fbpx
Pasang iklan

KPU Imbau Peserta Pemilu Tidak Kampanye di Kawasan Bencana

GEMA, JAKARTA – Wahyu Setiawan, Komisioner Komisi Pemberantasan Umum (KPU) mengatakan bahwa KPU tidak bisa menghentikan tahapan kampanye di Pemilu 2019. KPU hanya mengimbau capres dan cawapres serta peserta pemilu lainnya tidak kampanye di kawasan bencana.

“Kami berharap para peserta pemilu, partai politik maupun calon anggota DPD bisa mengikuti seruan moral. Komitmen pasangan capres-cawapres untuk tidak melakukan kampanye di kawasan bencana,” ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan, di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, pada Selasa, 02 Oktober 2018.

Kendati demikian, KPU tidak dapat melarang peserta pemilu untuk berkampanye, termasuk pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Hal ini dikarenakan kampanye merupakan hak peserta, sehingga kampanye atau tidaknya peserta pemilu bukan sebuah pelanggan.

“Tetapi KPU juga tidak bisa melarang bila terjadi kampanye di daerah tersebut karena orang tidak berkampanye juga kan bukan pelanggaran,” ujar Wahyu.

Menurut Wahyu, KPU tidak bisa menghentikan tahapan kampanye. KPU mengapresiasi sikap peserta pemilu yang tidak berkampanye didaerah bencana.

“Jadi sikap KPU jelas, KPU tidak bisa menghentikan tahapan kampanye karena ini UU. Tetapi KPU pada sisi yang lain kami apresiasi sikap peserta pemilu, yang tidak akan berkampanye di daerah bencana karena jika kampanye dilakukan di daerah bencana itu bisa menciderai rasa kemanusiaan,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan saran kepada elite politik di tengah bencana alam yang sedang melanda Sulawesi Tengah. SBY mengimbau agar kampanye Pilpres 2019 dihentikan sementara. Pernyataan SBY tersebut disampaikan dalam video yang berdurasi 3.20 detik. Terlihat SBY berdiri di depan kamera dengan latar peta Indonesia.

“Dan dalam keadaan seperti ini, saya berpendapat dan menyarankan agar untuk sementara waktu, paling tidak untuk Sulteng, di Palu, di Donggala dan di sekitarnya itu kegiatan kampanye pemilu dihentikan,” kata SBY.

SBY juga mengatakan bahwa saatnya bangsa Indonesia menunjukkan solidaritas untuk saudara sebangsa yang mengalami musibah dan sekaligus membantu pemerintah mengatasi bencana itu. Bantuan diberikan baik pada fase tanggap darurat hingga rehabilitasi dan rekonstruksi.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)