fbpx
Pasang iklan

Pisang Unik Berjantung Dua Ditemukan di Kabupaten Gowa

...

Gema.ID – Pisang merupakan tanaman Terna raksasa dari suku Musaceae yang tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia. Pada umumnya pisang merupakan pohon sekali berbuah lalu tunas pohon pisang akaun muncul di rumpun induknya.

Namun sebuah pohon pisang unik yang berbuah berbeda dengan pisang lainnya ditemukan di daerah Kelurahan Mangalli, Kecamatan Pallangga, Gowa, Sulawesi Selatan.

Jika pada umumnya pisang hanya berbuah dengan satu jantung Pisang setiap pohohnya, pisang yang ditemukan di kebun milik Ahmad Dahlan justru berbeda dengan pisang lainnya, pisang milik Bapak Dahlan ini selalu berbuah dengan dua buah jatung atau lebih dalam satu pohon pisang.

“Pisang ini unik, kalau tanahnya tidak gersang, Jantung Pisang yang keluar dari pisang ini paling sedikit dua, kalau beruntung pernah berbuah sampai 7 tandan” jelas Dahlan saat diihubungi Minggu (7/6/2020)

Hal unik lain dari pisang ini, tidak hanya menghasilan jantung dua, jika tanah di sekitar pisang subur biasanya pisang ini akan bercabang dua atau lebih. Kemudian setiap cabang akan mengeluarkan Jantung pisang paling sedikit dua.

“Kalau tanahnya subur, bahkan pisang ini bisa bercabang jika sudah mau berbuah, seperti pohon pisang itu,” tambah Dahlan sambil menunjukkan pohon pisang yang belum berbuah tapi ujungnya sudah mengeluarkan dua pucuk daun pisang.

Selain ditaman di kebun miliknya di Kabupaten Gowa, pada tahun 2014, tunas pisang ini pernah ditanam di Jogjakarta dan pisangnya juga tetap menghasilkan buah dengan jumlah satu lebih dari satu tandan perpohon.

“Selain disini, pernah dulu waktu kuliah dibawa teman ke Jogja, disana juga sama hasilnya disini. Saat ini dicoba lagi di tanam di Takalar satu pohon,” tambahnya.

Jantung PIsang Uni Keluar dua buah Pisang
Pisang unik dengan dua buah jantung pisang di Kabupaten Gowa

Jenis Pisang Unik yang Belum dikenal

Meskipun sudah sering kali ditanaman di berbagai tempat, namun pemilik pohon pisang ini belum mengetahui jenis dan spesies dari Pisang tersebut, hanya saja jika ditaksir dari rasanya pisang ini memiliki rasa manis yang sedikit Asam seperti rasa dari Pisang Ambon (Musa Acuminata).

Bentuk buahnya pun panjang menyerupai bentuk dari pisang Ambon, hanya sedikit lebih kurus dari pisang Ambon.

Asal muasal pisang ini pertama kali diambil dari daerah Kalaena, Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan. Pisang tersebut kemudian diberikan oleh rekannya yang lebih dulu menanam pisang tersebut, oleh karena itu jika ditanya tentang spesies pisang, Dahlan hanya menyebutnya sebagai pisang Kalaena.

Beri tanggapan