fbpx
Pasang iklan

Lembaga Konsumen YLKI : Meikarta Urutan Pertama Pengaduan Konsumen Tahun 2019

Gema.id – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat Meikarta menempati posisi pertama dalam hal yang paling banyak diadukan kosunsumen sepanjang tahun 2019 lalu.

Angka pengaduan perusahaan yang dikembangkan PT Lippo Cikarang Tbk, mencapai 7,4 persen atau sebanyak 81 kasus pengaduan untuk sektor perumahan (properti). Adapun pengaduan yang disampaikan oleh konsumen adalah masalah keterlambatan dan melesetnya jadwal serah terima kunci.

Bukan hanya Meikarta beberapa perusahaan properti lainnya juga mendapatakn penganduan berdasarkan laporan YLKI di antaranya, apartemen Sentra Resicende, Jajabeka Riverview, Mentereng Park, dan Jakarta Pavilion.

Tak hanya itu sejumlah nama-nama pengembang beken tercatat mendapatkan banyak pengaduan sepanjang tahun lalu, sebut saja PT Bakrie Pangipta Loka yang merupakan KSO PT Bakrieland Development Tbk dan Perumnas, PT Jababeka Tbk, Agung Sedayu Grup, Sahid Inti Dinamika, PT PP Properti Tbk, Hutama Karya Realtindo, Fairpoint Reality Indonesia, dan Ciputra Group.

Baca Juga: Mengenang Ciputra, Pebisnis Ulung Raja Properti Indonesia

Hal tersebut menempatkan penagaduan konsumen sektor perumahan menempati urutan kedua dalam hal pengaduan dengan angka 14,4 persen atau 81 kasus, posisi pertama masih ditempati pengaduan sektor finansial dengan 98 kasus.

“Pengaduan sektor perumahan terbanyak adalah masalah pembangunan atau delivery dengan presentasi 26,1 persen,” kata Ketua YLKI Tulus Abadi berdasarkan keterangan pers yang diterima, Kamis (16/1/2020).

Pengaduan berikutnya dilatarbelakangi oleh pengambilan uang tanda jadi (booking fee), dan uang muka (down payment), sebanyak 23,8 persen dari total pengaduan perumahan.

Selain itu beberapa latar belakang lainnya yang membuat konsumen melakukan pengaduan pada sektor perumahan adalah masalah dokumen, spesifikasi bentuk bangunan  yang tidak sesuai brosur, keluhan sistem transaksi, dan sengketa penghuni.

Beri tanggapan