fbpx
Pasang iklan

Kunci Jawaban Pertayaan – Apakah Pengaruh Rantai Makanan Terhadap Tatanan Makhluk Hidup

...

Gema.Id – Salah satu pertanyaan dari program belajar di rumah yang tayang di TVRI pada Selasa (21/4/2020) memberikan tiga pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta, tiga pertanyaan itu adalah :

  1. Apa pengaruh rantai makanan terhadap tatanan, susunan makhluk hidup dalam suatu ekosistem?
  2. Apa perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring makanan?
  3. Bagaimana hubungan interaksi antara makhluk hidup yang mendiami habitat dalam suatu ekosistem? Tuliskan contoh-contohnya! JAWABAN

Adapun jawaban dari tiga pertanyaan sebagai berikut :

1. Apa pengaruh rantai makanan terhadap tatanan, susunan makhluk hidup dalam suatu ekosistem?

Jawaban – Rantai makanan adalah proses saling makan dan dimakan yang terjadi di alam yang tujuannya untuk menjaga keberlangsungan kehidupan di alam. Setia rantai makanan yang ada di dalam telah menempati posisinya secara hirarki yakni bertingkat dari bawah sampai atas, adapun tingkata tersebut adalah

  1. Produsen – Posisi paling bawah dari rantai makan atau penyedia energi dasar, posisi ini di isi oleh Tumbuhan seperti rumput, semak dan sejenisnya
  2. Konsumen Tingkat I – Posisi ini diisi oleh hewan-hewan herbivora pemakan tanaman dimana mereka mendapatkan makanan langusng dari tanama, seperti ulat bulu, burung pemakan buah, tikus, kambing dan sejenisnya
  3. Konsumen tingkat II – Posisi ini diisi oleh hewan-hewan karnivora yang memangsa hewan-hewan yang lebih kecil seperti Burung pemakan serangga yang memakan ulat, ular sawah yang memakan tikus, elang yang mekakan burung pemakan buah.
  4. Konsumen tingkat III – Posisi ini diisi oleh hewan predator yang memiliki urutan paling atas atau tidak ada lagi hewan pemangsanya seperti Harimau, Elang, Singa dan sejenisnya.

Di alam, jumlah ideal mahluk hidup berdasarkan posisinya di rantai makanana membentu piramida energi dimana produsen dengan posisi paling bawah sehingga memiliki jumlah yang lebih banyak, kemudian konsumen tingkat II yang lebih sedikit sampai pada Konsumen tingkat III akan mememiliki jumlah yang paling sedikit, seperti pada gambar di bawah ini :

Gambar Rantai Makanan dan jaring jaring makanan
Piramida Rantai Makanan

Bentuk Piramida ini adalah bentuk paling ideal karena 1 ekor ulang mungkin akan memakan tikus sebanyak 20 ekor, lalu satu tikus akan memakan beartus-ratus batang tanaman padi agar bisa tumbuh besar, jika salah satu dari rantai makanan ini hilang, maka akan terjadi ketimpangan di alam.

Misalnya jika populasi Padi hilang, maka keberadaan tikus akan terancam punah, jika tikus punah maka hewan yang memangsa tikus juga akan ikut punah, hal serupa juga terjadi jika Ular Hilang, maka jumlah tikus akan meningkat drastis sehingga akan ada lebih banyak tikus yang memakan batang padi, sampai akhirnya padi punah dan tikus pun ikut punah.

2. Apa perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring makanan?

Rantai makanan hanya memberikan penjelasan mengenai satu proses perpindahan energi semata, mulai dari Padi dimakan Tikus, Tikus Dimakan Ular, Ular dimakan Elang, tanpa perlu mempertimbangkan adanya kemungkinan interaksi di luar organisme yang masuk dalam rantai makanan

Gambar Rantai Makana pada ekosistem sawah
Rantai Makanan

Namun dalam dunia nyata, Tikus bukanlah satu-satunya hewan yang memakan padi sehingga ketersediaan populasi Padi juga mempengaruhi organisme lain seperti burung pipit yang memakan gabah. Burung Pipit ini kemudian dimakan oleh hewan lain seperti burung hantu, atau elang.

Dalam kasus ini Padi merupakan bagian dari dua makanan yakni dimakan tikus dan juga dimakan burung pipit, tikus pun dimakan elang tapi bisa juga dimakan oleh Ular, yang nanti ulangnya dimakan lagi oleh Elang.

Sehingga dapat disimpulkan jika rantai makanan adalah bagian dari Jaring-jaring makanan, sedangkan Jaring-Jaring Makanan adalah interkasi perpndahan energi melalui proses makan dimakan yang terjadi di sebuah ekosistem.

Gambar Rantai Makan yang terjadi di alam
Jaring-Jaring Makanan

3. Bagaimana hubungan interaksi antara makhluk hidup yang mendiami habitat dalam suatu ekosistem?

Dalam Ekosistem hubungan yang terjadi tidak hanya melibatkan organisme atau mahluk hidup dengan mahluk hidup lainnya tapi juga hubungan antara komponen abiotik dan biotik, sebut saja sinar matahari akan berpengaruh langusng terhadap banyaknya jumlah rumput yang tumbuh.

Kondisi air yang aman, tidak beracun dan kaya oksigen akan berdampak pada pertumbuhan populasi ikan yang baik. Populasi ini menunjang kehidupan burung pemakan ikan seperti Burung Bangau dan Burung Pelikan.

Konsisi suhu di Ekosistem juga ikut berpengaruh seperti suhuyang terlalu panas akan membuat ekosistem gurun terbentuk sedangkan suhu yang terlalu dingin akan membuat ekosistem kutub terbentuk.

Ekosistem Laut dengan terumbu karang
Ekosstem Terumbu Karang Dangkal

Hubungan yang antara mahluk hidup atau organisme yang terjadi sebuah ekosistem haru terjaga dengan stabil tidak boleh ada ledakan populasi secara berlebih di tingkat Konsumen, kecuali pada tingkat produsen sebagai rantai makan paling rendah.

Jika jumlah dari salah satu konsumen meledak maka akan membuat organisme atau mahluk hidup yang berada dibawahnya akan punah sehingga menghasilkan efek berantai sampai akhirnya populasi yang tadinya jumlah meningkat akan ikutan punah.

Beri tanggapan