fbpx
Pasang iklan

Perlu Anda Ketahui, Ini 5 Kesalahan yang Sering Terjadi Ketika Olahraga Menggunakan Treadmill

Gema – Tak sedikit orang yang malas berolahraga jika harus lari atau jalan santai di luar ruangan. Waktu yang padat menjadi alasannya. Tak hanya itu, cuaca juga kadang menjadi alasan. Namun sebenarnya olahraga ini menjadi hal yang penting dilakukan. Jika anda malas berolahraga karena cuaca yang tidak mendukung, anda bisa melakukan olahraga di rumah atau di tempat fitness dengan menggunakan treadmill. Namun, dalam melakukan olahraga dengan treadmill ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar tidak melakukan kesalahan. Olahraga dengan treadmill bisa membuat badan cedera dan sakit jika tidak dilakukan dengan benar. Untuk mengetahui kesalahan tersebut, berikut ulasannya.

Beberapa kesalahan saat menggunakan treadmill

Treadmill ini merupakan alat olahraga yang dapat membuat penggunanya berlari dan berjalan tanpa harus berpindah tempat. Alat ini lengkap dengan fitur pengatur kecepatan, pengukur detak jantung dan penghitung kalori yang terbakar. Alat ini cukup memudahkan orang untuk berolahraga. Untuk menghindari cedera, sebaiknya anda perlu mengetahui kesalahan apa saja yang harus dihindari saat melakukan olahraga dengan treadmill. Berikut beberapa kesalahan yang biasa terjadi.

1. Tidak pemanasan terlebih dahulu

Sebelum berolahraga, pemanasan menjadi hal yang wajib. Pemanasan ini bertujuan untuk melenturkan otot-otot dan meningkatkan detak jantung secara bertahap. Pemanasan sebelum berolahraga bisa mengurangi risiko cedera dan otot tidak akan sakit.

Cukup lakukan pemanasan selama 5 menit dengan gerakan yang sederhana.

2. Pakai sepatu yang tidak sesuai

Penggunaan sepatu yang tidak sesuai bisa membuat anda tidak nyaman dan memicu terjadinya luka atau cedera pada kaki. Karena itu, sepatu yang hendak digunakan perlu diperhatikan. Gunakan sepatu khusus untuk olahraga lari dan dilengkapi dengan bantalan agar melindungi tumit dan tulang kaki.

3. Pandangan mata fokus ke kaki

Kesalahan yang biasa terjadi saat olahraga menggunakan treadmill ini yaitu kebiasaan menunduk dan memandang kaki. Posisi tubuh seperti itu malah membuat anda mudah terjatuh karena tubuh tidak seimbang. Tak hanya itu, otot leher dan bahu juga akan tegang karena asupan oksigen berkurang. Posisi seperti ini yang membuat anda cepat lelah.

Karena itu, ketika olahraga dengan treadmill sebaiknya tubuh berdiri tegap dan mata memandang ke arah depan. 

4. Berdiri dekat dengan monitor treadmill

Kebanyakan orang berolahraga dengan treadmill memilih berdiri dekat dengan monitor. Posisi seperti ini bisa membuat anda tidak bebas bergerak. Tak hanya itu, postur tubuh juga akan berubah ketika anda maju atau mundur. Pinggul akan menjorok ke belakang. Posisi tubuh seperti ini akan mengganggu keseimbangan tubuh. Akibatnya gerakan kaki dan tangan tidak lagi seirama. Untuk itu, beri jarak antara tubuh anda dengan monitor.

5. Berpegangan pada sisi treadmill

Memegang pegangan yang ada di alat ini bukannya menjaga keseimbangan namun malah mengurangi beban pada kaki. Kondisi tersebut bisa menurunkan jumlah kalori yang dibakar. Postur tubuh juga akan berubah dan otot leher, bahu serta lengan menjadi tegang. Tubuh akan menunduk dan memicu munculnya rasa nyeri pada punggung.

6. Melangkahkan kaki terlalu jauh

Ketika berlari di atas treadmill, sebaiknya buat langkah yang pendek namun cepat. Langkah yang pendek bisa membuat anda lebih konsentrasi dan kalori akan semakin banyak terbakar. Berbeda jika melangkah terlalu jauh, keseimbangan tubuh dan konsentrasi akan terganggu.

Itulah beberapa kesalahan yang biasa terjadi saat melakukan olahraga dengan treadmill. Untuk itu, anda perlu menghindari kesalahan tersebut agar terhindar juga dari cedera.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)