fbpx
Pasang iklan

MotoGP 2019 Milik Marc Marquez, Dia (masih) Tak Terkejar

Gema.id – Tak hanya menasbihkan dirinya sebagai yang terbaik dan tercepat di MotoGP 2019 ini, Marc Marquez juga berhasil memecahkan rekor individu sebagai rider kelas dunia.

Pada GP Velencia (17/11) kemarin, Marquez lagi-lagi berpacu menjadi yang tercepat meninggalkan lawan-lawannya, jauh di belakang. Meski di awal balapan tidak menjadi yang terdepan. Fabio Quartararo pembalap asal Prancis ini langsung ngegas di awal balapan dan sempat memimpin beberapa lap.

Marquez yang terus membuntuti dengan Repsol Honda-nya, kemudian pada lap ke-20 barulah The Baby Allien berhasil menyalip. Berada di posisi terdepan membuatnya terus melaju kencang di sisa balapan MotoGP Valencia. Finish pertama, dan mendapatkan sorai kemenangan di sirkuit tanah kelahirannya, Spanyol.

Marquez lagi-lagi menjadi tercepat. Tercatat, kesekian kalinya musim ini, Marquez menyudahi balapan dengan 27 putaran dengan catatan waktu 41 menit 21, 469 detik. Mengungguli Quartararo berjarak 1,026 detik yang berdiri di podium kedua. Lalu di susul Jack Miller finish ketiga.

Sebelumnya, jauh dari seri terakhir MotoGP Valencia digelar, Marc Marquez telah menjadikan dirinya sebagai juara MotoGP 2019, kemenangan di sirkuit Buriram Thailand pada 6 Oktober 2019 lalu, membuat dirinya mengunci gelar lantaran poinnya tidak terkejar lagi dari raider lainnya meski, masih menyisahkan empat seri.

Torehan Berdiri di Podium Pertama

Kemenangan di MotoGP Valencia merupakan untuk kedua belas kalinya pembalap asal Spanyol berusia 26 tahun ini berdiri di podium teratas.

Sebelumnya Marquez juga memenangkan sebelas balapan lainnya yakni GP: Argentina, Spanyol, Prancis, Italia, Jerman, Ceko, San Marino, Aragon, Thailand, Jepang dan Australia.

Alhasil, dengan capain ini, mengantarkan Marquez menjadi satunya-satunya rider yang mencapai 450 poin di akhir klasemen MotoGP.

Marc Marquez sendiri sangat menikmati keberhasilannya musim ini, lantas dirinya berujar memenangkan balapan sebanyak 12 kali adalah bukan hal normal di balapan motor kelas para raja.

“Ini adalah musim yang saya sangat nikmati. Orang tak terbiasa dengan hasil itu [12 podiuk juara], tidak normal. Biasanya memenangkan enam atau tujuh podium jika ingin menjadi juara”, kata Marc Marquez.

Gelar Juara Grand Prix ke-8

Dilansir dari MotoGP.com, lagi-lagi kemenangan tahun ini membuat nama Marc Marquez kini memenangkan Grand Prix sebanyak delapan kali.

Dirinya juga tercatat menorehkan rekor sebagai pembalap termuda, usai nya baru menginjak 26 tahun dan telah enam kali menjadi juara MotoGP. Sebuah ukiran sejarah yang mematahkan rekor Valentino Rossi dan Giacomo Agostini.

Marc Marquez sendiri memulai karirnya di balapan kelas 125 cc di tahun 2010. Kelas 125 cc potensi itu mencuat dengan berhasilnya Ia menjadi juara.

Berlanjut di Moto 2, pada tahun 2011 dan 2012. Tak ada sandungan, Marquez juara lagi.

Atas capain itu, dirinya kini menjejal balapan kelas teratas hingga kini, dengan menukangi Repsol Honda, di sana Marquez terus malaju kencang, melesat meninggalkan lawannya di belakang dan mencatatkan namanya di sejarah MotoGP.

Penulis: Aris

Editor: Irzandi Ali

Beri tanggapan