fbpx
Pasang iklan

Nafsu Makan Menurun? Ini Beberapa Hal yang Dapat Meningkatkan Nafsu Makan

...

Gema – Nafsu makan ini berpengaruh besar terhadap kondisi tubuh. Nafsu makan yang tidak dikontrol akan membuat peningkatan berat badan karena makan dengan porsi berlebih. Namun bisa juga sebaliknya, Nafsu makan menurun sehingga menyebabkan tubuh kekurangan gizi. Apa sajakah yang dapat meningkatkan nafsu makan? Berikut ulasannya. 

Apa itu nafsu makan?

Nafsu makan ini merupakan keinginan yang merangsang kita untuk makan. Nafsu makan ini biasanya akan muncul ketika kita merasa lapar. Namun bukan hanya itu, nafsu makan juga bisa muncul tanpa rasa lapar. Nah, kondisi seperti ini yang perlu diwaspadai. Mengapa? Karena nafsu makan yang muncul tanpa rasa lapar akan memicu anda makan secara berlebih.

Banyak hal yang dapat meningkatkan ataupun menurunkan nafsu makan. Baik itu faktor dari lingkungan luar ataupun dari lingkungan dalam tubuh. Berikut beberapa faktornya.

1. Hormon yang memengaruhi nafsu makan

Terdapat beberapa hormon yang dapat memengaruhi nafsu makan. Hormon tersebut adalah hormon leptin dan ghrelin. Leptin ini merupakan hormon yang akan menekan nafsu makan. Hormon ini berasal dari sel-sel lemak di dalam tubuh. Kadar leptin di dalam tubuh sama dengan kadar lemak. Kadar leptin akan meningkat ketika anda sudah kenyang dan nafsu makan akan hilang. Pada penderita obesitas, dia resisten terhadap hormon ini.

Sedangkan hormon ghrelin ini merupakan hormon yang memicu nafsu makan. Hormon ini bersumber di lambung. Kadar ghrelin akan meningkat ketika lambung sedang kosong. 

2. Lingkungan sosial

Lingkungan luar berpengaruh terhadap nafsu makan. Salah satunya yaitu lingkungan sosial. Ketika makan bersama dengan keluarga dan teman biasnya nafsu makan akan meningkat. Selain itu, suasana dan waktu juga berpengaruh terhadap nafsu makan.

3. Penampilan makanan

Penampilan dari makanan akan memberi pengaruh terhadap nafsu makan. Biasanya nafsu makan meningkat ketika meliihat kemasan makanan, ukuran dan teksturnya. Terlebih jika penampilan makanan menarik dan menggiurkan.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa penampilan makanan yang berlemak dan berminyak akan membuat otak aktif dan berpengaruh terhadap nafsu makan.

Biasanya nafsu makan akan meningkat ketika melihat foto makanan yang beredar di sosial media. Mata yang melihat foto tersebut akan mengirim sinyal ke otak. Otak pun akan merespon dan keinginan untuk makan menjadi meningkat. Otak akan mengirim perintah ke tubuh untuk segera makan. Anda pun akan mengalami kondisi “lapar mata”.

4. Emosi dan psikologis

Hal yang satu ini juga memberi pengaruh terhadap nafsu makan. Bisa saja stres dan kondisi psikologis akan meningkatkan ataupun malah menurunkan nafsu makan. Semua itu tergantung dari kondisi setiap orang masing-masing.

5. Kebiasaan atau rutinitas

Nafsu makan ini juga akan muncul karena faktor kebiasaan. Faktor yang satu ini bergantung dengan lingkungan sekitar. Misalnya, kebiasaan makan malam bersama keluarga, kebiasaan ngemil dan kebiasaan sarapan. Biasanya pada waktu tersebut, nafsu makan akan meningkat karena tubuh sudah terbiasa makan di waktu tersebut.

Bagaimana cara mengontrol nafsu makan?

Namun nafsu makan ini bisa dikontrol. Berikut cara yang dapat anda lakukan untuk mengontrol nafsu makan.

  • Kenali kapan nafsu makan anda akan muncul. Jika nafsu makan muncul saat anda merasa lapar, maka sebaiknya segera makan dan berhenti sebelum benar-benar kenyang.
  • Hindari makan saat perut sudah sangat lapar. Makan saat perut sangat lapar akan membuat anda lebih banya mengonsumsi makanan. Selain itu juga memicu munculnya beberapa penyakit lambung
  • Jangan pernah menunda makan. Kebiasaan menunda makan akan membuat nafsu makan menjadi meningkat.

Beri tanggapan