fbpx
Pasang iklan

Pohon Sengon Bukan Satu-Satunya Sebab Pemadaman Listrik yang Ciptakan Kerugian 1 Trilyun

Gema.id – Hanya karena satu pohon sengon, listrik di Jakarta, Jawa Barat, dan sebagian daerah Jawa Tengah padam antara minggu sampai senin lalu ?, kelihatan sepele memang.

Titik permasalahan yang menyebabkan pemadaman 2 hari secara berturut turut di jabodetabek, serta sebagian wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah ini berlokasi di Desa Malon, sekitar 28Km arah selatan dari Semarang.

Pohon berjenis sengon itu perlu di-abadi-kan. Pasang fotonya di seluruh kantor PLN, sebagai monumen yang harus diajarkan turun-temurun, demi generasi mendatang.

Dahlan Iskan

Pohon Sangon milik warga tersebut tumbuh dalam pekarangan, tidak ada yang salah dengan itu. Hanya saja tingginya yang menjulang membuat pohon ini masuk dalam medan magnet SUTET PLN yang ada didekatnya.

Tinggi SUTET adalah 40m, bentangannya menggelayut di ketinggian 18m. Sementara tinggi pohon sengon sekitar 15m, cukup untuk masuk ke dalam medan magnet Saluran Utama Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET).

Bayangkan betapa mahalnya pohon sengon itu. Karenanya berjuta orang menderita. Termasuk diantaranya kereta bawah tanah yang masih baru. MRT Ikut lumpuh, penumpangnya dievakuasi. Presiden Jokowi sampai marah-marah.

Tambah Dahlan Iskan

Akumulasi ganti rugi PLN untuk konsumen mencapai Rp 1 Trilyun, demikian hebatnya dampak dari 1 Pohon. Kendati demikian, muncul pertanyaan;

  • Kenapa dibiarkan tumbuh tinggi itu ?
  • Kenapa tidak ada yang tahu?
  • Apakah PLN tidak memiliki anggaran untuk patroli SUTET ?
  • Kenapa biaya operasional pemeliharaan harus lebih rendah dari anggaran SDM ?
  • Apa iya SUTET serapuh itu ?, cuma karena sepohon sengon sudah memberi kerugian sebesar ini.

Konsumsi listrik Jakarta diketahui yang paling besar, mengingat luasan daerah industri yang ada disekitarnya (Bekasi, Bogor, Karawang, dan Tangerang). Tapi pembangkit listrik terbesar indonesia justru berlokasi di Paiton, Jawa Timur. Konsekuensinya pengiriman bermuatan besar sejumlah arus listrik dari JATIM ke Jakarta tidak terhindarkan. Hal ini sangat beresiko, mengingat jaraknya yang tidak dekat, dan jumlah yang dimuat tidak sedikit.

Tidak Hanya Pohon Sengon

Data lainnya menjelaskan bahwa, selain pohon sengon pemadaman listrik Jabodetabek, Jabar, dan Jatim ini juga disebabkan oleh bermasalahnya transmisi PLN.

Sebab permasalahan ini cukup kompleks, sistem jawa ada 250 pembangkit, 500 gardu, dan 5.000kms transmisi 500kv, serta 7.000kms transmisi 150kv

Ujar Sripeni Inten Cahyani, Plt Direktur Utama PLN

Dipastikan bahwa, pohon sengon bukanlah penyebab tunggal dari pemadaman minggu dan senin kemarin.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)