fbpx
Pasang iklan

Pesona Pulau Tangkulara, Terumbu Karang dan Biota Laut di Bone

(Gema – Bone) Dalam dua tahun terakhir Pulau Tangkulara yang terletak di perairan teluk Bone menjadi topik hangat di kalangan masyarakat Bone.

Meski pulau ini hanya berupa gundukan pasir putih dan skalanya tidak begitu luas, namun mampu menarik ribuan warga lokal untuk merasakan sensasi liburan di Pulau Tangkulara.

Baca juga: 21 Tempat Wisata di Kabupaten Bone Yang Wajib Anda Kunjungi

Pulau Tangkulara oleh masyarakat setempat dinamakan pula dengan Pasir Tangkulara. Dinamakan demikian, karena praktis seluruh permukaan pulau ini hanya tumpukan pasir putih.

Pulau Tangkulara

Luas Pulau Tangkulara berkisar 2 hektar lebih. Meski demikian, pulau ini selalu menjadi area bagi nelayan di Bajoe untuk melepas penat jika sedang mencari ikan di laut.

Menurut nelayan, Pasir Tangkulara sudah ada sejak lama. Hanya saja, keindahan pulau tersebut baru terpublish ke warga Bone dan masyarakat Sulsel pada umumnya.

Selain hamparan pasir putih, di setiap sisi Pulau Tangkulara juga menyimpan keindahan lainnya. Seperti pesona terumbu karang, ikan, dan biota laut.

Dari keindahan bawah laut itulah yang diyakini akan mampu membuat para wisatawan lokal ataupun mancanegara untuk berlama-lama di destinasi wisata favorit di Bone itu.

Pulau Tangkulara

Keistimewaan Pulau Tangkulara yakni destinasi wisata ini hanya bisa dinikmati sejak pagi sekitar Pukul 06.30 – 12.30 Wita.

Itu pula sebabnya sehingga para wisatawan dan penikmat wisata laut disarankan datang lebih awal. Sebab jika melewati jam-jam tersebut, maka keindahan pasir putih nan halus di Pulau Tangkulara tidak bisa lagi dinikmati karena tertutup oleh air laut yang pasang.

Lokasi pulau cantik ini boleh pula di kata satu lokasi dengan Pelabuhan Bajoe. Jadi buat penikmat wisata laut, tempat ini sangat direkomendasikan. Apalagi, di pinggir Pelabuhan Bajoe, mereka juga bisa menikmati cantiknya pemandangan laut dan sunrise (matahari terbit).

Pulau Tangkulara

~ Lokasi: Pantai Tangkulara terletak di Kecamatan Tanete Riattang Timur. Berjarak sekitar satu mil dari Pelabuhan Bajoe. Hanya butuh sekitar 15 menit untuk sampai di lokasi. 

~ Tarif Sewa Perahu: Buat wisatawan yang ingin ke Pulau Tangkulara bisa menyewa perahu nelayan yang tarifnya mulai 150 rbu – 200 ribu.

Pulau Tangkulara

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)