fbpx
Pasang iklan

Meski Tak Bisa Kembali Menjadi Cawapres Jokowi, JK Tetap Akan Memberikan Dukungan Untuk Jokowi

(Gema – Jakarta) Jusuf Kalla atau sapaan akrabnya JK yang merupakan Wakil Presiden RI kembali menegaskan kepada awak media saat di wawancarai bahwa ia akan memberikan dukungannya untuk pak Jokowi yang akan bertarung di pilpres 2019 nanti.

“Yah pastilah saya dukung pak Jokowi, masa teman sendiri tidak diberikan dukungan” ungkap JK di Gedung Bentara Budaya Jakarta, Kamis, 2 Agustus 2018.

Memang sudah berkali-kali ia menegaskan bahwa akan memberikan dukungannya kepada pak Jokowi. begitupula saat di wawancarai oleh para awak media saat bertemu dengan dirinya.

Tetapi saat ditanya pula oleh awak media, ia tak menjelaskan dalm bentuk apa dukungan itu di berikan.

“Tentulah, saya pasti akan mendukung yang terbaik. Dan saya anggap Pak Jokowi masih berada di antara yang terbaik itu yang bisa dinilai dari calon-calon yang ada, setidaknya sudah ada pengalaman untuk memimpin” tegasnya kembali.

Termasuk juga ketika ditanya apakah ia akan mengusulkan nama calon wakil presiden yang akan mendampingi Jokowi dalam pilpres 2019.

“Nanti saja yah” kata beliau yang enggan menjawab berkomentar.

JK sempat dipertimbangkan untuk kembali menjadi cawapres Jokowi dalam pilpres 2019. Ketua Dewan Pimpinan Pusat non-aktif Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Puan Maharani mengatakan partainya akan mengkaji kembali kemungkinan tersebut.

Namun pengajuan kembali JK menjadi cawapres Jokowi terkendala aturan. Pasal 169 huruf n dan Pasal 227 huruf i Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (KPU) menjelaskan masa jabatan wakil presiden yang hanya diperbolehkan selama dua periode.

Undang-undang ini sempat digugat oleh Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa, Perkumpulan Rakyat Proletar untuk Konstitusi, serta pemohon perseorangan. Tetapi, keputusan Mahkamah Konstitusi pada Kamis, 28 Juni 2018 yang lalu tidak menerima permohonan uji materi pasal yang bersangkutan.

Hal yang patut pula diketahui ialah Jokowi akan mengajukan diri sebagai Presiden di pilpres 2019. adapun partai politik yang mendukung diantaranya PDI Perjuangan, Partai Hanura, Partai Golkar, Partai Nasional Demokrat, dan PPP. Namun hingga saat ini Jokowi masih belum mengumumkan calon wakil presiden yang akan mendampinginya.

 

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)