fbpx
Pasang iklan

Jaga Kesehatan Jantung dengan Rutin Berendam di Air Hangat

Gema – Aktivitas yang padat setiap harinya bisa membuat tubuh merasa lelah. Jika anda sering merasa kelelahan tentunya akan mengganggu kondisi kesehatan. Untuk mengatasi hal tersebut, berendam di air panas bisa menjadi solusinya. Menurut sebuah penelitian, berendam di air panas lima kali seminggu bisa membuat jantung menjadi sehat. Apakah anda masih belum percaya? Berikut ulasannya.

Berendam di air panas dapat menjaga kesehatan jantung

Setelah beraktivitas yang cukup menguras tenaga atau berolahraga, berendam di air panas sangat baik dilakukan. Uap dari air tersebut dapat membuat otot-otot tubuh yang tegang menjadi rileks. Dengan begitu tidur anda akan lebih nyenyak. Namun bukan hanya itu, terdapat penelitian yang menemukan bahwa berendam di air panas dengan rutin dapat membuat jantung menjadi sehat terlebih pada lansia.

Penelitian tersebut terbit di jurnal Scientific Reports yang dilakukan oleh Prof. Katsuhiko Kohara dari Ehime University di Faculty of Collaborative Regional Innovative. Penelitian ini melibatkan 873 peserta. Peneliti bertanya kepada peserta mengenai kebiasaan berendam air panas. Selain itu, peneliti juga memeriksa kesehatan jantungnya dengan mengukur kecepatan denyut nadi. Adapun hsil penelitian tersebut yaitu menemukan bahwa orang yang rutin berendam di air panas lima kali dalam seminggu akan memiliki jantung yang sehat yaitu terhindar dari  penurunan muatan jantung dan terhindar dari aterosklerosis.

Terdapat juga penelitian yang lain yang mendukung hal di atas, dimana penelitian tersebut juga menemukan bahwa orang yang memiliki kebiasaan berendam di air panas bisa terhindar dari risiko stroke dan tekanan darah tinggi.

Kenapa berendam air panas bisa menjaga kesehatan jantung?

Uap dari air panas ini dapat membuat sirkulasi darah yang menuju ke jantung menjadi lancar sehingga detak jantung menjadi lebih cepat. Sama halnya jika anda berolahraga. Suhu dari air tersebut yang membuat jantung menjadi sehat. Tak hanya itu, rutin berendam di air panas dapat menurunkan risiko stres karena tubuh menjadi rileks.

Uap tersebut dapat merangsang kulit untuk menghasilkan hormon endorpin lebih banyak. Hormon endorpin ini merupakan hormon yang memicu munculnya perasaan senang. Hormon endorpin yang diproduksi ketika berendam di air panas sama ketika terkena paparan sinar matahari pagi. Tentunya jika suasana hati menjadi senang maka akan terhindar dari stres.

Berendam di air panas juga dapat membantu kerja dari sistem pernapasan. Suhu dan tekanan dari air ini akan membuat kapasitas paru-paru meningkat dalam menghirup oksigen. Mengapa? Karena dada akan diberi tekanan dari air panas dan suhu dari air tersebut juga berpengaruh.

Itulah beberapa manfaat dari kebiasaan berendam di air panas. Namun, kebiasaan ini juga dibarengi dengan menerapkan gaya hidup yang sehat agar bisa terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Hal tersebut didukung oleh perkataan Prof. Jeremy Pearson selaku direktur medis di British Heart Foundation yang mengatakan bahwa terdapat faktor lain yang bisa mendukung agar jantung menjadi sehat selain berendam di air panas, salh satunya yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Dengan begitu, anda perlu menjaga pola makan agar tetap sehat dan hindari mengonsumsi makanan yang bisa membuat kadar kolesterol dan tekanan darah meningkat. Berolahraga dengan rutin dan hilangkan kebiasaan merokok dan begadang.

Hal yang perlu juga anda ketahui yaitu jangan berendam di air panas dalam waktu yang lama. Mengapa? Karena dapat membuat kulit menjadi kering akibat dehidrasi. Untuk itu, penuhi asupan cairan anda saat sebelum berendam dan setelah berendam.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)