fbpx
Pasang iklan

Militer Asing Ingin Bantu Korban Gempa di Palu, Namun Pemerintah Menolak

Gema –  Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden meminta kepada negara asing yang ingin memberi bantuan kepada Indonesia dalam menanggulangi bencana gempa bumi dan tsunami di Palu. Jusuf Kalla meminta untuk tidak mengirim pasukan militer ke lokasi. 

Kini sudah ada 26 negara ingin memberi bantuan kepada Indonesia. 

“Kita tidak terima (kedatangan pasukan militer asing),” kata JK saat ditemui di Kantor Wakil Presiden. .

Menurut Jusuf Kalla, Indonesia tidak akan menerima jika negara asing  memberi bantuan kapal rumah sakit dan dioperasikan oleh militernya. Pada tahun 2004 yang lalu yaitu pada saat gempa dan tsunami di Aceh, kedatangan kapal rumah sakit ini tidak banyak membantu.

“Mereka mintanya akan mengirim kapal rumah sakit. Namun, pengalaman waktu gempa dan tsunami di Aceh, kapal rumah sakit ini tidak terlalu terpakai karena hanya lima pasien yang ingin naik ke kapal tersebut.” kata Jusuf Kalla.  

Lebih lanjut lagi, JK menyampaikan bahwa akan menerima bantuan dari negara asing yang lebih berfokus pada rehabilitasi dan rekonstruksi darurat, misalnga bangunan kawasan pemukiman untuk korban uang selamat. 

“Katakanlah misalnya satu negara bikin 500 rumah. Jadi mereka ada program jangka panjang. Bahwa ini (tugas) negara A, ini negara B. Jadi bantuan bersifat program, tidak hanya dalam tanggap darurat,” ujar JK.

 

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)