fbpx
Pasang iklan

Mengenang Ciputra, Pebisnis Ulung Raja Properti Indonesia

Gema.id – Founder Ciputra Group, Ir Ciputra meninggal dunia pada Rabu, 27 November 2019 kemarin tepatnya pukul 01:05 waktu Singapura. Ciputra meninggal di usia 88 tahun di Rumah Sakit Gleneagles Hospital Singapore.

Ciputra merupakan salah satu baron properti kenamaan di Tanah Air. Tak hanya founder Ciputra Group ia juga merupakan pendiri Jaya Group, Metropolitan Group, Pondok Indah Group, dan yang mungkin paling dikenal sebagai tempat wisata ternama di Indonesia, Ancol, Ciptura merupakan founder Jaya Ancol.

Di bidang properti Ciputra adalah pendiri asosiasi properti terbesar di Indonesia, Real Estate Indonesia (REI).

Ciputra lahir lalu diberi nama Tjie Tjin Hoan, 24 Agustust 1931 di Parigi, Sulawesi Tengah. Masa-masa kecil Ciputra dinaungi kegetiran, sewaktu kecil ayahnya ditangkap polisi milliter Jepang pada 1943 dengan tuduhan sebagai mata-mata Belanda.

Berbagai pengalaman pahit yang dihadapi dalam hidupnya membentuk mental tangguh Ciputra sehingga dikenal sebagai salah satu pebisnis yang bergelimang kesuksesan, dengan mendirikan beberapa perusahaan pada bidang properti.

Di usia Ciputra Group yang ke-38, mereka menerbitkan buku berjudul “The Passion of My Life” yang ditulis oleh Alberthiene Endah, buku yang menceritakan tentang kisah hidup Ciputra dan bagaiamana ia jatuh bangun sehingga seperti saat ini namanya sukses membangun Ciputra Group.

Dalam perjalanan  studinya, Ciputra merupakan lulusan ITB Bandung, lulus dari sana Ciputra hijrah ke Jakarta dan memulai karirnya, mula-mula memimpin pembangunan Jaya Group. Pada masa itu Ciputra duduk sebagai Direktur Utama Jaya Group. Kemudian mendirikan perusahaan keluarga Cipura Group yang eksis hingga saat ini.

Ciputra Group kini menjadi salah satu pengembangan Indonesia yang paling terdiverfikasi dari segi produk, lokasi dan segmen pasar. Dan go public pada tahun 1994, dan telah memiliki 2 anak perusahaan PT Ciputra Surya Tbk, dan PT Ciputra Property Tbk.

Kini Ciputra telah berpulang dan jenazahnya akan di makamkan pada 5 Desember di pemakaman keluarga Jonggol, Bogor, Jawa Barat.  

Meski demikian harapan Ciputra untuk melahirkan banyak pebisnis andal di Indonesia tidak pernah redup, dengan perwujudan mendirikan Universitas Ciputra, lembaga akademis pertama yang berfokus pada pendidikan entrepreneurship di Indonesia.

“Seorang entrepreneur adalah seseorang yang inovatif dan mampu mewujudkan cita-cita kreatifnya oeh karena itu seorang enterpreneur akan mengubah padang ilalang jadi kota baru, pembuangan sampah menjadi resort yang indium, kawasan kumuh menjadi pencakar langit tempat ribuan orang yang bekerja. Entrepeneur mengubah kotoran dan rongsokan menjadi emas,” kata Ciputra.   

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)