fbpx
Pasang iklan

Kenali Penyebab Munculnya Garis Pembuluh Darah pada Wajah

Gema – Kemunculan garis pembuluh darah pada wajah ini sepertinya masalah yang sering ditemui. Pada wajah, gari pembuluh darah akan tampak jelas dan berserat-serat. Pembuluh darah ini tampak seperti sarang laba-laba yang warna merah atau ungu. Garis pembuluh darah yang tampak ini disebut spider veins. Spider veins ini mirip dengan varises, hanya saja ukurannya lebih kecil dan sangat dekat dari permukaan kulit. Namun, apa yang menyebabkan pembuluh darah ini nampak? Berikut ulasannya.

Apa yang menyebabkan garis pembuluh darah tampak di wajah?

Spider veins ini disebabkan karena adanya kerusakan pada pembuluh darah ataupun pembuluh darah yang membengkak. Kerusakan tersebut yang membuat pembuluh darah menonjol dan dapat dilihat dengan mata telanjang.  Kenampakan pembuluh darah ini tidak memandang usia dan bisa menyerang anak-anak maupun lansia. Namun, spider veins tidak memberi gejala yang lain. 

Berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kenampakan dari pembuluh darah.

  • Keturunan. Jika anda memiliki orangtua atau saudara yang mengalami spider veins ini maka anda juga rentan mengalami kondisi tersebut.
  • Paparan sinar matahari. Sinar matahari termasuk faktor yang dapat meningkatkan risiko spider veins. Paparan sinar matahari akan membuat kulit menipis dan mengelupas sehingga pembuluh darah akan tampak jelas.
  • Perubahaan cuaca. Cuaca yang berubah secara mendadak akan memberi pengaruh terhadap pembuluh darah.
  • Iritasi kosmetik. Bahan kimia yang terkandung pada kosmetik bisa saja membuat kulit menjadi tipis dan lapisan kulit rusak, karena itu akan memicu terjadinya spider veins.
  • Kecanduan minum alkohol. Mengonsumsi minuman beralkohol akan membuat wajah kemerahan dan membesarnya pembuluh darah, jika kondisi tersebut terus terjadi maka risiko terkena spider veins akan meningkat.
  • Cedera. Terkena pukulan atau benturan akan membuat kulit menjadi memar. Hal tersebut membuat pembuluh darah pecah dan tampak di permukaan kulit.

Selain beberapa faktor di atas, faktor penuaan juga dapat menimbulkan pembuluh darah di wajah.

Bagaimana caranya mengatasi spider veins?

Spider veins memang tidak memberi gejala yang lainnya hanya saja mengganggu penampilan. Bisa saja anda menjadi kurang percaya diri karena kehadiran spider veins ini. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa cara yang dapat mengatasi masalah tersebut.

1. Pengobatan di rumah

Anda dapat mengobatiinya di rumah dengan menggunakan bahan alami berikut ini.

  • Mengoleskan cuka sari apel ke area spider veins. Cuka sari apel ini berguna sebagai toner wajah yang dapat menyamarkan kemerahan dan mengurangi jumlah pembuluh darah yang pecah. Cukup oleskan cuka tersebut dengan bantuan kapas. Namun, yang perlu anda ketahui sebelumnya yaitu jangan menggunakan cuka apel jika anda punya alergi.
  • Cuci muka dengan air hangat. Suhu yang panas akan membuat pembuluh darah semakin rusak, karena cukup gunakan air yang hangat.

2. Pengobatan di dokter

Jika pengobatan yang anda lakukan di rumah tidak memberi hasil yang maksimal, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter agar diberi penanganan yang lebih ampuh. Biasanya dokter akan memberikan penanganan seperti berikut ini.

  • Krim retinoid. Dokter akan memberi anda krim ini karena dapat mengatasi masalah kulit. Krim ini akan mengurangi kemerahan yang muncul.
  • Terapi laser. Beberapa dokter juga akan menyarankan untuk melakukan terapi laser jika penggunaan krim tidak berefek. Sinar dari laser akan membuat pembuluh darah yang rusak menjadi hancur. Hanya saja, terapi ini akan membuat kulit menjadi sensitif.
  • Sclerotherapy. Metode ini merupakan metode suntik yang dapat menghilangkan spider veins dalam waktu yang cukup singkat. Hanya saja akan memberi efek samping berupa rasa nyeri pada area yang disuntik.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)