fbpx
Pasang iklan

Jadwal MotoGP 2019 : Format Baru Moto2-Moto3, Valentino Rossi Kesulitan Di Tes Pramusim

(Gema) – Jadwal MotoGP 2019 akan dimulai dari Sirkuit Losail, Qatar. Balap MotoGP 2019 pertama digelar pada 10 Maret. Selanjutnya, masih di bulan yang sama, balapan digelar di Argentina pada 31 Maret. Menjelang digelarnya MotoGP 2019, para pembalap mulai melakukan tes pramusim.

Dua tes pramusim sudah digelar beberapa hari lalu. Selanjutnya tes pramusim akan digelar Februari, di Sirkuit Sepang, Malaysia. Komisi Grand Prix resmi memutuskan, Moto2 dan Moto3 menggunakan format Q1-Q2 seperti MotoGP, pada musim 2019.

Dua sesi kualifikasi mulai diterapkan di kelas premier sejak 2013. Dilansir MotorSport, sebanyak 10 pembalap yang lolos otomatis ke Q2 adalah yang mencetak catatan waktu terbaik berdasarkan hasil kombinasi Free Practice 1, 2 dan 3. Mereka yang gagal masih mendapat kesempatan, yakni dapat tampil tercepat saat menjalani Q1 demi mengisi dua slot kosong.

Tahun depan, Moto2-Moto3 yang selama ini mengusung format satu sesi serta berdurasi 45 dan 40 menit berubah seperti kualifikasi MotoGP. Masing-masing sesi Q1-Q2 memiliki durasi 15 menit. Namun karena banyaknya jumlah pembalap, maka 14 besar lolos otomatis ke Q2, menyisakan empat slot kosong untuk diperebutkan pada Q1. Dan bagi empat pembalap yang mengikuti Q1 dan Q2 bakal diberikan ekstra ban belakang kompon soft.

Kesulitan di Pramusim

Valentino Rossi menjajal mesin terbaru Yamaha saat tes pramusim uji MotoGP di Valencia dan Jerez, Spanyol. Pembalap asal Italia itu kesulitan untuk tampil konsisten di kedua tes pramusim MotoGP. Valentino Rossi juga menyebut mesin itu belum berada di level yang sama dengan Honda dan Ducati.

“Soal mesin yang kami coba belakangan, berkaca dari hal tersebut tugas kami masih menumpuk jika ingin kompetitif,” ujar Valentino Rossi dilansir GridOto.com dari Crash.

“Terutama untuk menyaingi Ducati dan Honda, juga Suzuki masih banyak pekerjaan,” kata Valentino Rossi.

Valentino Rossi berharap adanya peningkatan signifikan dalam tes pramusim MotoGP di Sepang, Malaysia pada 1-3 dan 6-8 Februari 2019. “Ini hari yang positif karena kami bekerja lebih keras dan hasilnya lebih baik,” jelas Valentino Rossi.

“Tapi kami masih harus bekerja keras, kami masih kesulitan dapat grip saat akselerasi,” beber Valentino Rossi.

Valentino Rossi juga merasa Yamaha perlu bekerja keras untuk mendapatkan performa yang lebih baik. “Kedua tes pramusim ini tak buruk, terutama yang kali ini, tapi kami harus terus bekerja,” ungkap Valentino Rossi.

Jadwal MotoGP 2019 :

  1. GP Qatar Sirkuit Losail 10 Maret
  2. GP Argentina Termas de Rio Hondo 31 Maret
  3. GP Americas Sirkuit Americas 14 April
  4. GP Spanyol Sirkuit Jerez-Ángel Nieto 5 Mei
  5. GP Prancis Sirkuit Le Mans 19 Mei
  6. GP Italia Sirkuit Mugello 2 Juni
  7. GP Catalunya Sirkuit Catalunya 16 Juni
  8. GP Belanda Sirkuit Assen 30 Juni

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)