fbpx
Pasang iklan

Kenali Gejala dan Bahaya dari Stroke Batang Otak

Gema.id – Batang otak memiliki fungsi yang sangat penting pada tubuh. Batang otak ini yang mengontrol fungsi tubuh yang penting, seperti bernapas dan menelan. Penyumbatan atau pendarahan di batang otak dapat menyebabkan stroke batang otak, kondis tersebut mempengaruhi kerja dari batang otak.

Baca juga: Ternyata Minyak Zaitun dapat Memicu Serangan Jantung dan Stroke

Namun, apa yang menyebabkan stroke batang otak bisa terjadi? Untuk menetahuinya, simak ulasaanya berikut ini.

Apa itu stroke batang otak ?

Batang otak yang mengontrol pernapasan, gerakan mata, gerakan wajah, denyut jantung dan tekanan darah.

Menurut World Heart Organization (WHO) , stroke adalah “penyakit kedua penyebab kematian dan penyebab ketiga kecacatan” di seluruh dunia.

Stroke terjadi ketika pasokan darah ke bagian otak terganggu, baik karena arteri yang terblokir atau pembuluh darah yang bocor. Batang otak terletak di dasar otak dan berfungsi untuk menerima dan menyampaikan informasi seluruh tubuh.

Baca juga: Terapkan Tips Ini agar Terhindar dari Heat Stroke Akibat Cuaca yang Terik

Stroke batang otak dapat mempengaruhi fungsi tubuh seseorang dan dapat mengakibatkan komplikasi jangka panjang.

Batang otak mengontrol fungsi tubuh yang penting, seperti:

  1. Pernapasan
  2. Menelan
  3. Gerakan mata
  4. Gerakan Wajah
  5. Pendengaran
  6. Denyut jantung
  7. Tekanan darah

Jenis stroke

Ada dua jenis utama dari stroke, keduanya dapat terjadi pada batang otak. 

#1 Stroke iskemik

Stroke iskemik terjadi ketika terbentuk gumpalan darah di arteri pada kepala atau leher, sehingga menghambat aliran darah ke daerah otak. Stroke iskemik adalah jenis yang paling umum, 87 persen penderita stroke mengalami stroke jenis ini dan sekitar 10 persen dari semua penderita stroke iskemik mempengaruhi batang otak.

#2 Stroke hemoragik

Stroke hemoragik merupakan kondisi terjadinya pendarahan pada otak dan terjadi ketika pembuluh darah lemah sehingga bocor.

Kondisi seperti ini memicu terjadinya pembengkakan dan tekanan. Tekanan tersebut dapat merusak jaringan dan sel-sel di otak. Stroke hemoragik tidak umum terjadi dibanding jenis stroke yang lain, tetapi 40 persen dari semua kematian akibat stroke. hemoragik

Gejala stroke batang otak

Kepala terasa pusing merupakan gejala stroke. Pusing dan kehilangan keseimbangan adalah gejala umum stroke. AKkibatnya, batang otak tidak dapat mengontrol berbagai fungsi motorik. Batang otak menerima berbagai sinyal dari otak dan mengirimkannya ke berbagai bagian tubuh.

Stroke batang otak mengganggu sinyal-sinyal tersebut, itulah sebabnya orang mengalami gejala fisik, termasuk mati rasa atau kekakuan di wajah, lengan atau kaki.

Gejala stroke umum lainnya termasuk:

  1. Pusing
  2. Kehilangan keseimbangan
  3. Vertigo
  4. Penglihatan kabur
  5. Masalah saat berbicara atau menelan
  6. Sakit kepala
  7. Kebingungan

Diagnosis Stroke Batang Otak

Jika seseorang mengalami gejala stroke, dokter akan menggunakan tes seperti CT dan MRI scan untuk menentukan apakah penderita ini mengalami stroke iskemik atau hemoragik. Dokter juga dapat melakukan prosedur tambahan seprti tes darah.

Komplikasi

Karena batang otak bertanggung jawab untuk beberapa fungsi tubuh yang penting, stroke di daerah otak dapat memberi pengaruh yang sangat buruk pada kemapuan motorik seperti gerakan mata, berbicara, dan penalaran. Jika tidak diberi penanganan yang tepat, bisa saja memberi pengaruh kelumpuhan pada organ-organ yang lain.

Pengobatan

Stroke batang otak adalah suatu keadaan darurat medis. Karena itu, membutuhkan pengobatan langsung untuk menyelamatkan nyawa dan mengurangi risiko komplikasi yang bisa terjadi. Pengobatan tergantung pada jenis, lokasi, dan tingkat keparahan stroke.

Baca juga:

Faktor risiko stroke

Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko stroke. Siapa pun dapat memiliki stroke, tetapi faktor genetik tertentu, seperti riwayat keluarga, jenis kelamin, ras, dan usia menempatkan beberapa orang pada risiko tinggi untuk stroke dibandingkan orang lain.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)