fbpx
Pasang iklan

Liga 1 2018 : Penonton Tewas saat Laga Persija vs Persib, Ini Langkah yang Akan Ditempuh LIB

(Gema) – Sepak bola Indonesia kembali berduka. Satu penonton meninggal dunia sesaat sebelum pertandingan pekan ke-23 Liga 1 2018 antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta, Minggu (23/9/2018). Penonton yang meninggal dunia tersebut berinisial HS. HS menjadi korban kebrutalan beberapa oknum penonton yang ini telah ditangkap pihak kepolisian setempat. Terkait hal itu PT Liga Indonesia Baru (LIB) ikut berduka cita.

“Kami menyampaikan prihatin atas peristiwa tersebut. PT LIB selalu berusaha keras untuk menghilangkan segala bentuk kekerasan dalam sepak bola,” tutur Risha Adi Widjaya, CEO PT LIB seperti dikutip dari website Liga 1, Senin (24/9/2018).

Untuk langkah berikutnya, PT LIB akan melihat fakta tersebut sebagai kejadian yang sangat serius. Operator kompetisi Liga 1 2018 itu akan berkoordinasi dengan semua pihak yang terkait untuk bisa menyelesaikan persoalan sesuai dengan tugas dan wewenangnya masing-masing.

“Kepada semua elemen pemangku sepak bola nasional, mari berkomitmen agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Mari sama-sama menempatkan sepak bola sebagai pemersatu bangsa,” kata Risha Adi Widjaya.

5 Pengeroyok Suporter Persija Haringga Sirila Hingga Tewas

Korban tewas yang diduga di keroyok sekelompok orang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat sebelum laga Persib Bandung melawan Persija Jakarta pada Minggu (23/9/2018) terverifikasi bernama Haringga Sirila (23), warga Bangunusa Kelurahan Cengkareng Timur Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

“Dari identitas yang kami peroleh, korban tercatat sebagai warga Jakarta Barat,” kata Kasatreskrim Polrestabes Bandung, AKBP M Yoris Maulana di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa.

Haringga tewas dikeroyok karena diduga dia suporter Persija Jakarta, The Jak Mania. Pengeroyokan sadis pun tak terelakkan, hal itu terlihat dari rekaman video yang beredar di kalangan pewarta di Kota Bandung.

Liga 1 2018 :  Penonton Tewas saat Laga Persija vs Persib, Ini Langkah yang Akan Ditempuh LIB
Wajah lima oknum bobotoh pengeroyok Haringga Sirila, suporter Persija di Stadion GBLA. Bandung, Jawa Barat – Tribunnews.com

“Tapi saya belum bisa memberikan keterangan apakah korban pendukung Persija atau bukan. Bisa saja korban sedang belajar di Bandung dan nonton bola di sini. Nanti setelah pemeriksaan selesai baru ketahuan,” kata Yoris.

‎Lima orang pria berkostum ciri khas suporter Persib Bandung digelandang ke Mapolrestabes Bandung, Minggu (23/9/2018) malam. Pantauan Tribun Jabar, satu diantara mereka tangannya diikat.

“Mereka yang terlibat aksi pengeroyokan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) tadi,” kata Wakasatreskrim Kompol Supadma di Gedung Reskrim Polrestabes Bandung.

Pantauan Tribun Jabar, mereka di data oleh anggota polisi satu persatu. Identitas mereka di antaranya bernama Aditya (19), Satria (18)‎, Satria (17), Goni Abdurahman (20) satu orang lagi belum teridentifikasi namanya. Selain mereka, tampak lima orang lain ditempatkan terpisah.

“Mereka saksi,” kata seorang polisi.

Sudah 6 Mati Sia-sia

Kasus kematian suporter Persija atau Persib menjadi masalah serius sepakbola Indonesia. Koordinator Save Our Soccer Akmal Marhali dalam siaran persnya, Minggu (23/9/2018) menyesalkan kejadian yang terus berulang. Berdasarkan catatannya, sejak 2012, laga Persib VS Persija sudah menelan enam nyawa suporter.

“Sayangnya, hal ini tidak mendapatkan perhatian khusus dari pssi, pihak klub, dan pihak keamanan. Akhirnya satu nyawa lagi melayang saat laga Persib vs Persija di Stadion GBLA. Haringga Sirila tewas akibat dikeroyok,” katanya.

Menurutnya, nyawa sangat murah di sepakbola Indonesia. “Tak pernah ada penyelesaian baik secara hukum sepakbola maupun hukum kriminalitas secara tuntas. Akhirnya, dianggap membunuh menjadi hal biasa di sepakbola indonesia. Karena tidak ada antisipasi dan penanganan kasus secara serius dan tuntas,” ungkapnya.

Menurutnya, PSSI dan Pemerintah harus tegas dalam memberikan sanksi terhadap aktivitas sepakbola yang menyebabkan tumbal nyawa. Berikut enam nyawa yang hilang sejak 2012 baik Suporter Persija maupun Persib.

  1. Rangga Cipta Nugraha, 22 tahun, (Bobotoh) 27-05-2012 Persija vs Persib Tusukan senjata tajam.
  2. Lazuardi, 29 tahun (Bobotoh) 27-05-2012 Persija Vs Persib Pengeroyokan.
  3. Dani Maulana, 17 tahun (Bobotoh) 27-05-2012 Persija Vs Persib Pengeroyokan.
  4. Gilang, 24 (The Jakmania Pekalongan) 06-11-2016 Perjalanan pulang usai Persija vs Persib di Stadion, Manahan, Solo Jatuh dari kendaraan.
  5. Harun Al Rasyid Lestaluhu alias Ambon, 30 (The Jakmania Kali Malang) 06-11-2016 Perjalanan pulang usai Persija vs Persib di Stadion, Manahan, Solo Pengeroyokan di Tol Palimanan, Cirebon.
  6. Haringga Sirilla, tewas Dikeroyok di Bandung, 23 September 2018.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)