fbpx
Pasang iklan

Ketahui Manfaat dan Cara Penggunaan Rosemary Essential Oil

...

Gema – Rosemary (Rosmarinus officinalis) adalah semak cemara dengan daun yang berbentuk seperti jarum dan aroma berbau seperti aroma kayu. Meskipun paling dikenal sebagai bumbu makanan, tanaman ini adalah salah satu tanaman aromatik dan obat yang paling populer di seluruh dunia. Karena minyak rosemary digunakan dalam pengobatan tradisional, sekarang banyak ilmuwan yang menguji potensi manfaat kesehatannya.

Manfaat penggunaan Rosemary Essential Oil

1. Dapat Meningkatkan Fungsi Otak
Di Yunani kuno dan Roma, rosemary dianggap dapat memperkuat memori. Penelitian menunjukkan bahwa menghirup minyak rosemary membantu mencegah pemecahan asetilkolin, zat kimia otak yang penting untuk berpikir, konsentrasi dan memori. Ketika 20 orang dewasa ditanya pertanyaan matematika di ruangan kecil yang disebarkan dengan minyak rosemary, kecepatan dan ketepatan mereka meningkat sesuai proporsi minyak yang disebarkan.

Selain itu, tingkat darah mereka dari senyawa rosemary tertentu juga meningkat – menggambarkan bahwa rosemary dapat masuk ke dalam tubuh Anda melalui pernapasan. Demikian pula, mahasiswa keperawatan yang menghirup minyak rosemary saat mengambil tes melaporkan peningkatan konsentrasi dan ingatan informasi dibandingkan dengan menghirup minyak lavender atau tanpa minyak esensial sama sekali.

Penelitian lain menunjukkan bahwa menghirup rosemary dan minyak esensial lainnya dapat meningkatkan fungsi otak pada orang dewasa yang lebih tua dengan demensia, termasuk mereka dengan penyakit Alzheimer.

Perlu diingat bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

2. Merangsang Pertumbuhan Rambut
Salah satu jenis rambut rontok yang paling umum adalah alopecia androgenetik, yang lebih dikenal sebagai kebotakan pola pria, meskipun juga dapat menyerang wanita. Minyak rosemary dapat mencegah alopecia androgenetic dengan mencegah sampingan testosteron dari menyerang folikel rambut Anda, yang merupakan penyebab kondisi ini.

Ketika pria dengan alopecia androgenetik memijat minyak rosemary encer ke dalam kulit kepala dua kali sehari selama enam bulan, mereka mengalami peningkatan ketebalan rambut yang sama dengan mereka yang menggunakan minoxidil (Rogaine), obat penumbuh rambut yang umum. Selain itu, mereka yang menggunakan minyak rosemary melaporkan gatal kulit kepala lebih sedikit dibandingkan dengan minoxidil, yang menunjukkan bahwa rosemary mungkin lebih dapat ditoleransi.

Penelitian lain menunjukkan bahwa minyak rosemary dapat melawan rambut rontok, atau alopecia areata, yang mempengaruhi hingga setengah populasi di bawah usia 21 dan sekitar 20% orang di atas 40. Ketika orang-orang dengan alopecia areata mengoleskan campuran minyak esensial rosemary ke kulit kepala mereka setiap hari selama tujuh bulan, 44% menunjukkan perbaikan pada kerontokan rambut mereka dibandingkan dengan hanya 15% pada kelompok kontrol.

3. Dapat Meredakan Stres
Banyak faktor yang dapat menyebabkan stres. Menghirup minyak rosemary dapat membantu mengurangi stres. Ketika mahasiswa keperawatan menghirup minyak rosemary dari inhaler sebelum dan selama waktu tes, denyut nadi mereka menurun sekitar 9% – sementara tidak ada perubahan signifikan yang terjadi tanpa rosemary oil.

Karena peningkatan denyut nadi mencerminkan stres jangka pendek dan kecemasan, minyak rosemary secara alami dapat mengurangi stres (21). Selain itu, ketika 22 orang dewasa muda menghirup minyak rosemary selama 5 menit, air liur mereka memiliki kadar hormon kortisol hormon yang lebih rendah 23% dibandingkan dengan mereka yang mencium senyawa non-aromatik. Peningkatan kadar kortisol dapat menekan sistem kekebalan Anda, berkontribusi terhadap insomnia dan menyebabkan perubahan suasana hati, di antara masalah potensial lainnya

4. Dapat Meningkatkan Sirkulasi Darah
Sirkulasi yang buruk adalah keluhan umum. Jika Anda mengalami jari tangan dan kaki dingin – bahkan dalam suhu yang relatif hangat – minyak rosemary layak digunakan. Dalam sebuah penelitian, seorang wanita dengan penyakit Raynaud – yang merusak sirkulasi – memijat tangannya dengan campuran minyak rosemary, menemukan bahwa minyak itu membantu menghangatkan jari-jarinya lebih dari minyak yang lain. 

Jika Anda memiliki penyakit Raynaud, pembuluh darah di jari-jari tangan dan kaki Anda menyempit saat Anda kedinginan atau stres, menyebabkan kehilangan warna dan menjadi dingin. Minyak rosemary dapat membantu dengan memperluas pembuluh darah Anda, sehingga menghangatkan darah Anda sehingga mencapai jari-jari tangan dan kaki lebih mudah..

5. Dapat Mengurangi Peradangan
Bukti awal menunjukkan bahwa minyak rosemary dapat membantu mengurangi peradangan jaringan yang dapat menyebabkan pembengkakan, nyeri dan kekakuan. Ini dapat dilakukan dengan menghentikan migrasi sel darah putih ke jaringan yang terluka untuk melepaskan bahan kimia inflamasi. Ketika orang-orang dengan rheumatoid arthritis diberi pijat lutut 15 menit menggunakan campuran minyak rosemary tiga kali seminggu, mereka mengalami 50% penurunan nyeri lutut inflamasi dalam dua minggu, dibandingkan dengan penurunan 12% pada mereka yang tidak diberi minyak. Rheumatoid arthritis adalah kondisi autoimun di mana sistem kekebalan tubuh Anda sendiri menyerang jaringan, seperti lutut dan sendi lainnya, melukai lapisan sendi dan menyebabkan peradangan.

Itulah berbagai manfaat drai Rosemary Essential Oil.

Beri tanggapan