fbpx
Pasang iklan

Kenali 5 Masalah Mental yang Sering Dialami Mahasiswa

Gema – Memasuki dunia perkuliahan merupakan masa dimana seseorang dituntut untuk hidup lebih mandiri dan mengatur segalanya sendiri. Tak sedikit juga yang harus berada jauh dari orangtuanya. Belum lagi di dunia kampus yang akan memberi beban baik itu dari segi akademik maupun segi sosial. Beban tersebut terkadang akan membuat seseorang menjadi stres dan mempengaruhi mental seseorang. Itulah hal yang sering dialami jika sudah menjadi mahasiswa.  Beberapa penelitian mengungkap bahwa sekitar 27 persen mahasiswa mengalami masalah mental, namun apakah yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Berikut beberapa masalah umum yang sering dialami mahasiswa, yang dilansir dari hellosehat.com, Sabtu (21/7/2018).

1. Depresi

Kasus depresi di kalangan mahasiswa meningkat sekitar 10 persen selama 10 tahun terakhir ini, menurut American Psychological Association. Buruknya lagi, depresi sering kali dibiarkan saja dan tidak ditangani. Akibatnya akan berisiko pada percobaan bunuh diri. Di Amerika lebih dari seribu kasus bunuh diri itu dilakukan oleh mahasiswa.

Namun bukan hanya di Amerika, di Indonesia juga cukup banyak mahasiswa yang melakukan hal tersebut. Baru-baru ini mahasiswa yang berkuliah di Telkom University Bandung, diduga mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa tingkat akhir yang bunuh diri di dalam kamar kosnya.

Pria yang berusia 22 tahun tersebut bunuh diri karena kuliahnya tak kunjung selesai. Mahasiswa yang berasal dari Batam tersebut meninggalkan pesan di aplikasi notepad pada komputernya. Dari pesan yang ditulisnya, dia merasa bersalah karena selama dua tahun ini tidak pernah masuk kuliah dan membohongi keluarganya mengatakan akan sidang padahal tidak.

Oleh karena itu depresi perlu dicegah.  Depresi bisa dicegah dengan sering membicarakan masalah pribadi atau masalah perkuliahan kepada orang-orang terdekat kita. Hal tersebut akan membantu meringankan beban yang dialami dan bisa membantu memberikan saran akan masalah yang dialami.

Survei Buktikan Mahasiswa Zaman Sekarang Mudah Depresi
Mahasiswi Depresi – Inovasee.com

2. Gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan merupakan kondisi dimana kecemasan pada diri seseorang itu berlebih dan sering terjadi. Gangguan kecemasan terdiri dari berbagai jenis seperti gangguan kecemasan fanik, gangguan kecemasan sosial, fobia terhadap hal tertentu, dan gangguan kecemasan umum. Penyebab gangguan kecemasan terjadi yaitu karena stres yang dialami dan rasa khawati yag mengganggu sehingga kemampuan yang anda miliki tidak bekerja secara normal.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa sekitar 75 persen orang yang mengalami gangguan kecemasan itu dialami oleh mereka yang berusia 22 tahun.

Adapun gejala yang muncul dari gangguan kecemasan ini yaitu detak jantung meningkat, gemetar, serta kesulitan mengendalikan ketakutan. Jika anda mengalami hal tersebut, maka sebaiknya pergilah ke pusat kesehatan dan konsultasikan ke orang tua agar dia bisa membawa anda ke ahli terapi.

Mahasiswa Sekarang Lebih Mudah Depresi Daripada Mahasiswa seksi
Mahasiswi Cemas – Inovasee.com

3. Gangguan makan

Gangguan makanan juga hal yang sering dialami mahasiswa. Berbagai jenis gangguan makan seperti bulimia, anoreksia dan binge eating (makan tidak terkendali). Biasanya gangguan makan ini terjadi karena menumpuknya tugas perkuliahan dan tidak ada orang tua yang mengontrol makan kita.

National Eating Disorders Screening Program telah melakukan survey dan mendapatkan hasil bahwa  62 persen wanita di perguruan tinggi pola makannya tidak normal dan menjadi pemicu penyakit gangguan makan.

Untuk menghindari hal itu, jika Anda mengalami pola makan yang tidak normal seperti jika makan banyak tetapi dimuntahkan kembali. mintalah bantuan orang-orang terdekat untuk mengontrol makan anda.

Mahasiswa rakus dan suka jajan di luar biar hemat biasaya kuliah
Gangguan Pola Makan – Dzargon.com

4. Insomnia

Insomnia bisa menjadi salah satu gejala dari berbagai masalah mental yang dialami mahasiswa. Insomnia juga bisa berdampak buruk terhadap kesehatan jika dibiarkan terjadi secara teru-menerus.

Tuntutan tugas yang menumouk terkadang membuat mahasiswa harus mengerjakannnya hingga larut malam. Selain tugas, berbagai kegiatan organisasi baik dalam maupun luar kampus yangmebuat seseorang menjadi kurang tidur. Untuk menghindari dampak buruk yang bisa saj terjadi, sebaiknya aturlah tidur anda dan hindari konsumsi nikotin dan kafein.

5. ADHD

Attention deficit hyperactivity disorder atau yang disingkat ADHD merupakan gangguang yang terjadi di otak. Gangguan ini terjadi karena kurang perhatian dan otak berfungsi lebbih aktif sehingga impulsif mengganggu perkembangan otak.

Saat memasuk masa perkuliahan, tuntutan dan tekanan yang dialami semakin meningkat. Hal itulah yang mebuat gejala ADHD akan sulit dikendalikan. Ketika ADHD sulit dikendalikan maka akan menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam belajar. Kondisi ini bukan hanya mengganggu dari segi akademik namun juga berefek pada kesehatan mental.

Itulah beberapa masalah umum yang biasa dialami mahasiswa.

 

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)