fbpx
Pasang iklan

Ini Hal yang Menyebabkan Bulu Mata Menjadi Rontok serta Cara Mengatasinya

Gema – Orang-orang seringkali mengalami kerontokan bulu mata karena berbagai alasan, mulai dari luka bakar hingga kemoterapi. Meskipun mungkin butuh waktu beberapa saat, bulu mata biasanya tumbuh kembali.
Mirip dengan rambut di kulit kepala, bulu mata juga melewati siklus pertumbuhan, sehingga menumpahkan beberapa biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Namun, banyak cedera dan penyakit dapat menyebabkan banyak atau sebagian besar bulu mata rontok.

Dalam artikel ini akan diulas mengapa bulu mata rontok, serta bagaimana membantunya agar tumbuh kembali baik itu menggunakan obat-obatan ataupun menggunakan pengobatan rumahan.

Penyebab
Lash extentions, luka bakar, dan kemoterapi dapat menyebabkan hilangnya bulu mata.
Kondisi berikut dapat menyebabkan hilangnya bulu mata:

Luka bakar

Menurut American Academy of Ophthalmology, jika bulu mata dibumbui tetapi folikel rambut masih utuh, bulu mata biasanya akan tumbuh kembali dalam 6 minggu.

Namun, jika folikel rambut juga rusak, bulu mata mungkin tidak tumbuh kembali.

2. Kemoterapi

Obat yang digunakan untuk mengobati kanker terkadang bisa menyebabkan bulu mata rontok. Tidak semua obat kemoterapi menyebabkan kerontokan rambut.

Namun, jika seseorang menggunakan obat kemoterapi yang diketahui menyebabkan kerontokan rambut, itu akan mempengaruhi rambut di tubuh serta kulit kepala.

Rambut tubuh, alis, dan bulu mata sering terkena. Biasanya, bulu mata mulai tumbuh kembali segera setelah menghentikan kemoterapi.

3. Pemotongan

Kebanyakan orang tidak memotong bulu mata mereka. Tetapi bagi mereka yang melakukannya, bulu mata biasanya tumbuh kembali ke panjang asli mereka dari waktu ke waktu.

4. Ditarik

Trikotilomania adalah kondisi psikologis yang ditandai dengan dorongan untuk menarik rambut.

Dorongan ini bisa memengaruhi rambut di mana saja di tubuh, termasuk bulu mata. Bulu mata yang telah ditarik keluar mungkin memerlukan waktu beberapa bulan untuk tumbuh kembali.

5. Ekstensi bulu mata

Ekstensi bulu mata adalah serat yang direkatkan ke bulu mata alami untuk membuat bulu mata yang lebih tebal dan lebih panjang.

Namun, ekstensi bulu mata dapat merusak atau merobek bulu mata alami. Jika bulu mata alami hilang karena ekstensi bulu mata, mereka biasanya tumbuh kembali dalam beberapa bulan.

6. Kondisi tiroid

Kelenjar tiroid menghasilkan hormon. Jika kelenjar memproduksi hormon tiroid terlalu banyak atau terlalu sedikit, dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk kerontokan rambut.

Kehilangan bulu mata dapat terjadi baik dengan hipertiroidisme (tiroid yang terlalu aktif) dan hipotiroidisme (tiroid yang kurang aktif). Bulu mata biasanya mulai tumbuh kembali setelah ketidakseimbangan tiroid telah diobati.

7. Alopecia areata

Alopecia areata adalah kondisi autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut.

Kondisi ini menyebabkan rambut rontok di kulit kepala, alis, dan bulu mata. Saat ini tidak ada obat untuk alopecia, tetapi perawatan tersedia yang dapat membantu mengurangi gejala.

Pengobatan

Bulu mata yang hilang dari kemoterapi dapat tumbuh kembali.
Dalam banyak kasus, bulu mata yang hilang dari luka bakar atau kemoterapi akan tumbuh kembali seiring waktu.

Setelah kemoterapi, bulu mata dapat tumbuh kembali dengan sparser, lebih tebal, atau sama seperti sebelumnya.

Jika kondisi tiroid atau penyakit autoimun menyebabkan hilangnya bulu mata, seseorang mungkin perlu untuk mengobati masalah kesehatan yang mendasarinya untuk menghentikan bulu mata jatuh.

Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk bulu mata untuk tumbuh kembali bervariasi tergantung pada penyebab dan sejauh mana hilangnya bulu mata.

Obat juga dapat membantu bulu mata tumbuh kembali. Seorang dokter mungkin meresepkan bimatoprost dalam bentuk tetes mata.

Satu studi mengamati penggunaan bimatoprost pada 41 orang yang kehilangan bulu mata karena alopecia areata. Para peserta penelitian menerapkan 0,03 persen bimatoprost ke garis bulu mata atas setiap hari selama satu tahun. Sekitar 70 persen peserta mengalami pertumbuhan kembali bulu mata.

Apakah bulu mata tumbuh lebih cepat dengan pengobatan rumahan?
Ada berbagai pengobatan rumah yang digunakan banyak orang untuk mempercepat pertumbuhan bulu mata. Obat rumah yang populer untuk pertumbuhan bulu mata termasuk minyak zaitun, pijat bulu mata, dan produk biotin.

Tapi apakah bulu mata akan tumbuh kembali lebih cepat jika seseorang menggunakan pengobatan rumah untuk mengobati bulu mata yang hilang? Jawabannya mungkin tidak.

Tidak ada bukti ilmiah bahwa pengobatan rumah akan membantu bulu mata tumbuh kembali. Sementara biotin dianggap berperan dalam kesehatan kulit dan rambut, ada penelitian terbatas, apakah itu mempromosikan pertumbuhan rambut.

Beri tanggapan

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)