fbpx
Pasang iklan

Konsumsi 5 Makanan Ini agar Daya Ingat Meningkat dan Kesehatan Otak Terjaga

Gema – Asupan makanan yang sehat tak hanya memberi efek yang baik untuk tubuh melainkan baik juga untuk otak. Namun, sampai saat ini belum ada makanan yang diklaim dapat menyembuhkan berbagai macam gangguan yang menyerang otak seperti demensia atau alzheimer atau demensia. Mengonsumsi makanan yang sehat hanya dapat menjaga kesehatan otak anda. Berikut daftar makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan otak dan juga untuk meningkatkan daya ingat.

1. Kacang Kenari

Konsumsi 5 Makanan Ini agar Daya Ingat Meningkat dan Kesehatan Otak Terjaga
Kacang Kenari – acehimage.com

Kacang kenari termasuk ke dalam makanan yang baik untuk otak. Kenari ini memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak dibandingkan dengan beberapa jenis kacang yang lainnya, baik itu kacang tanah maupun almond. Tak hanya itu, kacang ini juga mengandung docosahexaenoic acid (DHA) dengan konsentrasi yang tinggi. DHA tersebut yang dapat bekerja untuk melindungi otak dan membuat kinerja kognitif menjadi meningkat, terkhusus orang dewasa.

Selain kedua kandungan tersebut, kacang kenari juga kaya akan omega-3. Omega-3 ini dipercaya dapat membantu kerja dari sel-sel otak sehingga lebih maksimal dan juga dapat memperbaiki sel otak. Selain itu, omega-3 ini memiliki essensial yang baik untuk kesehatan otak, baik itu otak bayi maupun otak orang dewasa.

2. Blueberry

Konsumsi 5 Makanan Ini agar Daya Ingat Meningkat dan Kesehatan Otak Terjaga
Blueberry – stylecraze.com

Buah yang warnanya biru ini memiliki kandungan antioksidan dengan kadar yang sangat tinggi. Karena itu, buah ini dipercaya dapat melindungi sel otak yang mengalami kerusakan. Selain antioksidan, buah ini juga mengandung vitamin C, B6, B2, K dan vitamin E.

Mengonsumsi buah blueberry maka akan menangkal radikal bebas dan menyalurkan oksigen ke sel otak. Selain itu, buah ini juga dapat mengurangi risiko terjadinya demensia dan mengurangi efek yang akan muncul ketika Alzheimer menyerang.

3. Rumput laut 

Konsumsi 5 Makanan Ini agar Daya Ingat Meningkat dan Kesehatan Otak Terjaga
Rumput Laut – Hellosehat.com

Rumput laut juga merupakan tanaman yang baik untuk kesehatan otak. Tanaman laut ini memiliki kandungan magnesium. Magnesium ini merupakan nutrisi yang mampu mengurangi stress dan melindungi otak dari efek stres yang bisa terjadi. Selain magnesium, rumput laut juga mengandung lignan. Lignan ini berkaitan dengan kinerja kognitif pada wanita setelah mengalamai menopause. Rumput laut juga mampu membuat memori otak menjadi meningkat.

4. Salmon 

Konsumsi 5 Makanan Ini agar Daya Ingat Meningkat dan Kesehatan Otak Terjaga
Salmon – seriouseats.com

Salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 dalam jumlah yang cukup banyak. Omega-3 ini sangat baik untuk kesehatan otak. Terdadap 3 bentuk utama dari omega-3 yaitu DHA (Docosahexaenoic Acid), EPA (Eiocosapentaenoic Acid) dan ALA (Alpha-Linolenat Acid). DHA inilah yang merupakan asam lemak yang mampu melindungi sel saraf pada otak sehingga mencegah terjadinya peradangan jika otak terluka. DHA ini akan berkurang jika usia semakin bertambah. Kurangnya DHA bisa membuat fungsi kognitif menjadi menurun.

Dengan mengonsumsi ikan salmon ini juga dipercaya dapat mencegah terjadinya penyakit alzheimer, mengurangi stres dan juga dapat melindungi jantung. Mengonsumsi ikan salmon dengan rutin juga dapat membuat kemampuan mengingat dan menyimpan informasi menjadi meningkat.

5. Brokoli

Konsumsi 5 Makanan Ini agar Daya Ingat Meningkat dan Kesehatan Otak Terjaga
Brokoli – Inspiradata.com

Brokoli ini mengandung dua nutrisi yang sangat berperan penting dalam peningkatan fungsi otak. Nutrisi tersbeut adalah viitamin K dan choline. Vitamin K ini mampu membuat kemampuan kognitif menjadi meningkat, sedangkan choline mampu meningkatkan daya ingat.

Selain itu, brokoli juga mengandung asam folat. Asam ini juga merupakan unsur yang dapat menangkal terjadinya penyakit alzheimer. Namun yang perlu anda ketahui yaitu kekurangan asupan asam folat makan memicu terjadinya depresi.

Itulah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan otak.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)