fbpx
Pasang iklan

Referensi Tempat Wisata di Barru Paling Hits, Agenda Liburan yang Cocok Untuk Hunting Foto

Gema.id Barru – Berjarak tempuh sekitar 2 jam 30 menit dari kota makassar, Kabupaten dengan ikon Tugu Payung ini menyimpan ragam Destinasi wisata di Barru yang Hits dan cocok untuk hunting foto.

Eksotisme tempat wisata Barru terurai dalam berbagai sajian, yang dapat dikategorikan menjadi;

Tugu Payung Ikon Kabupaten Barru
Tugu Payung Barru

Referensi tujuan liburan kabupaten Barru pada artikel ini diharap dapat memandu wisatawan atau pengunjung kabupaten untuk dapat maksimal menikmati alam Barru, lengkap dengan informasi terkait hal-hal yang dapat dilakukan di kawasan objek wisata.

Liburan di Puncak, Kabupaten Barru

Coppo Kappire/Puncak Kappire

Jalur tracking Coppo Kappire dapat ditempuh dengan jarak waktu sekitar 2,5 jam. Salah satu destinasi paling hits di Barru ini cocok menikmati keindahan alam Barru dari ketinggian.

Puncak/Coppo Kappire
Puncak/Coppo Kappire – barrunews.com

Lokasi Dusun Pange, Desa Palakka, Kec. Barru, Kab. Barru, Sulawesi Selatan

Coppo Tille/Puncak Tille

Puncak dari salah satu gunung tertinggi di kabupaten barru ini menyimpan pesona yang tidak kalah dari objek wisata di Kabupaten Barru lainnya. Ketinggian Gunung Tille mencapai 843 mdpl (meter dari permukaan laut).

Wisata alam Coppo Tille

Selain puncaknya, Gunung favorit para pendaki ini juga menyimpan objek wisata kenamaan Barru lainnya yang dikenal dengan nama Air Terjun Wae Lato

Lokasi mencakup 3 desa (Mattirowalie, Bacubacu, Harapan), dan 2 kecamatan (Tanete ri Aja dan Pujananting), di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan

Puncak Lappa Laona

Kawasan Puncak Lappa Laona adalah savana yang saat pagi hampir keseluruhan areanya tertutup awan kabut. Suasana romantis Lappalaona sangat cocok untuk dijadikan tempat hunting foto.

Puncak Lappa Laona – ig: @dharma7dharma

Hamparan rerumputan hijau memungkinkan penikmat foto mengambil gambar lanscape yang memukau dari destinasi ini.

Banyak wisatawan menjadikan Puncak Lappa Laona sebagai tujuan berlibur favorit untuk berkemah, menikmati pesona alam bersama sahabat dan keluarga, serta melakukan kegiatan wisata olah raga. Padang rumputnya yang luas memungkinan banyak kegiatan dilakukan di salah satu objek wisata puncak Barru ini.

Lokasi Desa Harapan, Kec. Tanete Riaja, Kab. Barru, Sulawesi Selatan

Wisata Perbukitan Barru

Bukit Lakeppo

Memiliki luasan wilayah 1.174,72 km², dengan banyaknya destinasi liburan, Kabupaten Barru seperti tidak kehabisan ruang untuk memanjakan pelancong yang gemar menikmati alam dengan hamparan padang rumput.

Wisata alam Barru, Bukit Lakeppo
Bukit Lakeppo – travelingyuk.com

Lakeppo adalah areal perbukitan dengan pemandangan padang yang menghamparkan rerumputan hijau sejauh mata memandang. Destinasi ini layak untuk anda coba sebagai lokasi hunting foto landscape. Banyak hal dapat dilakukan saat berlibur di kawasan wisata bukit Lakeppo. Jenis liburan seperti ini cocok untuk anda yang terlalu lama berdiam dengan pekerjaan dalam ruangan, Bukit Lakeppo menawarkan banyak hal untuk dinikmati.

Lokasi Dusun Lakeppo, Desa Libureng, Kec. Tanete Riaja, Kab. Barru, Sulawesi Selatan

Bukit Maddo

Aksesnya yang cukup mudah dijangkau dari Kota Barru dan keindahan alam yang ditawarkan membuat Bukit Maddo menjadi destinasi wisata paling hits di Barru, khususnya untuk agenda hunting foto.

Pesona bukit Maddo, Kabupaten Barru

Menghidangkan pamandangan alam yang sangat indah dengan jalur sungai yang berkelok-kelok adalah pesona khas bukit maddo. Sangat cocok sebagai spot foto, baik selfie, groupy, maupun kebutuhan fotografi yang lebih profesional.

Untuk mencapai Bukit Maddo cukup dengan melintasi jembatan masjid desa Bottoe dari Kota Barru. Sekitar 100m dari masjid Bottoe tersebut pilih jalan di sebelah kiri untuk masuk ke wilayah Desa Maddo. Memasuki kawasan bukit wisatawan harus melewati jalan menanjak yang cukup terjal.

Lokasi Desa Maddo, Tellumpanua, Kec. Tanete Rilau, Kab. Barru, Sulawesi Selatan

Objek Wisata Sungai di Barru

Salopuru (Sungai Puru)

Kawasan wisata yang sangat alami dengan aliran air yang tenang beserta bunga-bunga yang tumbuh liar disekitarnya. Pemandangan indah ala kampung Hobbit ini adalah tujuan berlibur yang mulai sulit ditemukan akhir-akhir ini. Tidak hanya sungainya, destinasi wisata Barru yang satu ini juga menyediakan kawasan Air Terjun Salopuru.

Damai diantara bunga liar dan aliran air Salopuru yang tenang
Damai diantara bunga liar dan aliran air Salopuru yang tenang

Pesatnya pembangunan meredupkan banyak tempat wisata dengan pesona seperti yang masih disediakan di Salopuru, Barru.

Lokasi Desa Kemiri, Kec. Balusu, Kab. Barru, Sulawesi Selatan

Sungai Barobbo

Sungai dengan dinding batu disepanjang alirannya ini punya pesonanya sendiri. Setelah melalui jembatan gantung dari kayu, pemandangan alam Sungau Barobbo langsung terhampar dihadapan anda.

Sungai Barobbo – ig: @OrangBarru

Tebing kokoh yang rimbun dengan pepohonan melekat kuat di sela bebatuan pinggiran sungai adalah kekhasan destinasi ini.

Lokasi Kec. Tanete Riaja, Kab. Barru, Sulawesi Selatan

Destinasi Wisata Air Terjun di Barru

Air Terjun Batulappa / Air Terjun Sarang Burung

Objek wisata yang juga dikenal dengan nama Air Terjun Sarang Burung ini menawarkan lantunan kicau burung di sepanjang jalan menuju ke lokasi air terjun Batulappa. Aksesnya masih terbilang sulit untuk dijangkau, tapi tidak mengurangi decak kagum keindahan alam yang disajikan.

Air terjun batulappa – ig: @makassarguide

Lokasi Dusun Batulappa, Desa Tompo, Kec. Barru, Kab. Barru, Sulawesi Selatan

Air Terjun Manuba

Dengan ketinggian tebing sekitar 20 meter dan rimbunnya pepohonan di sekitar tebing, pemandangan di lokasi air terjun ini semakin mempesona. Suasana alam yang asri dan adem akan membuat momen liburan semakin tak terlupakan.

Air terjun manuba, Kabupaten Barru
Air Terjun Manuba – travelingyuk.com

Lokasi Desa Manuba, Kec. Mallusetasi, Kab. Barru, Sulawesi Selatan

Air Terjun Salopuru

Pemandangan alam yang indah dan memesona dari sungai salopuru berujung di Air Terjunnya. Apa yang disajikan oleh Air Terjun Salopuru tidak kalah menawan dari aliran sungainya. Debur hantaman air yang menciptakan pelangi setelah menyatu dengan cahaya matahari melengkapi bunga liar yang tumbuh dipinggiran air.

Air terjun salopuru

Lokasi: Desa Kemiri, Kec. Balusu, Kab. Barru, Sulawesi Selatan

Air Terjun Waesai

Obati kepenatan dengan berlibur adalah hal umum yang banyak dilakukan pelancong. Hanya saja tidak semua tempat wisata mampu mengembalikan pikiran menjadi fresh. Air Terjun Waesai adalah satu dari sedikit objek wisata yang mampu melakukan itu.

air terjun waesai
Air terjun Waesai

Setelah menempuh jalur yang menantang, usaha anda lari dari penatnya pekerjaan permasalahan hidup akan dibayar oleh indahnya Air Terjun Waesai. Suasana asri dibalut sejuknya alam dengan gemercik suara aliran air adalah apa yang ditawarkan tempat ini.

Lokasi Desa Lomporiaja, Kec. Tanate Riaja, Kab. Barru, Sulawesi Selatan

Air Terjun Wae Lato

Berwisata ke puncak gunung Tille/Coppo Tille memberi 2 tujuan sekaligus. Setelah menikmati indahnya Coppo Tille pelancong dapat meneruskan perjalanan untuk menikmati Air Terjun Wae Lato. Suasana alam yang belum banyak mendapat sentuhan kemajuan teknologi di tempat ini adalah alasan lain untuk berkunjung.

air terjun wae lato, gunung tille
Air Terjun Wae lato, Kawasan Wisata Gunung Tille

Lokasi Gunung Tille (mencakup 3 desa (Mattirowalie, Bacubacu, Harapan), dan 2 kecamatan (Tanete ri Aja dan Pujananting), di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan)

Tempat Wisata Pulau di Barru

Pulau Dutungan

Tidak hanya keindahan pantainya, Pulau Dutungan juga menyajikan pesona bawah laut yang mengesankan. Banyak wisatawan yang takjub kemudian merekomendasikan tempat wisata ini untuk liburan akhir pekan.

wisata pulai dutungan
Pulau Dutungan – jalanwisata.id

Lokasi Desa Palanro, Kec. Mallusetasi, Kab. Barru, Sulawesi Selatan

Pulau Pannikiang

Berjarak sekitar 15km dari pusat kota Barru, Pulau Pannikiang dapat dicapai dengan menyewa perahu dari pesisir Takkalasi atau Madello.

destinasi libutan pulau pannikiang barru
Pulau Pannikiang – dispar.barrukab.go.id

Salah satu kekhasan destinasi ini adalah banyaknya populasi kelelawar. Bahkan, nama pulau ini diambil dari bahasa setempat hewan tersebut (Kelelawar = Panning).

Dari pulau yang berbentuk S ini, wisatawan disuguhi pemandangan kompleks pegunungan Lavanchu yang eksotis.

Lokasi Desa Madello, Kec. Balusu, Kab. Barru, Sulawesi Selatan

Destinasi Pantai di Kabupaten Barru

Pantai Laguna

Destinasi yang satu ini mungkin jarang terdengar jika anda bertujuan memanfaatkan waktu libur dengan berkunjung ke Barru. Kendati destinasi ini adalah yang dicari pelancong pecinta sunset.

sunset di pantai laguna
Suasana sunset di pantai laguna

Pantai yang dinamai dengan mengambil nama kepala dusunnya ini memiliki pesona yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Lokasi Desa Pao Pao, Dusun Pucu’e, Kec. Tanete Rilau, Kab. Barru, Sulawesi Selatan

Pantai Padongko

Saat mengunjungi kawasan Bola Pitue, anda dapat singgah untuk menikmati keindahan Pantai Padongko. Keeksotisan tempat wisata Barru yang satu ini nampak jelas kala sunset. Hal ini pulalah yang memicu ramainya pelancong di sore hari pada destinasi ini.

bola pitue, pantai padongko
Bola Pitue, Pantai Padongko

Lokasi Kel. Mangngempang, Kec. Barru, Kab. Barru, Sulawesi Selatan

Pantai Ujung Batu

Selain Waesai, destinasi ini adalah tempat wisata Barru lainnya yang efektif dikunjungi untuk menghilangkan kepenatan. Anda dapat menikmati keindahannya sembari berjalan-jalan disepanjang bibir pantai.

Pantai Ujung Batu
Pantai Ujungbatu

Lokasi Sumpang Binangae, Kec. Barru, Kab. Barru, Sulawesi Selatan


Celebes Canyon

Tempat wisata andalan Barru ini punya eksotisme yang sangat menakjubkan. Kerumunan bebatuan Karst yang berpadu dengan aliran deras air dari Sungai Ule’ menghadirkan pemandangan yang sangat memesona.

Celebes Canyon, Barru – americanindonesian.com

Lokasi Dusun Watu, Desa Libureng, Kec. Tanete Riaja, Kab. Barru, Sulawesi Selatan

Hutan Pinus Lajoanging

Lokasi favorit hunting foto yang satu ini mempertontonkan barisan pohon pinus yang eksotis. Hutan Pinus Lajoanging adalah spot andalan Barru yang instagramable untuk setiap pengunjung. Berfoto di Hutan Pinus yang instagenic ini memberikan background yang keren untuk diabadikan.

Kawasan Hutan pinus Lajoanging
Kawasan Hutan pinus Lajoanging

Lokasi Desa Harapan, Kec. Tanete Riaja, Kab. Barru, Sulawesi Selatan

Batu Mallopie

Tujuan liburan di Barru yang satu ini terdapat Batu besar yang bentuknya seperti perahu. Anda belum dapat disebut telah mengunjungi Kabupaten Barru sebelum berfoto di tempat ini.

Batu Mallopie

Lokasi Lompo Riaja, Kec. Tanete Riaja, Kab. Barru, Sulawesi Selatan

Pohon Jomblo

Pohon Jomblo, Bukit Lakeppo
Pohon Jomblo, Bukit Lakeppo

Destinasi yang satu ini terletak di kaki Bukit Lakeppo. Hamparan padang rumput hijau yang luas memperjelas keberadaan pohon ini. Karena hanya tumbuh dan besar sendiri, pohon ini digelari Pohon Jomblo.


Demikian Referensi Tempat Wisata di Barru Paling Hits yang dihimpun tim Gema.id. Artikel ini akan diperbaharui tiap terdapat spot wisata baru dari kabupaten Barru.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)