fbpx
Pasang iklan

Sandiaga Uno Dukung Esemka Jadi Mobil Nasional

GEMA, JAKARTA – Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno mendukung mobil Esemka menjadi mobil nasional. Sandi berjanji akan menjadi pembeli pertama mobil Esemka.

“Saya melihat kalau bicara mengenai mobil nasional selalu romantis. Keinginan punya mobil nasional dan setiap negara punya kebanggan, punya mobil nasional. Kalau mobil Esemka itu keluar, saya adalah salah satu yang jadi pembeli pertama,” kata Sandi dalam dalam diskusi tentang impor di Media Center Prabowo-Sandiaga, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Rabu, 7 November 2018.

Mendukung hasil produksi dalam negeri, menurut Sandi merupakan bentuk keberpihakan. Mantan Wagub DKI itu ingin Indonesia memiliki industri yang memiliki nilai tambah yang besar.

“Buat saya ini adalah bentuk keberpihakan. Tapi jangan dipolitisir nih, ini suatu kebanggaan. Yang menjadi prioritas sekarang adalah membangun industri yang memiliki nilai tambah yang besar,” kata Sandi.

Diketahui, Esemka yang digadang-gadang akan menjadi mobil nasional, dikabarkan sudah mulai diproduksi di pabriknya yang berada di Boyolali. Pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi yang berada di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, disebut-sebut untuk perakitan mobil Esemka.

Dari data yang diungkap Kementerian Perindustrian, mobil Esemka punya pilihan mesin berkapasitas 1.000 cc. Di antaranya adalah pikap Bima dan mobil penumpang 1.000 cc. Jika dilihat spesifikasi kapasitas mesinnya, tentu setara dengan mobil-mobil kategori Low Cost Green Car (LCGC).

Sebelumnya, Mobil Esemka menjadi pembicaraan sejak Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Surakarta. Kini Jokowi telah menjadi Presiden. Sebagai kepala pemerintahan, dia mendukung usaha untuk mewujudkan cita-cita Esemka.

“Sebagai wali kota saat itu saya dukung upaya mereka. Sekarang pun begitu. Industri yang kerjakan, pemerintah hanya mendukung,” kata Jokowi.

Sedangkan Wakil Ketua DPR Fadli Zon sebelumnya mengkritik mobil Esemka yang kabarnya bakal diluncurkan pemerintah. Fadli menyebut Esemka sebagai contoh politik kebohongan

“Ini (Esemka) kebohongan. Ini yang namanya politik kebohongan ya yang begini ini contohnya,” kata Fadli di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 23 Oktober 2018.

Alasannya, Fadli menilai Esemka hanya jadi bahan pencitraan pemerintah. Fadli menyarankan pemerintah jujur andai Esemka gagal diproduksi.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)