fbpx
Pasang iklan

Kenali Penyakit yang Menimbulkan Bintik Merah dan Bernanah pada Kulit

Gema – Kulit memiliki fungsi yaitu sebagai pelindung otot, tulang, dan organ-organ di dalam tubuh kita. Namun, kulit juga bisa saja mengalami infeksi. Berikut beberapa penyakit kulit yang menimbulkan bintik merah dan bernanah yang dilansir dari alodokter.com, Rabu (18/7/2018)

1. Bisul

Bisul merupakan infeksi pada kulit yang menyerang folikel rambut atau kelenjar minyak yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus. Penyakit ini ditandai dengan adanya perubahan warna yang terjadi pada kulit.

Baca juga: Waspada! Ini Bahayanya Jika Jerawat Bernanah

Kulit akan berubah menjadi merah dan muncul benjolan yang terksturnya lunak. Setelah 4 sampai 7 hari, benjolan tersebut akan berubah menjadi warna putih, itulah yang disebut nanah. Bisul ini terjadi karena kebersihan tubuh tidak diperhatikan, kurangnya asupan gizi, kekebalan tubuh yang rendah dan juga bisa diserang bagi penderita diabetes.

2. Impetigo

Penyakit kulit yang satu ini dapat menular. Impetigo sering menyerang bayi dan anak-anak. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus.

Impetigo mengakibatkan luka atau bintik merah pada kulit wajah terutama di area sekitar mulut dan juga hidung. Jika dibiarkan, luka tersebut akan mengeluarkan cairan yang berwarna kuning. Impetigo dapat diatasi dengan mengoleskan krim atau tablet antibiotik yang disarankan oleh dokter.

3. Selulitis

Selulitis merupakan infeksi pada kulit dan jaringan lunak di bawahnya akibat bakteri. Selulitis dapat mengakibatkan kulit menjadi bengkak, merah, terasa panas atau perih, dan bernanah.

Penyakit ini paling sering terjadi di kaki, namun tidak menutup kemungkinan muncul di bagian tubuh manapun. Selulitis perlu segera diobati, karena jika tidak, infeksi dapat menyebar dengan cepat dan mengancam nyawa.

4. Furunkulosis

Furunkulosis juga merupakan infeksi bakteri pada kulit yang membentuk benjolan bernanah dan terasa nyeri. Benjolan ini disebut furunkel.

Furunkel berupa benjolan yang berwarna merah kecil yang tumbuh di area kulit yang berbulu, terutama pada area yang sering mengalami gesekan atau muncul keringat seperti leher, ketiak, paha, bokong, dan sekitar anus. Jika furunkel ini berkumpul, maka dapat menjadi bisul besar yang disebut carbuncle.

5. Carbuncle

Carbuncle sering kali disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus yang tinggal di permukaan kulit, tenggorokan, dan saluran hidung. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi atau bisul merah yang nyeri serta bernanah, yang terhubung satu sama lain di bawah kulit.

Carbuncle biasanya terjadi pada daerah tubuh yang berbulu, tapi bisa juga muncul di bokong, paha, selangkangan, dan ketiak. Penyakit ini lebih sering dialami oleh pria setengah baya atau lebih tua, yang kesehatannya memburuk atau memiliki kekebalan tubuh yang lemah.

6. Folikulitis

Penyakit kulit ini merupakan kondisi dimana terjadi peradangan pada folikel rambut yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Folikulitis biasanya terlihat seperti jerawat merah dengan rambut di tengahnya. Kondisi ini bisa menyebabkan benjolan yang terasa gatal atau perih, dan mungkin berisi nanah atau darah.

7. Dermatitis

Dermatitis adalah peradangan kulit yang ditandai oleh kulit merah, kering, dan gatal. Jika serius, dermatitis dapat mengakibatkan kerak atau luka melepuh yang berisi cairan. Kondisi ini umum terjadi, tidak menular, dan biasanya tidak mengancam jiwa.

Baca juga: Manfaat Air Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Dermatitis dapat disebabkan oleh gangguan pada sistem kekebalan tubuh, kontak langsung dengan zat penyebab iritasi, bahan pemicu alergi, atau karena faktor genetik. Gatal dan luka pada kulit akibat garukan atau paparan bakteri pada dermatitis dapat menimbulkan bintik merah yang bernanah.

Itulah bebrapa penyakit yang menyebabkan bintik merah pada kulit. Sebaiknya ketika diserang penyakit tersebut, segeralah tangani ke doketr kulit agar tidak menular ke orang lain dan juga memberi efek kerusakan pada kulit.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)