fbpx
Pasang iklan

Kenali Minyak Safflower dengan 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

Gema – Penelitian menunjukkan bahwa minyak safflower dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, terutama untuk gula darah, kolesterol, dan peradangan kulit. Minyak safflower adalah minyak goreng populer yang dibuat dari biji tanaman safflower. Beberapa penelitian menunjukkan itu mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan ketika digunakan dalam diet dan pada kulit.

Minyak safflower mungkin pilihan yang lebih sehat daripada minyak zaitun ketika memasak pada suhu tinggi, berkat titik asap yang tinggi dan rasa netral. Berikut manfaat kesehatan dari minyak safflower. Kami juga membahas efek minyak safflower untuk menurunkan berat badan.

Minyak safflower menawarkan berbagai manfaat potensial. Di bawah ini, kami membahas bukti di balik enam manfaat utama minyak safflower:

1. Sumber asam lemak yang sehat
Biji safflower dapat membuat minyak Safflower
Minyak safflower terbuat dari tanaman safflower.
Minyak safflower adalah sumber yang kaya akan asam lemak tak jenuh, termasuk lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

Tubuh membutuhkan lemak ini berfungsi, dan asam lemak tak jenuh umumnya dianggap ‘lemak baik’. Lemak dalam makanan, seperti yang ditemukan dalam minyak safflower, sangat penting untuk pengaturan hormon dan memori. Mereka sangat penting dalam memungkinkan tubuh untuk menyerap vitamin yang larut dalam lemak A, D, E, dan K. Makan beberapa lemak dengan makanan juga dapat membantu seseorang untuk merasa lebih kenyang.

Minyak safflower lebih rendah lemak jenuh, yang sering dianggap lemak ‘buruk’, daripada minyak zaitun, minyak alpukat, dan minyak bunga matahari. Diet tinggi lemak ‘baik’ dan rendah lemak ‘buruk’ memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung. Ada dua jenis minyak safflower: high-oleic dan high-linoleic. Keduanya mengandung asam lemak tak jenuh.

Seperti minyak zaitun, oleat beraneka ragam tinggi minyak safflower mengandung lemak tak jenuh tunggal dan merupakan pilihan yang baik untuk memasak pada suhu tinggi. Minyak safflower high-linoleic mengandung lebih banyak lemak tak jenuh ganda. Seharusnya tidak dipanaskan tetapi sangat ideal untuk digunakan dalam persiapan salad dressing.

2. Meningkatkan kadar gula darah
Tinjauan sistematis studi dari 2016 menunjukkan bahwa makan diet tinggi lemak tak jenuh dapat meningkatkan kontrol glukosa darah seseorang. Studi ini menemukan bahwa mengganti beberapa sumber karbohidrat atau lemak jenuh dengan asam lemak tak jenuh, terutama lemak tak jenuh ganda, memiliki efek menguntungkan pada tingkat gula darah, serta resistensi insulin dan sekresi insulin.

Sebuah studi 2011 menyarankan bahwa mengkonsumsi 8 gram (g) minyak safflower setiap hari selama 4 bulan dapat mengurangi peradangan sekaligus meningkatkan gula darah pada beberapa orang dengan diabetes tipe 2. Penting untuk dicatat bahwa peserta dalam penelitian ini adalah wanita yang memiliki diabetes tipe 2 dan juga obesitas dan pasca menopause. Para peneliti menyarankan bahwa lemak makanan berkualitas dapat digunakan bersama perawatan diabetes untuk mengurangi komplikasi yang terkait dengan kondisi tersebut.

3. Menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung
Penelitian yang sama tahun 2011 juga melaporkan bahwa kadar kolesterol darah partisipan meningkat setelah penggunaan minyak safflower selama 4 bulan. Temuan ini mendukung saran American Heart Association bahwa lemak tak jenuh dapat menurunkan LDL atau kolesterol ‘jahat’ dalam darah. Kolesterol tinggi merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung. Minyak safflower dapat berkontribusi untuk kesehatan jantung dengan cara lain juga.

Lemak tak jenuh dalam minyak safflower dapat mengencerkan darah dan membuat trombosit kurang lengket. Ini mungkin membantu mencegah pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Minyak safflower juga dapat mempengaruhi pembuluh darah dengan merelaksasinya dan mengurangi tekanan darah.

4. Memerangi peradangan
Minyak safflower mungkin juga memiliki sifat anti-inflamasi. Menurut sebuah penelitian dalam Clinical Nutrition, minyak Safflower dan asam lemak tak jenuh dalam minyak safflower meningkatkan penanda peradangan. Ini dapat membantu dengan beberapa kondisi, termasuk diabetes dan penyakit jantung.

5. Menenangkan kulit kering
Menerapkan minyak safflower secara topikal pada kulit kering atau meradang dapat membantu menenangkannya dan memberikan kulit penampilan yang lembut dan halus. Meskipun sebagian besar penelitian tentang minyak safflower untuk kulit bersifat anekdotal, ini adalah bahan umum dalam kosmetik dan produk perawatan kulit.

Minyak safflower mengandung vitamin E, yang mungkin bertanggung jawab untuk beberapa manfaat kulitnya. Vitamin E telah menjadi bahan penting dalam produk-produk dermatologis selama beberapa dekade. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin E melindungi kulit dari radikal bebas, yang merupakan molekul berbahaya yang merusak sel dalam tubuh dan berkontribusi terhadap penyakit, serta efek sinar matahari.

Sebelum menggunakan minyak safflower pada kulit, lakukan uji tempel. Gosok setetes minyak ke lengan dan tunggu selama 24 jam. Jika tidak ada reaksi yang berkembang, mungkin aman untuk digunakan.

6. Minyak safflower untuk menurunkan berat badan

Minyak safflower bukanlah makanan rendah kalori. Beberapa orang menganggap minyak safflower sebagai alat penurun berat badan, tetapi penelitian di bidang ini terbatas. Beberapa penelitian, termasuk studi 2011, melaporkan bahwa minyak safflower tidak memiliki efek signifikan pada berat badan atau lemak tubuh.

Pada 120 kalori per sendok makan, minyak safflower bukanlah makanan rendah kalori. Makan terlalu banyak kalori, terlepas dari sumbernya, dapat mempengaruhi upaya penurunan berat badan. Tetapi menambahkan sedikit minyak ini ke makanan dapat meningkatkan rasanya, meningkatkan rasa kenyang, dan menyeimbangkan gula darah – yang semuanya dapat memiliki efek menguntungkan pada manajemen berat badan.

Ketika mencoba menurunkan berat badan, mungkin akan membantu membatasi asupan minyak ke jumlah yang disarankan dan fokus pada makan makanan utuh, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sumber protein tanpa lemak.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)