fbpx
Pasang iklan

Opsi Perpanjangan Pendaftaran Caleg oleh Bawaslu

(Gema – Jakarta) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mempersiapkan kemungkinan akan adanya  tambahan waktu untuk pendaftaran dan pengumpulan dokumen bakal calon legislatif Pemilu 2019. Hal tersebut jelas berkebalikan dengan  Komisi Pemilihan Umun (KPU) yang dengan tegas menyatakan tidak akan ada tambahan waktu bagi partai politik yang belum mendaftarkan nama bakal caleg.

“Tergantung situasi besok,”ungkap Komisioner Bawaslu Afifuddin di KPU RI, kawasan Jakarta Pusat, sebagaimana yang dilansir di CNN Indonesia, Senin (16/7/2018).

Afifuddin mengungkapkan beberapa partai politik diduga menemui kesulitan ketika memasukkan daftar nama bakal caleg yang mereka ajukan ke laman Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU. Hal ini menyebabkan parpol menunggu hingga batas akhir waktu pendaftaran dan pengumpulan dokumen data bakal caleg.

Seharusnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Garuda, Golongan Karya dan beberapa papol lainnya terjadwal akan hadir untuk menyerahkan dokumen bakal caleg mereka ke KPU.

Berdasarkan informasi dari KPU, seluruh parpol tersebut di atas batal menyerahkan dokumen, alhasil sampai saat ini NasDem menjadi satu-satunya parpol yang sudah menyerahkan berkas bakal caleg mereka.

Dengan kondisi seperti ini, dikhawatirkan hari esok akan ada pembludakan jumlah parpol yang akan menyerahkkan berkas pendaftaran di Kantor KPU.

Afifuddin berharap semua partai politik dapat menggunakan waktu yang tersisa untuk mengurus berkas pendaftaran hingga esok, 17 juli.

“Kalau belum lagi, kita siapkan sikap,” ujar Afifuddin.

Komisioner KPU Ilham Saputra menyatakan hal yang bertentangan dengan Bawaslu, ia menegaskan tidak akan ada tambahan waktu untuk pendaftaran dan pengumpulan berkas bakal caleg. Menurut Ilham, jika sudah melewati batas waktu, makan tidak akan ditolerir.

Ilham mengatakan pihak KPU siap memberi waktu untuk partai politik yang akan mendaftarkan bakal caleg sampai Selasa malam, pukul 00.00.  Pihaknya meminta parpol untuk mengikuti jadwal yang telah disediakan.

“Jadi besok kita akan begadang,” jelas Ilham.

Ilham menuturkan bahwa hingga kini baru PDIP yang telah mengonfirmasi kehadirannya esok hari ke KPU. Belum ada partai lain yang memberi konfirmasi. Ia berharap semua parpol dapat tepat waktu dan tidak ada yang melebihi batas akhir pendaftaran karena tidak akan diadakan tambahan waktu, sebagai akibatnya tentu mereka tidak dapat mendaftar dan menyerahkan berkas bakal caleg.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)