fbpx
Pasang iklan

Intip Gerakan Yoga yang Simpel Namun Ampuh Meredakan Sakit Kepala

Gema – Sakit kepala menjadi keluhan yang sangat sering terdengar. Kepala yang sakit tentunya sangat mengganggu aktivitas. Karena itu, banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi obat untuk meredakannya. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa obat ini memiliki efek samping. Nah, sebenarnya ada cara yang lebih alami yang dapat anda lakukan untuk meredakan sakit kepala. Apakah itu? Berikut ulasannya.

Gerakan yoga sederhana dapat mengatasi sakit kepala

Cara alami yang dapat meredakan sakit kepala yaitu yoga. Menurut pakar naturopati dan juga berporfesi sebagi instruktur yoga yang bersertifikat, Lynn A. Anderson, Ph.D. mengatakn bahwa yoga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko terjadinya stres. Kedua hal tersebut merupakan penyebab utama dari sakit kepala.

Ketika beryoga, anda akan lebih rileks karena napas menjadi tenang dan otot-otot juga ikut rileks. Tak hanya itu, yoga juga dapat melancarkan aliran darah.

Berikut beberapa contoh gerakan yoga yang bisa anda terapkan untuk meredakan sakit kepala.

1. Cat pose (marjaryasana)

Intip Gerakan Yoga yang Simpel Namun Ampuh Meredakan Sakit Kepala
Cat Pose – hellosehat.com

Gerakan yoga yang satu ini menyerupai postur kucing dimana posisi tubuh merangkak dengan posisi lutut berada sejajar dibawah panggul dan tangan sejajar dengan bahu. Biarkan jari jemari terbuka. Buat gerakan dorongan ke atas pada punggung anda sambil mengembuskan napas dan ketika menarik napas biarkan seperti posisi semula. Gerakan yoga seperti ini akan membuat aliran darah menjadi lancar pada area tubuh yang atas. Tak hanya itu, otot-otot punggung, leher dan bahu juga akan rileks sehingga meredakan sakit kepala.

2. Eagle pose (garudasana)

Intip Gerakan Yoga yang Simpel Namun Ampuh Meredakan Sakit Kepala
Eagle Pose – livewell.com

Posisi yang satu cukup sederhana. Anda hanya duduk bersila atau duduk di atas kursi dengan posis lengan yang menyilang seperti pada gambar. Otot bahu dan tangan akan menjadi rileks. Pose seperti ini juga dapat meredakan sakit kepala.

3. Seated forward bend (paschimottanasana)

Intip Gerakan Yoga yang Simpel Namun Ampuh Meredakan Sakit Kepala
Seated forward bend – yogajournal.com

Ketika kepala anda terasa sakit, segera ambil posisi dengan kaki yang lurus ke depan. Buat gerakan mendorong tubuh ke depan dengan perlahan, usahakan jari tangan anda menyentuh jari kaki namun lutut yang tetap lurus. Gerakan seperti ini akan membuat aliran darah ke jantung menjadi lancar. Aliran darah ke jantung yang lancar juga akan membuat aliran darah ke otak menjadi lancar. Jantung ini yang memompa darah dan juga oksigen ke tubuh bagian atas, termasuk otak. Aliran darah yang lancar pada otak akan meredakan sakit kepala.

4. Child’s pose (balasana)

Intip Gerakan Yoga yang Simpel Namun Ampuh Meredakan Sakit Kepala
Child’s Pose – yogfitness.com

Posisi yoga yang satu ini juga cukup mudah. Posisi yang disebut dengan posisi balasana akan membuat gaya gravitasi berbalik ke arah atas. Karena itu, oksigen akan banyak mengalir ke area leher, bahu dan punggung. Hal tersebut yang dapat meredakan sakit kepala.

5. Knees-to-chest pose (apasana)

Intip Gerakan Yoga yang Simpel Namun Ampuh Meredakan Sakit Kepala
Knees-to-chest pose – gethealthyu.com

Gerakan yoga yang satu ini sangat nyaman. Anda cukup berbaring dengan menarik lutut ke arah dada. Tahan gerakan ini hingga 30 detik dan atur napas anda dalam-dalam agar rileks. Gerakan ini gunanya agar otot-otot punggung menjadi longgar sehingga aliran darah akan lancar.

6. Corpse pose (savasana)

Intip Gerakan Yoga yang Simpel Namun Ampuh Meredakan Sakit Kepala
Corpse pose – popsugar.com

Posisi yoga yang satu ini sangat mudah dan nyaman. Sepertinya posis savasana merupakan posisi favorit. Anda cukup berbaring dengan posisi tangan dan kaki yang lurus sambil menutup mata dan menarik napas dalam-dalam. Posisi ini dapat mengurangi tekanan pada kepala dan rasa pusing akan berkurang.

7. Pernapasan dalam (pranayama)

Intip Gerakan Yoga yang Simpel Namun Ampuh Meredakan Sakit Kepala
Pranayama – flowingzen.com

Gerakan yang satu ini merupakan gerakan penutup. Pada gerakan ini anda akan mengatur pernapasan dan oksigen akan lebih banyak masuk ke tubuh. Anda cukup duduk bersila sambil mengangkat bahu ketika menarik napas dan melemaskan bahu saat menghembuskan napas. Anda akan menjadi rileks dan tekanan di kepala berkurang.

Itulah beberapa gerakan yoga yang bisa anda terapkan untuk mengatasi masalah sakit kepala.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)