berharap tak ada lagi masalah di masa depan mengenai kesejahteraan seorang guru. Sehingga pemerintah daerah, sekolah mapun masyarakat diajak dapat bekerja sama mengenai aturan yang telah ditetapkan tersebut.

Karena tanpa kerja sama maka semua yang telah direncanakan oleh pemerintah tak akan terlaksana dengan baik. Namun, apabila semua yang bersangkutan memilih utuk mendukung dan bekerja sama maka penyelesaian masalah akan lebih mudah diselesaikan.

Menteri Pendidikan juga menghimbau kepada seluruh guru honorer agar tetap fokus dalam mengajar di sekolah masing-masing. Saat ini, guru honorer diharapkan agar tak memiliki kegiatan lain diluar kegiatan profesionalnya sebagai seorang guru.

“Karena aspirasi sebagai guru honorer Insya Allah sudah diperhatikan pemerintah dan sudah dicarikan jalan keluarnya,” jelasnya lagi.

Berbeda dengan CPNS 2018, pendaftaran tersebut akan dibukan mulai pada tanggal 26 September 2018 mendatang. Adapun salah satu syarat yang mesti dipenuhi oleh pelamar yaitu tak memiliki usia yang lebih dari 35 tahun.

Oleh karena itu, pemerintah membuka seleksi khusus untuk honorer yang usianya telah melebihi 35 tahun yaitu denga mengikuti seleksi PPPK.

Perlu diingat bahwa pendaftaran CPNS 2018 bisa dibuka melalui situs SSCN BKN di sscn.bkn.go.id.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)