fbpx
Pasang iklan

Kenali Vitamin dan Mineral yang Dapat Mengatasi Masalah Jerawat

Gema – Munculnya jerawat bukan menjadi hal yang dinanti. Jerawat bisa memberi berbagai efek buruk, baik itu dari segi penampilan dan juga segi kesehatan. Hal tersebut yang membuat kebanyakan orang menghindari kemunculan jerawat.

Penyebab jerawat setiap orang berbeda-beda. Namun kebanyakan, jerawat disebabkan karena meningkatnya hormon androgen. Hormon ini dapat membuat produksi minyak berlebih pada kelenjar minyak. Hal tersebut membuat dinding sel pada wajah menjadi rusak dan bakteri dapat berkembang. Berbagai cara dilakukan agar dapat mengatasi masalah jerawat. Hal pertama yang perlu diketahui yaitu apa saja yang dapat mengatasi jerawat. Salah satu yang dapat menyingkirkan jerawat yaitu dengan memperbaiki pola makan dan asupan nutrisi.

Makanan yang sehat yaitu ketika asupan nutrisinya terpenuhi, seperti vitamin dan mineral. Ketika asupan vitamin dan mineral dalam tubuh tidak terpenuhi, maka akan menyebabkan terjadinya defisiensi atau kekurangan. Kurangnya asupan vitamin dalam tubuh dapat menyebabkan masalah komplikasi, salah satunya yaitu munculnya jerawat. Vitamin sangat berperan di dalam sel, jaringan, organ dan enzim dalam tubuh. Vitamin berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri dan antiperadangan. Hal tersebut yang membuat vitamin dapat mengatasi masalah jerawat. Berikut beberapa vitamin dan mineral yang dapat anda konsumsi untuk mengatasi jerawat.

1. Vitamin A

Vitamin ini mengandung isotretinoin yang dapat menyembuhkan peradangan akibat jerawat. Vitamin A juga berperan dalam proses penggantian sel kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih (sebum). Ketika anda memilih mendapatkan asupan vitamin A dari suplemen sebaiknya jangan mengonsumsinya berlebihan. Vitamin yang berlebih dalam tubuh bisa saja akan menjadi racun.

Vitamin A juga mengandung retinoid. Retinoid ini dapat menyembuhkan kulit dalam waktu yang cepat, namun kekurangannya retinoid membuat kulit rentan terkena paparan sinar matahari. Jadi sebaiknya, hindari paparan sinar matahari secara langsung jika sedang menjalani pengobatan jerawat.

2. Zinc

Salah satu mineral yang dapat menyembuhkan jerawat yaiu zinc. Mineral ini dapat membantu menghambat produksi minyak berlebih dan melawan terjadinya infeksi bakteri. Menurut The Institute of Medicine yang dilansir dari hellosehat.com, asupan yang direkomendasikan untuk orang dewasa sekitar 8-11 mg per hari. Ada bukti bahwa 30 mg merupakan batas aman untuk membantu penyembuhan jerawat, tapi yang perlu diperhatikan bahwa asupan zinc yang terlalu tinggi dapat membahayakan tubuh. Jadi sebaiknya konsumsilah sesuai kadar yang disarankan.

3. Vitamin E

Vitamin E dikenal sangat bermanfaat untuk kulit. Vitamin E mengandung antioksidan dengan kadar yang cukup tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya peradangan.

4. Nicotinamide

Nicotinamide berasal dari vitamin B3. Zat ini pernah digunakan secara langsung untuk mengatasi masalah jerawat. Menurut penelitian dari Journal of the Turkish Academy of Dermatology pada tahun 2008, yang dikutip situs hellosehat.com, mengatakan bahwa mengoleskan gel nicotinamide 4% dalam waktu 8 minggu dapat menurunkan level jerawat yang muncul pada orang yang memiliki jerawat ringan, atau sedang. Salah satu alasannya karena sifat antiradang yanf dimiliki nicotinamide.

Itulah beberapa vitamin dan mineral yang dapat anda konsumsi. Namun, jika Anda memiliki jerawat yang cukup banyak, sebaiknya konsultasikan ke dokter ahli agar memberikan perawatan khusus. Beberapa pengobatan  yang disarankan mungkin akan melibatkan vitamin dengan dosis tinggi.  Tetapi yang perlu diketahui bahwa pengobatan tersebut mungkin akan memberi efek samping seperti, isotretinoin yang dapat meningkatkan risiko keguguran jika diminum oleh ibu hamil.  Jadi pastikan Anda berkonsultasi pada dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)