fbpx
Pasang iklan

Perang Dagang AS-China Terus Membuat Rupiah Melemah

Gema.id – Perang dagang AS-China terus membauat nilai tukar rupiah melemah. Nilai tukar rupiah sampai saat ini berada di angka Rp14.125 per dollar AS atau turun sebesar 0,12 persen pada perdagangan pasar spot Senin (2/12/2019).

Pelemahan rupiah ini lantaran meredupnya potensi kesepakatan dagang antara AS dan China. Apalagi Presiden Amerika Serikat Donal Trump telah menyetujui dua Undang-Undang (UU) yang mendukung para pemrotes anti-pemerintah Hong Kong. Kebijakan tersebut diyakini akan menjauhi kesepakatan dari perang dagang AS-China.

Fokus pasar saat ini adalah pembicaraan di antara keduanya, mengingat baru-baru ini tabloid China mengabarkan bahwa perjanjian perdagangan fase satu mengharuskan AS untuk menurunkan tarif perdagangan yang sangat kecil kemungkinannya.

Sementara, pada 15 Desember mendatang gelombang tarif AS untuk barang-barang China akan mulai berlaku.

Dengan perang dagang yang terus berlangsung di antara keduanya membuat sejumlah nilai tukar matang uang terus melemah, kurs referensi Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Sport Dollar Rate (JISDR), menempatkan nilai rupiah pada angka Rp14.122 per dollar AS, terus melemah dibandingkan, Jumat (29/11/2019).

Bukan hanya Indonesia, kawasan Asia Tenggara lainnya harus terkena imbas dari perang dagang ini, Peso Filipina melemah 0.46 persen dan baht Thailand 0,23 persen. Di kawasang Asia lainnya Jepang melemah  0,17 persen serta rupee India sebesar 0,4 persen.

Penguatan hanya terjadi di Turki, lira Turki menguat sebesar 0,07 persen dan dolar Taiwan tipis 0,01 persen.

Di negara maju pun, seperti Inggris  juga mengalami pelemahan. Poundsterling dan euro, keduanya melemah 0,14 persen dan 0,01 persen.

Negara maju lainnya seperti Kanada dan Australia justru mengami penguatan, dolar Kanada menguat tipis 0,01 persen dan dolar Australia dengan nilai sebensar 0,26 persen terhadap dolar AS.

Di dalam negeri pada Selasa (3/12/2019) posisi rupiah per dolar AS nya diperkirakan berada pada angka Rp14.010 hingga Rp14.150.  

Beri tanggapan