fbpx
Pasang iklan

Perbedaan Antara VGA dan GPU

...

Gema.ID – Salah satu pertanyaan yang paling banyak diajukan saat hendak membeli Laptop Grafis dan gaming bagi pemula adalah perbedaan Antara VGA dan GPU. Pasalnya banyak yang Distorsi informasi mengenai pengertian VGA yang kadang dicap jelek.

Penyebabnya tidak lain adalah karena Istilah pertama kali diperkenalkan saat Konektor D-Sub yang menyediakan sinya warna Dasar RGB Analog. Pada saat itu resolusi layar yang bisa diakodir hanya resolusi 640 x 480. Hasilnya banyak orang awam yang menduga jika VGA adalah teknologi usang karena belum bisa memproyeksikan gambar dengan resolusi Mega Pixel.

Pengertian VGA

VGA sebenarnya adalah Akronim dari Video Graphics Array atau sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan perangkat-perangkat pengelolal Gambar seperti VRAM dan GPU. Karena kebanyakan dari VGA didesain berbentuk papan makanya dikenal dengan sebutan VGA Card.

VGA ini kemudain ditancapkan ke Motherboard yang memberikan fasilitas VGA Card bukan Onboard VGA untuk mengatur output yang berkaitan dengan Display sehingga pada umumnya VGA memiliki 3 buah Slot yakni VGA 8 Pin, HDMI dan terkadang DVI untuk VGA Card jadul.

Pengertian GPU

GPU adalah singkatan dari Graphics Processor Unit atau Unit yang mengelola data-data grafis. Data-data grafis yang dikeolal tidak hanya dispaly seperti yang dikuloarkan melalui port Output di layar monitor tapi juga untuk renderring data Image seperti Video, atau software pengelola Grafis seperti Photoshoop, Game dan Adobe Priemere.

GPU adalah otak dari VGA namun tidak semua GPU melekat pada VGA. Beberapa Motherboard mengadopsi sistem VGA on Board atau dengan kata lain sebenarnya tidak ada VGA Card secara fisik disana kecuali sistem VGA yang sama dengan VGA Card. HAsilnya GPU akan melekat ke Motherboard termasuk juga VRAM.

Sebagai Kesimpulan Perbedaan antara VGA dan GPU adalah VGA adalah tempat dimana GPU Melekat atau VGA rumah bagi GPU namun GPU bisa jadi tidak membutuhkan Rumah terpisah dan bisa melekat di Motherboard.

Beri tanggapan