fbpx
Pasang iklan

Jangan Katakan 5 Kalimat Ini Kepada Orang yang Sedang Berduka

Gema – Berada disekitar orang yang sedang berduka biasanya akan membuat kita terbawa suasana. Layaknya orang yang bahagia bisa saja kebahagiaan bisa juga kita rasakan, sama halnya dengan kesedihan. Namun yang berbeda, orang yang sedang berduka membutuhkan dorongan, semangat untuk memotivasinya agar rasa sedih yang dirasakan berkurang. Melontarkan kata-kata positif tidak selamanya bisa memotivasi dia. Bisa saja kata-kata itu malah akan membuatnya semakin sedih.

Rasa sedih ini bisa muncul salah satunya karena kehilangan orang terkasih. Siapa saja bisa mengalami kondisi seperti ini dan kapan pun itu. Seorang konselor sekaligus penulis buku The Journey Through Grief and Loss: Helping Yourself and Your Child When Grief Is Shared, Robert Zucker mengatakan bahwa rasa sedih adalah respon yang normal akibat adanya hal yang tidak sejalan dengan harapan.

Ketika orang terdekat anda mengalami hal demikian, maka anda perlu menenangkannya dan menguatkannya baik itu keluarga, sahabat dan teman. Nah, yang perlu anda hindari ketika menghadapi orang yang berduka yaitu jangan mengucapkan perkataan yang bisa membuatnya makin sedih. Apa saja perkataan itu? Berikut ulasannya.

1. “Lama-lama kamu akan terbiasa”

Seorang psikolog dari Chicago, Elizabeth Lombardo, PhD mengatakan bahwa kebanyakan orang berusaha untuk menampakkan kebaikan dan memberi perhatian ke orang yang sedang berduka, namun bisa saja apa yang anda ucapkan malah membuat perasaannya semakin sedih.

Salah satu ucapan tersebut adalah “lama-lama kamu akan terbiasa”, perkataan seperti ini rasanya seringkali dilontarkan kepada orang yang sedang kehilangan. Memang maksudnya untuk membuat dia semangat dan kuat, namun mengucapkan perkataan seperti itu dalam kondisi dia baru kehilangan tidak akan berpengaruh malah dapat memperkeruh suasana hatinya.

Lebih baik anda mengatakan “Saya mungkin tidak bisa merasakan betul bagaimana yang kamu rasa, namun cobalah untuk bangkit”. Perkataan seperti itu akan membuat dia merenung hingga akhirnya suasana hati perlahan membaik.

2. “Kenapa bisa sampai seperti ini?”

Pekataan seperti ini juga seringkali muncul. Memang hal yang wajar menanyakan sebab dari masalah yang terjadi. Namun, tanpa anda sadari berapa orang yang akan bertanya seperti itu ke orang yang berduka ini? Orang yang sedang berduka sangat tidak mungkin dia akan menjelaskan kronoligisnya ke anda. Bisa saja dia semakin bersedih karena menceritakannya. 

3. “Apa yang bisa saya lakukan untukmu?”

Menawarkan bantuan kepada orang yang sedang berduka memang hal yang wajar. Namun, kemungkinan besar orang tersebut akan menolak karena tidak ingin merepotkan. Baiknya, tidak usah bertanya namun lakukan saja apa yang anda bisa bantukan.

4. “Dia sudah berada di tempat yang lebih baik”

Mengucapkan perkataan seperti ini memang tujuannya untuk menenangkan dan menguatkan orang yang sedang berduka. Tetapi, setiap orang berbeda-beda karena itu tidak semua yang bisa menerima perkataan demikian. Daripada mengucapkan perkataan itu, sebaiknya luangkan saja waktu anda untuk menemaninya hingga dia benar-benar tenang dan suasana hati membaik.

5. “Saya mengerti apa yang kamu rasakan”

Perkataan seperti ini biasanya diucapkan agar anda terlihat care dengan dia yang sedang berduka. Namun, apakah anda memang benar bisa merasakan kesdihan yang dia rasa? Meskipun anda pernah mengalami hal yang sama, belum tentu apa yang kamu rasa saat itu sama dengan yang dia rasakan. Lagi-lagi, setiap orang berbeda-beda. Tak hanya itu, membandingkan kesedihan anda dengan kesedihan yang dialaminya bisa memperkeruh suasana hatinya. Karena itu, beri saja dukungan psikis untuk menyemangatinya.

Itulah beberapa perkataan yang perlu anda hindari ketika menghadapi orang yang berduka.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)