fbpx
Pasang iklan

Ini Makanan yang Bisa Kamu Konsumsi dalam Menjalani Diet Anti-Inflamasi

Gema – Sementara dokter tidak tahu persis apa yang menyebabkan rheumatoid arthritis, para peneliti sedang meneliti peran yang dimainkan diet dalam peradangan. Makan makanan yang melawan peradangan memiliki potensi untuk mengurangi gejala rheumatoid arthritis, seperti rasa sakit dan bengkak.
Diet anti-inflamasi melibatkan makan makanan sehat yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Dokter telah mengidentifikasi bahwa beberapa makanan dan bumbu dapat mengurangi jumlah senyawa peradangan dalam tubuh. Contohnya termasuk coklat, capsaicin dalam cabai, dan makanan yang mengandung vitamin D.

Membuat perubahan kecil namun berarti pada diet dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis (RA), sementara juga meningkatkan energi dan membuatnya lebih mudah untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat. Banyak resep dan makanan yang disarankan di bawah ini juga cocok untuk vegetarian dan vegan.

Resep sarapan

Roti panggang dengan mentega apel dan kacang
Roti gandum utuh dengan selai kacang dan apel adalah sarapan anti-inflamasi yang menyehatkan.
Untuk merasa kenyang dengan diet anti-inflamasi, orang mungkin ingin memulai hari dengan sarapan kaya protein. Contohnya termasuk:

  1. Telur dadar putih telur yang termasuk sayuran segar, seperti bayam dan cabai
  2. Yogurt probiotik yang termasuk buah-buahan segar, seperti yang kami daftar di bawah ini
  3. Roti gandum utuh dengan camilan buah gula rendah, selai kacang dengan irisan apel segar, atau alpukat
  4. Secangkir teh hijau hangat adalah pilihan yang sangat baik untuk minuman sarapan anti-inflamasi.
  5. Buah, Memasukkan buah ke dalam makanan saat sarapan, siang hari sebagai camilan, atau sebagai makanan penutup setelah makan malam dapat membantu melawan peradangan. Orang harus berusaha makan 1,5 hingga 2 cangkir buah setiap kali makan. Contoh buah untuk dimasukkan adalah bluberi, ceri, stroberi. Buah-buahan musiman juga bisa bermanfaat. Mangga dan delima adalah dua pilihan yang sangat baik ketika tersedia.
  6. Oatmeal kaya serat. Oatmeal adalah makanan kaya serat yang mudah bagi orang untuk dimasukkan dalam diet RA. Sebisa mungkin, yang terbaik adalah memilih oat yang dimasak lambat daripada yang instan karena mereka cenderung lebih rendah dalam gula. Menambahkan buah beri dalam daftar di atas dapat meningkatkan kandungan nutrisi dari oatmeal dan meningkatkan rasa.

Resep makan siang

Untuk makan siang, orang harus melihat untuk memasukkan biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan protein tanpa lemak. Di bawah ini adalah beberapa contoh pilihan makan siang anti-inflamasi.

1. Salad
Segar, salad hijau adalah pilihan anti-inflamasi yang bagus untuk makan siang. Mulailah dengan dasar bayam, kale, atau keduanya lalu tambahkan buah-buahan, seperti tomat, jeruk, dan irisan apel tipis. Menurut tinjauan tahun 2017, buah-buahan ini dapat membantu mengurangi ekspresi beberapa senyawa peradangan.

2. Sup
Sup adalah cara terbaik untuk menambahkan sayuran dan makanan kaya protein ke dalam diet. Contoh pilihan sup untuk dicoba termasuk: sup wortel, tomat, dan miju-miju, sup apel dan bawang, Sup kari kentang manis.
Sebagian besar sup ini mengandung bahan-bahan yang orang juga dapat gunakan dalam sarapan dan makan malam.

Resep makan malam

Sebagai aturan umum, resep anti-peradangan untuk makan malam harus mencakup protein tanpa lemak, yang merupakan protein yang juga rendah lemak. Contohnya termasuk:

ikan salmon
ikan sarden
tuna
Tahu
kacang polong
kacang-kacangan
Diet anti-inflamasi memungkinkan penambahan sedikit minyak zaitun extra-virgin dan bumbu secukupnya, yang dapat membantu meningkatkan rasa.

Itulah makanan yang bisa kamu konsumsi dalam menjalani diet anti inflamasi

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)