fbpx
Pasang iklan

Kenali Jerawat Nodul Mulai dari Gejala hingga Pengobatannya

Gema.id – Jerawat nodular dicirikan sebagai jerawat yang sulit sembuh, memberi dampak hingga di area bawah kulit. Jerawat jenis ini sering mempengaruhi dan berada di wajah atau dada.

Tidak seperti jerawat biasa yang dapat sembuh dalam beberapa hari, jerawat nodul berlangsung selama minggu atau bulan. Jenis jerawat ini cenderung tetap berada di bawah kulit dan memberi kesan seperto bernanah dengan memberikan wana terang/putih di permukaan.

Jerawat nodular dapat menyakitkan, dan mempengaruhi penampilan. Untuk membantu mengatasi dan terhindar dari penyakit kulit ini, mari bahas perawatan dan pengobatan rumahan yang tersedia untuk jerawat nodul.

Apakah itu jerawat nodular ?

Nodular jerawat biasanya berada di wajah, dada dan punggung. Seperti jenis jerawat lainnya, jerawat nodular dimulai ketika pori-pori pada kulit tersumbat. Disebabkan campuran minyak alami (sebum) dengan mati sel-sel kulit yang terjebak dalam pori-pori tersumbat.

Jenis-jenis Jerawat

Untuk kebanyakan orang, hal ini menyebabkan komedo atau jerawat yang dapat dibersihkan dengan cepat. Namun, bagi mereka dengan nodular jerawat, pori-pori tersumbat ini dapat menyebabkan keadaan kulit yang lebih parah.

Kandungan jenis bakteri jerawat nodular biasa disebut P. acnes, hidup pada permukaan kulit dan terjebak di dalam pori-pori yang tersumbat. Terjebaknya bakteri ini dapat menyebabkan infeksi, dan mempengaruhi lapisan kulit yang lebih dalam.

Infeksi tersebut dapat menyebabkan peradangan pada lapisan dalam kulit, kemudian membuat keadaan sulit nodul.

Nodul dapat terjadi pada penyumbatan itu sendiri atau tersebar di wilayah yang luas pada permukaan kulit lainnya, kemudian menyebabkan bercak nodul.

Tidak seperti jerawat biasanya, jerawat nodul cenderung tidak membentuk sesuatu yang menyerupai biji. Mencoba untuk menekan nodul jerawat ini tidak akan mengeluarkan nanah, justru dapat menyebabkan peradangan lebih lanjut.

Gejala

Gejala utama nodular jerawat adalah munculnya lesi keras pada wajah, dada, atau kembali. Hal ini mungkin juga mempengaruhi bagian lain dari tubuh.

Nodul dapat timbul di dengan warna yang sama dengan kulit atau muncul merah dan meradang. Jerawat ini dapat menimbulkan rasa sakit jika disentuh, bahkan banyak orang menggambarkannya sebagai knot keras di bawah kulit.

Jerawat nodular dapat berlangsung selama beberapa minggu atau bulanan. Tanpa perawatan yang baik, jerawat nodular dapat menyebabkan jaringan parut di permukaan kulit.

Pengobatan

Standar over-the-counter (OTC) perawatan kulit terhadap jerawat mungkin tidak efektif untuk nodular jerawat. Penanganan jerawat nodul ini cenderung dilakukan sebum muncul dan meluas, serta matinya sel-sel pada permukaan kulit.

Nodular jerawat sangat mempengaruhi lapisan lebih dalam pada kulit, sehingga memerlukan perawatan yang lebih intensif.

Dokter umumnya merujuk pada seseorang dengan nodular jerawat ke dokter dengan bidang khusus yang umum disebut dokter kulit. Dokter atau dokter kulit secara umum merekomendasikan salah satu perawatan berikut ini:

Antibiotik

Pertumbuhan berlebih dari P. acnes Bakteri adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan jerawat nodular. Dengan demikian dokter biasanya meresepkan antibiotik oral untuk membunuh bakteri yang berlebihan

Antibiotik oral dapat membantu mencegah penyumbatan yang menimbulkan sel mati karena terperangkap dalam pori-pori tersumbat yang menyebabkan breakout. Antibiotik juga dapat mengurangi rasa sakit atau peradangan dari jerawat yang ada.

Antibiotik efektif dalam jangka pendek tapi tidak direkomendasikan untuk pengobatan jangka panjang.

Direkomendasikan untuk menggunakan antibiotik tidak lebih dari kisaran 7 tablet/pil untuk 10 hari. Penggunaan antibiotik secara terus-menerus dapat mengurangi efeknya dan menyebabkan komplikasi lain.

Isotretinoin

Catatan penting mengenai Isotretinoin;

  • Isotretinoin adalah obat untuk jerawat nodular
  • Isotretinoin hanya akan diresepkan untuk jerawat yang sudah parah.
  • Isotretinoin tergolong obat kuat, diperlukan resep obat jerawat untuk penggunaan harian.

Obat Isotretinoin ini adalah cara konsumsi pengobatan yang efektif untuk segala bentuk jerawat. Kendati dokter hanya akan memberikan resep penggunaan Isotretinoin untuk jerawat parah, karena memiliki beberapa efek samping. Yang paling umum adalah:

  • kulit kering, bibir, mata, tenggorokan, hidung
  • mimisan
  • kulit menjadi lebih sensitif matahari
  • sakit kepala
  • Umum sakit dan nyeri

Wanita yang sedang hamil atau mencoba untuk hamil dianjutkan untuk tidak menggunakan isotretinoin, karena dapat membahayakan pertumbuhan janin.

Pengobatan topikal

Pengobatan topikal adalah penggunaan krim atau salep yang langsung ke permukaan kulit. Beberapa jenis perawatan topikal meliputi:

  • Krim antibiotik: membantu untuk membunuh bakteri yang terperangkap di bawah kulit.
  • Retinoid: dibuat dari vitamin A, berfungsi memberikan bantuan untuk unclog pori-pori.
  • Asam salisilat resep-kekuatan: mengeringkan minyak berlebih dan membersihkan sel-sel kulit mati.

Umumnya penggunaan obat-obat topikal sebagai cara penanganan awal atau pendamping pengobatan oral. Pada kasus jerawat yang lebih parah, pengobatan topikal umumnya tidak efektif.

Cara Alami Menghilangkan Jerawat Nodul di wajah

Menghilangkan jerawat nodul diwajah juga dapat dilakukan dengan cara-cara alami. Metode alami menghilangkan jerawat adalah yang paling banyak dipilih wanita dan pria, karena tanpa penggunaan bahan kimia, dengan begitu dapat terhindar dari efek samping seperti yang umum ditemukan pada metodo medis.

Baca juga: Tips Mengecilkan Pori-pori pada Wajah Berjerawat dengan Menggunakan Bahan Alami Ini

Cara alami mengatasi jerawat juga menjadi pilihan karena bahannya cenderung mudah didapatkan. Berikut ini beberapa bahan disekitar kita yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat nodul dari wajah;

#1 Tomat dan Madu

Manfaat tomat untuk jerawat sangat banyak, kandungan anti bakterinya dapat menyembuhkan jerawat sekaligus mencerahkan dan membuat kulit tampak lebih awet muda. Caranya adalah:

  • Haluskan 1 buah tomat matang. 
  • Tambahkan madu secukupnya kemudian aduk hingga menyerupai pasta kental. 
  • Oleskan masker tomat dan madu tersebut di seluruh wajah, tebalkan di area yang terdapat jerawat nodul. 
  • Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air. 

Baca juga: Tak Hanya Segar Dikonsumsi, Tomat Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit dan Ampuh Atasi Jerawat

#2 Teh Hijau dan Daun Kemangi

Teh hijau berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat mengeluarkan racun penyebab jerawat. Sementara kemangi mampu membersihkan hingga ke pori kulit yang terdalam. Caranya: 

  • Siapkan ampas teh hijau dan daun kemangi secukupnya. 
  • Rebus kedua bahan bersamaan dengan 100 ml air hingga mendidih. 
  • Tunggu air sampai benar-benar dingin, lalu siapkan kapas yang bersih. 
  • Celupkan kapas ke air rebusan teh dan daun kemangi. 
  • Tempelkan kapas yang basah ke jerawat nodul, diamkan hingga semalaman. 
  • Cuci wajah di pagi hari dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk yang dicelup air dingin. 

#3 Oatmeal dan Yogurt

Oatmeal dan yogurt bekerja sebagai eksfoliator yang akan mengikis sel kulit mati. Caranya adalah:

  • Ambil 1 sdt oatmeal yang dihaluskan dan yogurt secukupnya. 
  • Campur kedua bahan hingga merata. 
  • Oleskan ke daerah yang ditumbuhi jerawat nodul. 
  • Diamkan hingga setengah kering, lalu pijat perlahan hingga masker rontok dari wajah. 
  • Bilas dengan air hangat untuk membersihkan pori, lalu keringkan dengan handuk basah yang dicelup air dingin.

#4 Lemon dan Susu

Lemon adalah salah satu senjata paling ampuh untuk jerawat. Manfaat lemon untuk wajah berjerawat yaitu mampu membersihkan kulit, mengandung anti bakteri dan anti oksidan yang mampu mengobati jerawat.

Sedangkan susu mampu mencerahkan wajah secara alami dan melembabkan kulit wajah. Cara menghilangkan jerawat nodul dengan lemon dan susu:

  • Siapkan 1/2 buah lemon segar, peras airnya. 
  • Campurkan dengan susu secukupnya lalu aduk sampai rata. 
  • Celupkan kapas bersih ke campuran masker, lalu tempelkan ke seluruh wajah. 
  • Diamkan hingga kapas mengering, buang kapas. 
  • Jangan bilas wajah dengan air, biarkan semalaman. 
  • Bilas wajah dengan air hingga bersih keesokan harinya. 

#5 Bubuk Kayu Manis dan Madu

Kayu manis dan madu mengandung anti bakteri yang bisa menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan menghaluskan kulit wajah. Caranya adalah:

  • Siapkan bubuk kayu manis secukupnya, campur dengan air hingga membentuk pasta. 
  • Tambahkan madu secukupnya dan aduk sampai rata. 
  • Oleskan campuran masker ke jerawat nodul. 
  • Lakukan di malam hari, dan diamkan masker selama semalam. 
  • Bilas masker di pagi hari dengan air hingga bersih. 
  • Lakukan cara ini 3 kali seminggu sampai jerawat sembuh.

Cara Menghilangkan Jerawat Nodul dari Luar

Selain konsumsi obat-obatan dan cara alami seperti yang sudah diurai diatas, menghilangkan jerawat nodul juga dapat dilakukan dengan perawatan eksternal. Cara mengatasi jerawat nodul secara eksternal ini bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

#1 Banyak minum air putih

Cukup minum air setiap harinya tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara umum, tetapi juga untuk kecantikan kulit. Dengan asupan air yang cukup, kulit wajah aka terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembabannya.

Minum setidaknya 8 gelas air putih atau 2 liter per harinya untuk menghindarkan kulit dari jerawat. 

#2 Uap wajah

Menguap wajah adalah salah satu cara menghilangkan jerawat ala korea yang wajib Anda coba. Uap wajah dapat membuka pori-pori dan membersihkan semua kotoran yang ada di wajah. Bakteri penyebab jerawat yang bisa menyebabkan jerawat juga bisa dihilangkan dengan cara ini.

Caranya sangat mudah, yaitu didihkan air 500 ml. Lalu tambahkan 2 sdm garam laut, aduk hingga garam larut. Posisikan wajah 30 cm diatas air panas, lalu tutup kepala dengan handuk yang basah.

Biarkan wajah diuap selama 3 menit, lalu angkat wajah dari atas air panas. Tepuk-tepuk ringan wajah sampai kering dan tidak terasa panas. Tutup pori kulit dengan handuk yang sudah dibasahi air dingin.

#3 Rajin berolahraga

Olahraga tidak hanya membuat tubuh lebih sehat dan segara untuk beraktivitas saja. Dengan rutin berolahraga, pori-pori kulit akan terbuka dan semua kotoran yang ada di dalamnya akan keluar bersama dengan keringat.

Selain itu rajin olahraga bisa membuat kulit lebih kencang dan awet muda. 

#4 Detoksifikasi secara alami

Bahan-bahan alami tidak hanya baik sebagai masker jerawat saja, tetapi jika dikonsumsi secara teratur akan membuat kulit tampak lebih sehat dan bebas dari jerawat.

Minum jus buah dan sayur untuk mengeluarkan racun dalam kulit dan tubuh secara alami. Jus yang baik dikonsumsi adalah jus mentimun, apel, bayam, apel hijau, dan jeruk. Meminum infused water juga baik untuk detoksifikasi kulit secara alami.

Tips perawatan kulit

Gunakan pelembab wajah untuk membantu melawan ruam menopause. Penggunaan pelembab ringan dapat membantu mengurangi jerawat.

Tips Atasi Masalah Kulit untuk Remaja Wajah Berjerawat dan Kulit Berminyak
Tips Atasi Wajah Berjerawat dan Kulit Berminyak

Baca juga: Tips Atasi Masalah Kulit untuk Remaja

Untuk menjaga kulit bersih dan mengurangi jerawat, anda dapat mencoba:

  1. mencuci muka dua kali sehari
  2. mencuci langsung setelah berolahraga
  3. menghapus makeup sebelum tidur
  4. menggunakan pelembab ringan
  5. menggunakan sunblock (tabir surya) setiap hari
  6. hindari sentuhan langsung wajah
  7. Cuci tangan sebelum menggunakan make up/tata rias

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)