fbpx
Pasang iklan

Kenali Masalah yang Sering Menyerang Lidah Anda dan Cara Mengatasinya

Gema – Tanpa anda sadari, masalah yang terjadi pada lidah ternyata dapat memberi pertanda mengenai kondisi kesehatan. Beberapa masalah yang terjadi pada lidah memang tidak mengganggu dan mudah diatasi seperti lidah terbakar dan tergigit saat makan. Namun, ada juga masalah lidah yang berhubungan dengan penyakit yang serius.

1. Lidah putih

Lidah putih biasanya terjadi karena mulut dan gigi kurang bersih. Karena kondisinya tidak bersih maka memicu munculnya bakteri. Bakteri tersebut yang membuat lidah menjadi putih karena timbunya plak putih yang licin.

Tak hanya itu, lidah yang putih juga disebabkan oleh lichen planus dan leukoplakia. Lichen planus merupakan penyakit akibat terjadinya peradangan yang kronis pada kulit. Sedangkan leukplakia merupakan kondisi dimana munculnya bercak putih di area mulut. Sebenarnya, bercak tersebut tidak berbahaya namun bisa saja menjadi gejala kanker yang ditandai dengan munculnya bercak putih di area mulut, gusi dan lidah. Selain itu, lidah juga terasa perih.

Masalah ini bisa diatasi dengan rajin membersihkan mulut dan menghindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mulut seperti merokok dan minum minuman yang beralkohol. Selain itu, terapkanlah pola makan yang teratur dan sehat agar dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

2. Lidah merah

Normalnya, lidah ini berwarna merah muda. Mengonsumsi makanan yang warnanya terang bisa menyebabkan perubahan warna pada lidah.

Jika terjadi perubahan warna pada lidah anda seperti berubah warna menjadi merah terang dan tampak bercak putih di pinggirannya dan bertahan sampai 2 minggu, sebaiknya segeralah konsultasikan ke dokter.

Perubahan warna merah terang yang terjadi pada lidah biasanya disebabkan karena kurangnya asupan vitamin B12. Selain itu, hal tersebut juga bisa menjadi gejala demam berdarah yang biasa menyerang anak-anak.

Hal tersebut dapat ditangani sesuai dengan penyebabnya masing-masing. Secara umum, efek nyeri yang muncul akibat memerahnya lidah bisa diredakan dengan obat ibuprofen ataupun obat kumur yang di dalamnya terkandung kortikosteroid. Disarankan juga untuk mengonsumsi vitamin tambahan baik itu bersumber dari makanan ataupun mengonsumsi suplemen vitamin.

3. Lidah hitam

Warna lidah yang hitam sebenarnya tidak berbahaya hanya saja membuat penampilan terganggu. Kondisi ini terjadi karena papilla atau bintik kecil yang ada di permukaan lidah tumbuh secara memanjang. Hal tersebutlah yang membuat mudah diserang bakteri. Bakteri tersebutlah yang membuat lidah berubah warna menjadi hitam.

Tak hanya itu, lidah yang hitam juga disebabkan karena efek samping dari obat yang dikonsumsi, kebiasan merokok dan malas minum air putih sehingga mulut menjadi kering. Orang yang sering melakukan kemoterapi juga dapat membuat lidah menjadi hitam.

Masalah ini tidak membutuhkan pengobatan yang khusus karena warna dari lidah akan kembali normal, hanya saja membutuhkan waktu. Hal yang dapat dilakukan yaitu mencegah dan mempercepat proses penyembuhan yaitu dengan meninggalkan kebiasaan buruk seperti merokok dan rutin menyikat lidah agar tetap bersih.

4. Lidah bengkak

Alergi terhadap makanan bisa memberi efek bengkak terhadap lidah. Selain alergi, obat-obatan juga membuat lidah bengkak seperti obat pereda rasa nyeri aspirin. Peradangan yang terjadi pada lidah juga akan membuat lidah membengkak.

Hal yang sering terjadi juga pada kebanyakan orang yang mengonsumsi minuman atau makanan yang masih panas sehingga membuat lidah melepuh dan berujung bengkak. Pembengkakan lidah akibat makanan ataupun minuman yang panas bisa sembuh dengan sendirinya.

Untuk mengatasi pembengkakan pada lidah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar diberi penanganan yang sesuai.

5. Lidah sulit bergerak

Saraf yang rusak bisa membuat lidah sulit bergerak. Kondisi ini biasa terjadi pada orang yang pernah diserang stroke dan juga sedang dalam pemuliham sehabis operasi.

Lidah yang sulit bergerak akan mempengaruhi kemampuan berbicara dan mengunyah makanan. Untuk menangani masalah ini anda dapat melakukan terapi fisik yang bisa mengembalikan kerja dari saraf di lidah.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)