fbpx
Pasang iklan

Jadwal Bursa Transfer Pemain Belum Bisa Ditentukan Jika Wabah Belum Diatasi

...

Gema.id – Meski aktivitas di lapangan sepak bola terhenti akibat pandemi Covid-19 (Corona), sejumlah klub-klub besar tak berhenti untuk terus bergerak di luar lapangan, khususnya pada aktivitas di bursa transfer. Mereka telah memasukkan daftar incaran agar bisa didatangkan pada musim depan.

FIFA sebagai induk sepak bola dunia tahu betul, sepak bola sebenarnya tak lumpuh total, kini mereka merancang berbagai rencana agar aktivitas transfer pada musim panas 2020 tetap berjalan dengan menyediakan skenario nantinya.

“Pada 18 Maret, FIFA sepakat untuk membentuk satuan tugas khusus untuk merespon Covid-19. Satgas ini akan menilai perlunya amandemen atau dispense sementara terhadap Regulasi FIFA tentang Status dan Transfer Pemain untuk melindungi kontrak pemain dan klub, serta menyesuaikan periode pendaftaran pemain, jelas Juru Bicara FIFA dilansir dari Sky Sports.

“Pekerjaan mereka sudah dimulai. Dalam praktiknya, mereka akan berkonsultasi dengan semua pemangku kepentingan utama, termasuk konfederasi, asosiasi anggota, klub, dan para pemain,” jelasnya.

Bursa transfer yang semestinya sudah dibuka pada awal Juni mendatang, terancam molor, lantaran liga yang seharusnya mendekati selesai terpaksa diberhentikan hingga waktu yang ditentukan. Liga Inggris misalnya, terpaksa diberhentikan hingga 30 April mendatang, itu pun melihat kembali kondisi, apakah kondisi benar-benar memungkinkan untuk liga digulirkan lagi.

Sementara itu, UEFA federasi tertinggi sepak bola eropa mengupayakan agar kompetisi musim ini selesai pada 30 Juni 2020. Dan puncaknya, menyerah pada keadaan dengan menunda Piala Eropa 2020 bergeser ke tahun depan, agar semua liga di sana bisa selesai pada waktunya.

Jika skenario ini terjadi maka bursa transfer musim panas akan dibuka pada Juli hingga September 2020. Namun lagi-lagi, itu masih skenario yang diusung, terhentinya pandemi Covid-19 lah yang menjadi acuan. Rencananya, pada Jumat (27/3) besok, sejumlah klub eropa yang tergabung dalam Asosiasi Klub Sepak Bola Eropa (ECA) sepakat akan menggelar rapat melalui teleconfence, diperkirakan jalannya bursa transfer akan menjadi agenda rapat nanti.

Beri tanggapan