fbpx
Pasang iklan

Perlu Anda Ketahui, Ini Daftar Sayuran yang Sangat Baik untuk Kesehatan

Gema – Makan banyak sayuran adalah salah satu cara termudah bagi orang untuk meningkatkan kesehatan. Semua sayuran mengandung vitamin, mineral, dan serat yang sehat. Namun, beberapa sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa sajakh sayuran tersebut? Berikut beberapa daftar sayuran yang sangat baik untuk kesehatan. 

1. Bayam
Bayam sebagai salah satu dari sayuran sehat Bayam kaya zat besi. Bayam adalah sayuran hijau yang berdaun. Ini juga merupakan sumber kalsium, vitamin, zat besi, dan antioksidan. Karena kandungan zat besi dan kalsiumnya, bayam adalah tambahan yang bagus untuk diet bebas daging atau susu.

Satu cangkir bayam mentah sebagian besar terdiri dari air dan hanya mengandung 7 kalori. Ini juga menyediakan nutrisi berikut:

  • Vitamin A dengan kadar yang tinggi
  • Vitamin C
  • Magnesium
  • Folat
  • Besi
  • Kalsium
  • Antioksidan
  • Vitamin K, sangat penting untuk tubuh yang sehat, dan terutama untuk tulang yang kuat. Ini meningkatkan seberapa baik tubuh menyerap kalsium.

Bayam juga menyediakan sejumlah zat besi yang bagus untuk energi dan darah yang sehat, dan kadar magnesium yang baik untuk fungsi otot dan saraf. Penelitian melaporkan bahwa daun bayam dapat menurunkan tekanan darah dan bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Cara makan bayam

Orang menikmati bayam mentah dalam salad, sandwich, dan smoothies. Bayam yang dimasak juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan dan merupakan tambahan yang bagus untuk hidangan pasta dan sup.

2. Kale
Kale adalah sayuran hijau hijau yang sangat populer dengan beberapa manfaat kesehatan. Ini menyediakan 7 kalori per cangkir daun mentah dan sejumlah vitamin A, C, dan K. Kale mungkin bermanfaat bagi orang-orang dengan kolesterol tinggi.

3. Brokoli
Brokoli adalah sayuran yang sangat sehat yang dimiliki oleh keluarga yang sama seperti kubis, kale, dan kembang kol. Ini semua sayuran cruSetiap cangkir brokoli yang dicincang dan direbus mengandung 55 kalori. Mengonsumsi banyak brokoli dapat mengurangi risiko kanker, yang mungkin karena sayuran ini mengandung sulforaphane. Dalam penelitian pada hewan, sulforaphane mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara dan menghambat pertumbuhan tumor.

Cara makan brokoli

Brokoli sangat serbaguna. Kebanyakan orang mengonsumsinya dengan dipanggang, mengukusnya, atau menggorengnya. Beberapa orang memadukannya menjadi sup atau memakannya hangat dalam salad.

3. Kacang polong
Kacang polong adalah sayuran bertepung yang menyediakan 134 kalori per cangkir yang dimasak. Mereka juga tinggi:

  • serat
  • protein
  • vitamin A, C, dan K
  • vitamin B

Kacang polong dan legum lainnya mengandung serat, yang mendukung bakteri baik di usus untuk memastikan buang air besar secara teratur dan saluran pencernaan yang sehat. Selain itu juga kaya saponin, yang merupakan senyawa tanaman yang dapat memberikan manfaat antioksidan dan antikanker.

4. Ubi jalar

Ubi jalar adalah sayuran akar yang menyediakan 103 kalori dan 0,17 gram lemak per kentang medium, ketika dipanggang dengan kulitnya. Ubi jalar bermanfaat bagi penderita diabetes. Ini karena mereka rendah pada skala indeks glikemik dan tinggi serat, sehingga mereka dapat membantu mengatur gula darah.

Cara makan ubi jalar

Cara termudah untuk menikmati ubi jalar adalah dengan memanggangnya di kulitnya dan menyajikannya dengan sumber protein, seperti ikan atau tahu.

5. Wortel

Wortel mengandung vitamin A sangat penting untuk penglihatan yang sehat, dan cukup nutrisi ini dapat membantu mencegah kehilangan penglihatan. Nutrisi tertentu dalam wortel juga memiliki sifat melawan kanker. Sebuah studi 2011 melaporkan bahwa ekstrak jus wortel dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan sel-sel leukemia.

Cara makan wortel

Wortel adalah sayuran yang sangat serbaguna. Mereka bekerja dengan baik dalam casserole dan sup, dan mereka memberikan manfaat kesehatan yang besar ketika dimakan mentah dengan saus seperti hummus.

6. Sayuran yang difermentasi
Sayuran fermentasi atau acar mengandung banyak nutrisi  serta dosis probiotik yang sehat. Probiotik adalah bakteri menguntungkan yang ada di dalam tubuh dan pada beberapa makanan dan suplemen. Beberapa peneliti percaya bahwa mereka dapat meningkatkan kesehatan usus.

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, probiotik dapat membantu dengan gejala sindrom iritasi usus. Mereka juga dapat mencegah diare akibat infeksi dan antibiotik. Beberapa sayuran yang baik untuk fermentasi meliputi:

kubis
mentimun
wortel
kol bunga

7. Tomat
Meskipun tomat secara teknis adalah buah, kebanyakan orang memperlakukan mereka sebagai sayuran. Setiap cangkir tomat mentah cincang mengandung kalori, potasium dan vitamin C.  Tomat  juga mengandung likopen, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat berperan dalam pencegahan kanker. Penelitian menunjukkan bahwa likopen dapat membantu mencegah kanker prostat. Beta-karoten dalam tomat juga memiliki efek antikanker.

Antioksidan kuat lainnya dalam tomat, seperti lutein dan zeaxanthin, dapat melindungi penglihatan. Studi Penyakit Mata Terkait Usia melaporkan bahwa orang yang memiliki asupan diet tinggi dari zat ini memiliki 25 persen penurunan risiko degenerasi makula terkait usia..

8. Bawang putih
Bawang putih telah lama digunakan dalam memasak dan obat-obatan. Setiap siung bawang putih hanya mengandung 4 kalori dan rendah vitamin dan mineral. Bawang putih adalah antibiotik alami. Sebuah senyawa dalam bawang putih, yang disebut diallyl sulfide, mungkin lebih efektif daripada dua antibiotik populer untuk melawan bakteri Campylobacter, menurut sebuah studi berbasis laboratorium dari 2012.

9. Paprika
Paprika sangat populer sebagai bahan mentah atau dimasak. Paprika manis umumnya tersedia dalam varietas merah, kuning, atau oranye. Cabai hijau yang masih mentah juga populer, tetapi rasanya kurang manis dibandingkan warna lainnya. Paprika mengandung kalori, vitamin C, vitamin B-6 dan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A. 

10. Kembang kol
Kembang kol cincang mengandung kalori, vitamin C, vitamin K dan serat. Serat pada makanan ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dan usus seseorang, mencegah masalah pencernaan dan mengurangi obesitas.

Kembang kol mengandung antioksidan yang disebut indole-3-carbinol (I3C). I3C dapat mengurangi kanker payudara dan sistem reproduksi pada pria dan wanita.

11. Kembang kol

Kembang kol mengandung senyawa antikanker yaitu sulforaphane. Karena itu, kembang kol ini sangat baik untuk kesehatan.

12. Rumput laut
Rumput laut, juga dikenal sebagai sayuran laut, adalah tanaman serbaguna dan bergizi yang memberikan beberapa manfaat kesehatan. Jenis rumput laut yang umum termasuk nori, selada laut dan spirulina.  Rumput laut adalah salah satu dari beberapa sumber asam omega-3 asam lemak docosahexaenoic dan asam eicosapentaenoic yang berasal dari tumbuhan. Asam lemak ini sangat penting untuk kesehatan seseorang dan sebagian besar hadir dalam daging dan sumber susr. Banyak jenis rumput laut mengandung klorofil, yang merupakan pigmen tumbuhan yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Sayuran laut yang berwarna coklat, seperti rumput laut dan wakame, mengandung antioksidan kuat lain yang disebut fucoxanthin. Penelitian menunjukkan bahwa fucoxanthin memiliki 13,5 kali kekuatan antioksidan dari vitamin E.

Cara makan rumput laut

Jika memungkinkan, pilih rumput laut organik dan makan dalam jumlah kecil untuk menghindari asupan yodium berlebihan pada makanan. Konsumsi rumput laut dengan ditambahkan ke sushi, sup miso, dan sebagai bumbu untuk hidangan lainnya.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)