fbpx
Pasang iklan

Kendala Parpol saat Memasukkan Data ke Silon

(Gema – Jakarta)  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia mengamati sekaligus memperhatikan jalannya pendaftaran calon anggota Dewan Perwakilan Rakyart (DPR) RI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi,dan Kabupaten/Kota dalam Pemilu 2019.

Lembaga Pengawas Pemilu menemukan beberapa kendala dalam pendaftaran caleg melalui partai politik, tepat sehari sebelum penutupan pendaftaran, Senin (16/7/2018)

Penggunaan Sistem Informasi (silon) merupakan salah satu kendala yang dihadapi.

Mochammad Afifudin selaku Anggota Bawaslu RI mengungkapkan bahwa pengunduhan formulir maupun upload data (silon) merupakan kendala yang temukan oleh beberapa partai politik.

“Dalam proses pendaftaran beberapa partai politik sedikit mengalami kendala saat upload data menggunakan (silon) hal tersebut membuat pendaftarannya ke KPU mengalami penundaan,” ungkap Afif, saat diwawancarai di kantor Bawaslu RI, Senin, (16/7/2018)

Dia menambahkan, dari laporan beberapa partai politik yang diterima oleh pihaknya adalah dalam upload data (silon) tidak  sedikit mengalami kesusahan dan tidak berjalan dengan semestinya.

Diketahui faktor penyebab dari masalah ini adalah jaringan yang mengalami sedikit gangguan.

Dari pantauannya sendiri terjadi kepadatan luar biasa saat mengakses silon, ini dimulai pada hari minggu tanggal 14 juli malam hari sampai dengan minggu tanggal 15 juli.

Hal ini membuat Liaison Officer (LO) mengalami kendala untuk mengupload data

“Beberapa pengguna ada yang membuat istilah silon yang menjadi sistem Alon-Alon(pelan-pelan).informasi tersebut dari beberapa LO (perwakilan Partai Politik) kendala dari jaringan,”tambahnya

Hal lain yang dikeluhkan dari masalah upload data ke silon, Afif juga mengakui, penilaian partai politik mengenai kebijakan KPU mengenai upload data caleg merupakan hal yang susah dan menyulitkan.

Ini dikarenakan, setiap parpol diharuskan membuat masing-masing profil dari jumlah caleg yang di daftarkan.

“Dari bnyaknya laporan yang masuk adalah keluhan mengenai pengisian banyak detail, yang membuat persiapan sedikit lebih extra untuk menguploadnya ke silon.hal ini juga harus melibatkan beberapa pihak profilling maupun keterangan,” katanya

Dia mengakui sebelumnya bahwa Bawaslu RI sudah memperingati KPU RI agar para peserta pemilu 2019 untuk mengikuti pesta demokrasi rakyat pada 2019 mendatang.

“Pernah diingatkan sebelumnya, KPU hal teknis untuk tidak menghalangi para peserta pemilu,”katanya.

KPU sendiri sudah menetapkan jadwal pendaftaran bagi caleg di berbagai tingkatan pada 4-17 juli.

Tetapi, saat ini, hanya partai NasDem yang sudah melengkapi datanya di tingkat DPR RI.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)