fbpx
Pasang iklan

Menhan Prabowo ke Filipina Bahas Pembebasan WNI Tawanan Abu Sayyaf

Gema.id – Menteri Pertahanan (Menhan) Republiki Indonesia Prabowo Subianto akan mengadakan pertemuan dengan Menhan Filipana beberapa hari ke depan. Pertemuan dengan keduanya akan membahas beberapa hal di antaranya yang ramai dibicarakan adalah Pembebasan WNI Sandera Abu Sayyaf.

“Pak Praboowo akan bertemu dengan Menhan Filipina di Manila beberapa hari ke depan untuk membahas hal tersebut (satu orang yang masih disandera),” kata Jubir Prabowo, Danhil Anzar Simanjuntak pada keterangan pers yang diterima, Kamis (26/12/2019).

Selain itu, inti dari pertemuan keduanya melingkupi hal lain seperti langkah-langkah pencegahan penculikan nelayan Indonesia agar tidak terulang lagi.

Sebelumnya diketahui dua dari tiga orang WNI yang disandera Abu Sayyaf selama 90 hari telah dibebaskan melalui operasi militer yang melibatkan militer negara tetangga Filipina. Sementara satu orang lainnya masih disandera dan tengah berupaya dibebaskan.

“Sekaligus berterima kasih karena dalam telah membantu pembebasan dua orang nelayan Indoensia, Juga bicara soal langkah pencegahan agar penculikan tidak lagi terulang. Termasuk [nantinya] dengan Malaysia,” kata Danhil.

Ketiga orang itu adalah Maharudin Lunani (48) dan anaknya Muhammad Farhan (27) serta kru kapam Samiun Maneu (27).

Tak hanya itu dalam upaya pembebasan diketaui pula satu anggota militer Filipina dinyatakan tewas setelah dalam upaya pembebasan mereka saling adu tembak.

Dalam penyenderaan tersangka meminta uang tebusan sebanyak Rp8 miliar, hal ini diketahui dalam rekaman halaman facebook.

Beri tanggapan