fbpx
Pasang iklan

Polri Luncurkan Smart SIM dan SIM Online, Berikut Biaya dan Cara Regisnya!

Gema.id – Berkembangan zaman yang kian maju dan tersentuh oleh teknologi kini juga terasa pada pelayanan publik. Saat ini Korps Lalu Lintas Polri meluncurkan Smart SIM dan aplikasi SIM Online, launching dilakukan bertepatan pada perayaan ulang tahun Polisi Lalu Lintas Bhayangkara pada, Minggu (22/9/2019).

Hal tersebut merupakan terobosan terbaru yang dibuat pihak kepolisian dengan mengubah desain dan menambah fungsi dari Surar Izin Mengemudi (SIM). Sejak Agustus lalu jenis SIM ini telah diperkenalkan. Fungsi yang ada pada jenis SIM baru ini adalah mampu digunakan sebagai transaksi online dalam pembayaran tol, parkir, hingga naik kereta. Saldo uang elektronik Smart SIM maksimal Rp2 juta. SIM ini nantinya dilengkapi pula cip khusus.

Pihak kepolisian menyebut tidak ada biaya penambahan dalam pembuatan Smart SIM, meski mengalami perubahan desain namun tetap mengacu pada peraturan lama yang berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerima Negara Bukan Pajak (PNPB) yang berlaku pada kepolisian Republik Indonesia.

“Biay Smart SIM ini tidak ada perubahan, sama saja baik pembuatan baru atau perpanjangan,” ungkap Halim pada keterangan pers yang diterima Gema.id.

Berdasarkan aturan biaya pembuatan SIM A Rp120 ribu, SIM C Rp100 ribu serta SIM BI Rp120 ribu. Kemudian untuk perpanjangan SIM A Rp80 ribu, SIM C Rp75 ribu dan SIM BI Rp80 ribu.

Adapun aplikasi SIM Online berfungsi untuk lebih memudahkan masyarakat dalam pembuatan SIM. Dengan adanya ini, para pengendara dapat melakukan pendaftaran hanya dengan mengisi formulir yang tersedia di situs SIM Online, tanpa harus mengantre lagi.

Tidak hanya menyediakan pendaftaran SIM Online juga bisa digunakan untuk perpanjangan SIM.

Berikut Cara Registrasi SIM Online Lewat Ponsel

  • Setelah itu pemohon, memilih opsi menu ‘Pendaftaran SIM Online’. Kemudian diminta untuk menentukan lokasi Polda atau tempat pengajuan, waktu ujian, dan pembuatan.
  • Adapaun pemohon diwajibkan menyertakan registrasi dengan KTP asli.
  • Ketika telah berhasil melakukan registrasi , selanjutnya Anda akan mendapatkan notifikasi melalui surel berupa nomor registrasi. Tujuan nomor tersebut digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran melalui Bank BRI.
  • Tahap selanjutnya adalah pemohon dapat mendatangi Satpas sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Pada tahap ini pembuatan SIM akan sama seperti sebelumnya, mulai dari pemeriksaan kesehatan, psikologi dan adanya surat keterangan jasmani dan rohani.
  • Setelahnya pemohon akan mendapatkan tes mulai dari uji teori hingga praktik untuk mendapatkan kelayakan memperoleh SIM.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)