fbpx
Pasang iklan

Kenali Green Caviar, Anggur Laut yang Punya Banyak Manfaat Kesehatan

...

Gema.id – Anggur laut termasuk ke dalam jenis rumput laut yang dijadikan sebagai bahan makanan. Selain itu juga termasuk obat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa daerah di Indonesia ada yang lebih mengenal dengan sebutan lawi-lawi yaitu di daerah Sulawesi Selatan, dan dikenal dengan Latok atau Latoh di daerah Lombok.

Anggur laut jenis ini mengandung banyak nutrisi, hal tersebut yang membuat harga anggur laut ini mahal di pasaran. Di daerah Toli-toli, Sulawesi Tengah harganya bisa mencapai Rp. 250.000- Rp. 700.000 per-kilogramnya.

Anggur laut ini memiliki nama latin Caulerpa Rasemosa yang termasuk alga hijau. Adapun bentuk dari alga ini yaitu seperti anggur yang kecil-kecil dan memiliki cabang yang tegak.

Tekstur dari anggur ini renyah, berlendir dan sangat lembut jika dikonsumsi. Anggur laut ada yang berwarna hijau terang hijau kebiruan. Warnanya tergantung dari kondisi air tempatnya tumbuh. Habitat awalnya yaitu di laut namun sekarang sudah dibudidayakan di pertambakan selama air dikawasan tersebut terjaga dengan baik.

Anggur laut ini juga dikenal di daerah  Jepang, Filipina, Cina, Korea, bahkan Eropa dan Amerika. Di belahan Eropa dan Amerika, anggur laut dikenal juga sebagai green caviar atau kaviar hijau. Anggur laut ini juga sering dijadikan sebagai lalapan atau dikonsumsi mentah sebagai sayuran.

Untuk mengolahnya cukup mudah, hanya dicuci dengan air bersih dan bisa langsung dikonsumsi. Bisa juga direbus hingga matang.

Hanya saja, beberapa masyaraka masih asing dengan anggur laut ini. Namun sebenarnya anggur laut ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Apa sajakah manfaatnya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Menjaga kecantikan rambut dan kulit

Anggur laut mengandung vitamin, anti oksidan dan juga kolagen yang sangat baik untuk kecantikan kulit dan rambut. Beberapa ahli nutrisi mengatakan bahwa jika rutin mengonsumsi anggur laut ini dapat membuat kulit terlihat lebih awet muda.

Kandungan lemak yang terdapat di Anggur ini yang dapat meningkatkan fluiditas sehingga dapat mencegah pori-pori membesar dan mengatasi kulit kering.

2. Sebagai anti depresan

Anggur laut mengandung vitamin B peridoksin atau lebih dikenal dengan nama B6 serta asam pantotenat atau vitamin B5. Kedua vitamin ini akan berfungsi sebagai pengatur kelenjar adrenal supaya tidak cepat kehabisan tenaga dan terhindar dari rasa lelah serta depresi.

3. Mencegah obesitas

Kandungan kadar gula dalam anggur laut sangat rendah namun tinggi akan kandungan protein nabati, vitamin C, seng, kalsium dan asam lemak tak jenuh. Maka makanan ini berguna sebagai pencegah obesitas.

Selain itu, mengonsumsi anggur laut mampu sebagai anti sembelit. Karena kandungan gulanya yang rendah sehingga membantu bakteri baik dalam sistem pencernaan untuk membuang sisa metabolisme yang tidak dibutuhkan.

4. Meningkatkan kinerja mata dan jantung

Asam lemak yang terkandung dalam anggur laut seperti AA, LA, DHA, EPA dan juga ALA sangat berguna meningkatkan kinerja penglihatan, menurunkan kadar kolesterol, menjaga struktur kolagen dan mencegah penyakit jantung seperti infark, miokard, stroke dan aterosklerosis.

Beri tanggapan